Pengelolaan Program Praktisi Mengajar Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas

Wisnu Widjanarko ( Universitas Jenderal Soedirman )
Juni Sumarmono ( Universitas Jenderal Soedirman )
Ahadiyat Yugi Rahayu ( Universitas Jenderal Soedirman )

Abstract

Latar Belakang: Program Praktisi Mengajar merupakan salah satu program transformasi pendidikan tinggi yang diinsiiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dalam upaya mempersiapkan lulusan yang unggul, berdayasaing serta adaptif dengan situasi industri, dunia usaha dan kerja (IDUKA) sedini mungkin.  Melalui program ini,  mahasiswa diharapkan mendapatkan pengetahuan dan wawasan dari praktisi, termasuk peluang kolaborasi kampus dengan korporasi dalam pengembangan tridharma perguruan tinggi.  Salah satu perguruan tinggi yang mengikuti program ini adalah Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) pada tahun 2022.  Riset ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Unsoed diimplementasikan melalui skema program Praktisi Mengajar.

Subjek dan Metode: Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif,  data dikumpulkan dengan teknik observasi dan dokumentasi Ada pun analisa data dilakukan dengan menggunakan model Mills & Huberman, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil:  Hasil penelitian menunjukkan : 1) pengelolaan program bersifat terpusat di tingkat universitas, mulai dari penyusunan proposal,  bimbingan teknis,  monitoring dan evaluasi serta pelaporan;  2) pengelolaan perkuliahan, mulai dari pemilihan dosen praktisi dan konten rencana pembelajaran diserahkan sepenuhnya kepada dosen pengampu dan/atau program studi; 3)  layanan informasi, supervisi, asistensi termasuk penanganan keluhan dalam pengelolaan program difasilitasi oleh kementerian melalui ragam  aplikasi teknologi informasi seperti laman resmi, media sosial, surat elektronik serta aplikasi pesan pada ponsel cerdas..

Kesimpulan: Sebagai sebuah program yang baru, maka dibutuhkan suatu pengelolaan yang terintegrasi antara pihak kampus, praktisi maupun kementerian. Sehingga, program ini secara optimal dapat mengakselerasi upaya pengayaan mutu pembelajaran yang mendekatkan perspektif akademik dengan dinamika industri, dunia usaha dan kerja.

References

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi COVID-19 ( Studi Kasus SDS ABC Jakarta Utara ). AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38–47.

Arisandi, D., Mutiara, M. W., & Christanti Mawardi, V. (2022). Dampak Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 6(1), 174–181.

Boateng, J. K., Eghan, A., & Adu, M. O. (2015). Quality Assurance and Employability of Graduates in a Ghanaian University. Journal of Education and E-Learning Research, 2(3), 42–51.

Diktiristek, P. P. M. D. (2022). Panduan Pelaksanaan Program Praktisi Mengajar.

Dung, B. X. (2021). Higher Education and Improving the Quality of Human Resources Today. European Journal of Human Resource Management Studies, 5(2), 45–52. https://doi.org/10.46827/ejhrms.v5i2.1056

Fauziah, Y., & Vantissha, D. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Program Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul. Jurnal Abdimas, 8(2), 117–123.

Irawan, A. P., Erdiansyah, R., Anggarina, P. T., & Patrick, K. (2021). Factors Affecting the Improvement of Human Resource Competence in Adapting and Facilitating Learning Changes in Higher Education. Proceedings of the International Conference on Economics, Business, Social, and Humanities (ICEBSH 2021), 570(Icebsh), 1421–1425. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210805.223

Jaryono, Tohir, Mustofa, R. M., & Naufalin, L. R. (2022). Analisis Dampak KKN MBKM bagi Kemandirian dan Jiwa Wirausaha Mahasiswa ( Studi Kasus Implementasi Kkn Mbkm Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Feb Unsoed ). 356–362.

Lusiana, Y., Widjanarko, W., & Dewi, W. C. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi pada Siswa SDN Klepu 02 Semarang, Jawa Tengah. Jurnal Layanan Masyarakat, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.20473/jlm.v6i2.2022.439-447

Masitoh, S., Miftah, H., Nahraeni, W., Yoesdiarti, A., & Novita, I. (2021). Implementasi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) Menurut Perspektif Mahasiswa Agribisnis. Jurnal Agribisains, 7(2), 59–67. https://doi.org/10.30997/jagi.v7i2.5036

Rahayu, S., Chrisyarani, D. D., Yulianti, Meviana, I., Asma, A., & Ladamay, I. (2022). Persepsi Stakeholder Terhadap Dampak Implementasi MBKM. Publikasi Pendidikan, 12(2), 1–23.

Widjanarko, W., Lusiana, Y., Mufrida, F., & Robami, M. E. (2021). Peran Mahasiswa sebagai Penggerak Literasi Bahasa dalam Program Kampus Mengajar Di SD Negeri 02 Longkeyang, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Dan Seni 2021, 237–241.


Keywords  :  
Keywords: MBKM, praktisi mengajar, perguruan tinggi
Galleys  :  
Published  :  
2023-08-27
How to Cite  :  
Widjanarko, W., Sumarmono, J., & Rahayu, A. Y. (2023). Pengelolaan Program Praktisi Mengajar Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Di Universitas. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 84–88. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1328
Issue  :