Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Relasi dan Fungsi Dengan Model Problem Based Learning

Hardiyanti Hardiyanti ( Universitas Sriwijaya )
Muhammad yusup ( Universitas Sriwijaya )

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan komunikasi matematis tertulis peseerta didik kelas VIII pada materi relasi dan fungsi dengan model problem based learning. Subjek penelitian yang dipilih merupakan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 47 Palembang yang berjumlah 6 orang menurut kriteria tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes dan wawancara pada materi relasi dan fungsi yang mengarah pada indikator kemampuan komunikasi matematis yang berjumlah 3 soal essay. Wawancara yang digunakan yaitu semi terstruktur. Prosedur penelitian yang digunakan terdiri dari 3 tahap, yaitu: 1) tahap persiapan; 2) tahap pelaksanaan; 3) tahap analisis data. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan deskripsi dan analisis hasil penelitian yang telah dilakukan diantaranya dari 24 peserta didik yang diteliti, jumlah peserta didik yang memiliki kemampuan komunikasi matematis kategori tinggi ada 6, kategori sedang ada 10, dan kategori rendah ada 8 peserta didik. Untuk rata-rata nilai tes peserta didik berada pada kategori sedang dengan rata-rata skor sebesar 76,25%. Hasil penelitian ini akan menunjukkan bagaimana kemampuan komunikasi matematis tertulis peserta didik kelas VIII pada materi relasi dan fungsi dengan model problem based learning.

References

Andriani, S. (2020). Upaya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Journal on Teacher Education, 1(2), 33-38.

Andriani, D. P. (2020). Perbedaan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Terhadap Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Dan Strategi Pembelajaran Student Fasilitator And Explaining Di Kelas X MA Al Washliyah TP 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Anggreni, D., & Busrah, Z. (2022). DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA MATERI RELASI DAN FUNGSI PADA SISWA MTS KELAS VIII. Pi: Mathematics Education Journal, 5(1), 1-6.

Cahyani, A. D. (2022). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 8 Parepare (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Dewi, M. W. K., & Nuraeni, R. (2022). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self-Efficacy pada Materi Perbandingan di Desa Karangpawitan. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 151-164.

Filasufah, N. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMP Negeri 10 Semarang pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari gaya kognitif [Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang]

Lesiana, F., & Hiltrimartin, C. (2020). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp Dalam Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAs) Pada Materi Relasi Dan Fungsi. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 38-47.

Nashihah, U. H. (2020). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dengan Pendekatan Saintifik: Sebuah Perspektif. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(2), 179-188.

Rahman, M. T. Q., & Hapizah, M. Y. (2021). Penerapan Problem Based Learning Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Android pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 1-16.

Rapsanjani, D. M., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 481-492.

Rosidah, I. D., Nadya, N., Hasanah, U., & Sulistiawati, S. (2019, June). Analisis problematika peserta didik pada mata pelajaran matematika materi relasi dan fungsi. In Seminar & Conference Proceedings of UMT.

Royana, I., Afgani, M. W., & Wardhani, A. K. (2021). Representasi Simbolik Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Relasi Dan Fungsi Kelas VIII SMP. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 22- 34.

Umaroh, I. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Kolb Pada Pembelajaran Think Talk Write. Skripsi. Semarang: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.


Keywords  :  
Keywords: Komunikasi Matematis Tertulis, Relasi dan Fungsi Problem Based Learning
Galleys  :  
Published  :  
2023-08-27
How to Cite  :  
Hardiyanti, H., & yusup, M. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Tertulis Peserta Didik Kelas VIII Pada Materi Relasi dan Fungsi Dengan Model Problem Based Learning. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 114–124. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1314
Issue  :