Kajian Pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup Dalam Membentuk Perilaku Lingkungan Bertanggung Jawab Anak Usia Dini

Joko Tandiono ( Universitas Riau )

Abstract

Pendidikan lingkungan hidup memiliki peranan didalam membentuk sikap peduli dan menghargai lingkungan peserta didik. Pendidikan lingkungan hidup semakin penting dewasa ini untuk mewujudkan kesadaran lingkungan dengan penerapan susuana lingkungan belajar yang menunjang proses pembelajaran sebagaimana mestinya. Pendidikan lingkugan juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kondisi lingkungan menjadi lebih baik dimana saat ini kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh manusia semakin meluas diberbagai daerah. Pengenalan pendidikan lingkungan kepada anak usia dini bertujuan untuk membentuk sikap peduli dan menghargai lingkungan sehingga dengan pembentukan sikap dan karakter yang dimulai sejak dini dapat membiasakan peserta didik untuk peduli dan menghargai lingkungan saat dewasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendidikan lingkungan hidup anak usia dini di Taman kanak-kanak Tunas Harapan, Kecamatan Tualang Timur, Kabupaten Siak Sri Indrapura dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru memperkenalkan dan menjelaskan kepada peserta didik mengenai kondisi lingkungan yang bersih serta aplikasinya dalam kegiatan sehari hari seperti pelaksanaan gotong royong pembersihan kelas, penanaman bunga serta menjaga kebersihan taman sekolah.

References

Amini, R., dan Munandar,A. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Berbasis Outdoor Terhadap Penguasaan Konsep Pendidikan Lingkungan Bagi Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. 11(1), 14-21.

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design. Los Angeles:Sage.

Djoehaeni, H. (2014). Model Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Edutrch, 1(1), 2-20.

Evans, P. K., and Barnes, C. D. (2015). Compassion: How Do You Teach it?. Journal of Education and Practices, 6(11), 22-36.

Harahap, A. Z. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Usia Dini, 7(2), 49-57.

Leavy, P. (2017). Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Art-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. New York and London: The Guilford Press.

Mulyatno, C, B. (2022). Pendidikan Lingkungan Sejak Usia Dini Dalam Perspektif Teologi Pemerdekaan Y.B Mangunwijaya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 6 issue 5.

Putri, A. H., dan Amaliyah, H. (2022). Peran Apresiasi Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu. 6(4), 7368-7376.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Widiawati, M., Barkah, R. F., dan Nur DS, Y. (2022). Analisis Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak cerdas dan Pintar. 6(1), 181-186.

Wijayaningsih, L. (2016). School Environment management as The learning Resources to Develop Student’s Motivation in Learning. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies. 5(2), 99-102.

Young, M. R., Eve, R., and Murphy, J.W. (2010). Action Research: Enhancing Classroom Practise and Fulfilling Educational Responsibilities. Journal of Instructional Pedagogies, 3, 1-10.


Keywords  :  
Keywords: pendidikan lingkungan usia dini
Galleys  :  
Published  :  
2023-08-27
How to Cite  :  
Tandiono, J. (2023). Kajian Pelaksanaan Pendidikan Lingkungan Hidup Dalam Membentuk Perilaku Lingkungan Bertanggung Jawab Anak Usia Dini. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 133–138. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1316
Issue  :