Analisis Pendekatan Pembiayaan Pendidikan

arsyad riyadi ( UIN Saizu Purwokerto )
nurfaudi nurfaudi ( )

Abstract

Ketidakpahaman mengenai pendekatan pembiayaan secara makro dan mikro ini akan berakibat fatal jika masing-masing pihak berpihak pada pendekatannya sendiri. Pertama, masyarakat/orang tua menganggap bahwa pembiayaan dari pemerintah seharusnya sudah mencukupi semua kebutuhan sekolah. Kedua, sebaliknya sekolah selaku pengelola dana dari pemerintah menganggap bahwa dana yang dikelola tidak mencukupi sehingga perlu meminta sumbangan pada masyarakat/orang tua. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan menganalisis dokumen postur pendidikan pemerintah, dokumen hasil penelitian maupun hasil kuesioner mengenai kebutuhan pribadi siswa. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa : (1) dana pendidikan dengan alokasi 20% dari APBN digunakan untuk semua komponen anggaran  pendidikan secara nasional; (2) masih tingginya beban yang harus ditanggung oleh masyarakat/keluarga dalam pembiayaan pendidikan. Dengan melakukan pemahaman yang lengkap mengenai kedua pendekatan tersebut diharapkan adanya kesamaan pemahaman bahwa pendanaan pendidikan adalah kewajiban bersama pemerintah dan masyaraka. Selain pemerintah berupaya menaikkan anggaran pendidikan, sekolah juga tidak berlebihan meminta dana dari masyarakat, karena memang beban masyarakat sudah besar dalam menanggung biaya lain. Sebaliknya masyarakat, juga semakin menyadari bahwa pendanaan yang dimiliki sekolah juga terbatas. Sehingga diharapkan akan didapatkan titik temu yang harmonis dari pemerintah, sekolah, dan masyarakat dalam menyikapi pembiayaan pendidikan.

References

Akdon, Kurniady, D. A., & Darmawan, D. (2017). Manajemen Pembiayaan Pendidikan (P. Latifah (ed.); Cetakan ke). PT Remaja Rodakarya.
Danim, S. (2006). Visi Baru Manajemen Sekolah : Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik (Cetakan Pe). PT Bumi Aksara.
Gagaramusu, Y., Firmansyah, A., . N., & . S. (2021). Analisis Biaya Personal Pendidikan Siswa Sekolah Dasar Kabupaten Donggala. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 1. https://doi.org/10.32832/educate.v1i1.6008
Kholifatun Azizah, S. (2015). Analisis Satuan Biaya Pendidikan Menengah Kejuruan di SMK Negeri 1 Depok Sleman. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(2), 1–17.
Machali, I., & Hidayat, A. (2018). The Handbook of Education Management (Edisi kedua). Prenadamedia Group.
MoEC. (2021). Postur Anggaran Pendidikan 2021. Kemdikbud. https://roren.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/03/Postur-Anggaran-2021.pdf
Perdana, N. S. (2019). Analisis Pembiayaan Pendidikan Menengah di Kabupaten Gowa. Jurnal Nalar Pendidikan, 7(1), 61–70.
Perdana, N. S. (2020). Analisis Biaya Satuan Operasional Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak Holistik Integratif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 187. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.501
Rojii, M., Nurdiyan, P., & Dkk. (2020). Buku Ajar Konsep Pembiayaan Pendidikan Islam. In E. F. Fahyuni & S. B. Sartika (Eds.), Umsida Press (Cetakan Pe). UMSIDA Press. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-7578-66-6
Supriadi, D. (2003). Satuan Biaya Pendidikan Dasar dan Menengah (Cetakan pe). PT Remaja Rodakarya.
Widiasih, K. S., Pratama, S., & Berlian, U. C. . . (2021). Analisis Biaya Satuan Pendidikan di SMK SAIS 1 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2020/2021. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(3), 101–113. https://digitalpress.gaes-edu.com/index.php/jpled/article/view/7
Zamjani, I., Herlinawati, & dkk. (2020). Pendanaan Pendidikan Dasar dan Menengah pada Satuan Pendidikan Formal. In I. K. D. Hermawan & N. B. V. Ali (Eds.), Puslitjakdikbud (Cetakan Pe). Kemdikbud.

Keywords  :  
Keywords: Pembiayan Pendidikan, Pendekatan Pembiayaan Makro, Pendekatan Pembiayaan Mikro
Galleys  :  
Published  :  
2023-08-30
How to Cite  :  
riyadi, arsyad, & nurfaudi, nurfaudi. (2023). Analisis Pendekatan Pembiayaan Pendidikan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 161–167. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1320
Issue  :