Penerapan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Siswa Kelas XII MIPA 1 Semester Genap Pada Materi Senyawa Karbon

Authors

  • Dita Rofiqa Damayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Marianus Frans Siskus Kota Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

kooperatif, project, hasil belajar, keaktifan

Abstract

Dalam sebuah proses pembelajaran hal yang tidak bisa diabaikan ialah hasil belajar dimana hasil belajar dikatakan aspek penting untuk melihat apakah hasil pembelajaran dapat diterima dengan baik oleh siswa. Adanya proses pembelajaran tak langsung atau daring bukan berarti tidak berakibat, banyak pendidik, peserta didik maupun wali peserta didik yang merasakan ketidaknyaman proses pembelajaran baru ini. Pada hakikatnya belajar adalah suatu tindakan sadar yang dilakukan seseorang untuk mencapai kecakapan sikap, pengetahuan, dan psikomotor secara mandiri. Berdasarkan Rosyidatul Munawaroh (2012 : 36) Hasil pembelajaran pada Project based learning jauh lebih baik dibandingkan pembelajaran kooperatif dalam membangun empat pilar pembelajaran. Hasil pembelajaran yang meningkat dikarenakan pada pembelajaran Project Based Learning beberapa tahapan yaitu penentuan pertanyaan mendasar, perencanaan, menyusun jadwal, monitoring, menguji hasil, evaluasi pengalaman. Tujuan yang ingin dcapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode project based learning untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas XII MIPA 1 semester genap pada materi senyawa karbon di SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning dapat mengingkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik siswa kelas XII MIPA 1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya pada mata pelajaran kimia materi senyawa karbon tahun pelajaran 2021/2022. Keaktifan peserta didik sebelum diterapkan model project based learning masih tergolong kurang aktif, setelah diterapkannya model project based learning keaktifan peserta didik meningkat. Pada siklus I memperoleh ketuntasan 20,83% pada siklus II memperoleh ketuntasan 87,5%.

References

Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, O. 2009. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara

Jihad, A dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Nasar. 2006. Merancang Pembelajaran Aktif dan Konstektual Berdasarkan “SISKO” 2006. Jakarta: Grasindo

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo

Nurgiyanto, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sagala, S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu memecahkan Problematika Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sardiman, A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Menagajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Suprijono, A. 2011. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Usman, M.U. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wardoyo, S. 2013. Pembelajaran Berbasis Riset. Jakarta Barat: Akademia

Wibowo. 2006. Profil Pertanyaan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Sains. Sumatra Barat: Pendidikan Sains STIK PGRI

Wibowo. 2013. Pembelajaran Konstruktivisme: Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta

Yaumi, M. 2013. Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Amalia Aggraini, N. 2013. “Penerpan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Ketrampilan dan Hasil Belajar Siswa (Studi kasus siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Kalisat pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar menyusun laporan keuangan perusahaan jasa semester genap tahun ajaran 2012-2013). Tidak Diterbitkan. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Rahayu, T. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa (Studi kasus pada siswa kelas X7 SMA Negeri 1 Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi mata pelajaran kewirausahaan kompetensi dasar peran bank umum dan bank sentral)”. Tidak Diterbitkan. Skripsi. Jember: Universitas Jember

Downloads

Published

2023-08-30

How to Cite

Damayanti, D. R., & Kota, M. F. S. (2023). Penerapan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Siswa Kelas XII MIPA 1 Semester Genap Pada Materi Senyawa Karbon. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 150–160. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1326

Issue

Section

Articles