Implementasi Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik di SMP Swasta Sultan Agung Pematang Siantar

Sherly Sherly ( Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung )
Edy Dharma ( Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung )
Humiras Betty Marlina Sihombing ( Universitas Darma Agung )
Sumaryanto Sumaryanto ( Universitas Negeri Medan )

Abstract

Ki Hajar Dewantara menyatakan bahwa pendidikan merupakan landasan pembentukan peradaban bangsa. Pendidikan berorientasi pada memerdekakan manusia mulai dari merdeka dalam berpikir, merdeka dalam mengambil keputusan, bermartabat, mentalitas dan demokratik sesuai kreativitasnya. Melalui Profil Pelajar Pancasila ini diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang berkompetensi sesuai dengan perkembangan abad dan selalu berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila tanpa harus mengurangi kebahagiaan peserta didik sebagai manusia yang berhak atas kebahagiaan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Swasta Sultan Agung Pematang Siantar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Subjek populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar dan sampel penelitian adalah siswa SMP Swasta kelas VII, VIII dan IX berjumlah 120 orang yang ditentukan dengan menggunakan purposive teknik sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Swasta Sultan Agung Pematang Siantar dilaksanakan melalui pembiasaan, pembinaan dan pembelajaran daring. Implementasi Profil Siswa Pancasila sangat membantu para pendidik dan siswa SMP Swasta Sultan Agung Pematang Siantar dalam mengenal Profil Siswa Pancasila melalui pembiasaan, pembinaan dan pembelajaran daring sehingga mampu mempersiapkan siswa menghadapi AKM dan survei karakter. Implementasi Profil Pelajar Pancasila juga dapat mewujudkan kebahagiaan siswa karena siswa diberikan ruang untuk mengembangkan kreativitas sesuai bakat dan minatnya meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19.

References

Illahi, R., & Prastowo, A. (2022). Peran Kompetensi Sosial Guru dalam Pembelajaran Autentik Berlandaskan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 3(2), 85. https://doi.org/10.30595/jrpd.v3i2.13642

Kahfi, A., Binamadani, S. (2022). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH IMPLEMENTATION OF PANCASILA STUDENT PROFILE AND IMPLICATIONS FOR STUDENT CHARACTER AT SCHOOL.

Kartini, O. U., & Kusmanto, A. S. (2022). EFEKTIVITAS GENERASI UNGGUL TERHADAP PENERAPAN INOVASI BERKARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA. In JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora (Vol. 1, Issue 8). https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH

Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Sains Dan Teknologi, 9(3), 2022–2687. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i3.576

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3617

Multazam, A., Sari, N. Y., Putu, I. A., & Sinthiya, A. (2022). STRATEGI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA NEGERI 2 GADINGREJO. Agustus, 4(2), 50–59.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., & Rachmawati, N. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.-a). Desain Model Budaya Sekolah Berbasis Nilai Kebangsaan dan Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila (Vol. 4).

Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.-b). Penguatan Nilai-nilai kearifan lokal Bali dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila I Wayan Eka Santika (Vol. 4).

Sherly, J., Halim, F., Dharma, E., Purba, R., Kristina Sinaga, Y., Tannuary, A., & Tinggi Ilmu Ekonomi Sultan Agung, S. (n.d.). SOSIALISASI IMPLEMENTASI PROGRAM PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP SWASTA SULTAN AGUNG PEMATANGSIANTAR. https://doi.org/10.46306/jub.v1i3

Rifqi Hamzah, M., & PGRI Wiranegara Yuniar Mujiwati, U. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04).

Rizal, M., Iqbal, M., Program Studi Geografi, D., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Almuslim Bireuen, U., Program Pasca Sarjana, D., & Program Studi Geografi, M. (2022). PELATIHAN MERANCANG MODUL PROJEK PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI GURU SDN 6 PEUSANGAN SELATAN MELALUI IN HOUSE TRAINING SEKOLAH PENGGERAK. Communnity Development Journal, 3(3), 1574–1580.

Rizal, Y., Deovany, M., & Andini, A. S. (2022). KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. In Jurnal Pendidikan Sosial (Vol. 9, Issue 1).

Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022b). JURNAL EDUPEDIA Universitas Muhammadiyah Ponorogo http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia. http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3). https://doi.org/10.29210/30032075000

Susilawati, E., Sarifuddin (2021). INTERNALISASI NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBANTUAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR Internalization of Pancasila Values in Learning through Implementation of Pancasila Student Profile with “Merdeka Mengajar” Platform (Vol. 25).


Keywords  :  
Keywords: Profil Pelajar Pancasila, Kompetensi Abad 21 Well-Being Student
Galleys  :  
Published  :  
2023-08-27
How to Cite  :  
Sherly, S., Dharma, E., Marlina Sihombing, H. B., & Sumaryanto, S. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik di SMP Swasta Sultan Agung Pematang Siantar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 102–107. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1312
Issue  :