Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Google Classroom Terintegrasi Video Animasi Powtoon Untuk Pengoptimalan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Asam Basa

Nur Aini Eka sari ( UIN Sunan Kalijaga )
Laili Nailul Muna ( UIN Sunan Kalijaga )

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dari tahun ke tahun semakin pesat dan meningkat. Perkembangan itu memiliki pengaruh besar terhadap segala aspek dan bidang salah satunya yaitu pada bidang pendidikan. Pembelajaran kimia terutama pada materi asam basa masih menggunakan model pembelajaran teacher centered  dengan metode ceramah, sehingga peserta didik kurang banyak meng-eksplor materi kimia secara lebih luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran flipped classroom  dengan google classroom terintegrasi video animasi powtoon terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik materi asam basa kelas XI. Model penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen design dengan rancangan non equivalent control group design dengan pretest-posttest. Teknik pengambilan sampel adalah Random Sampling. Adapun sampel pada penelitiannya adalah kelas XI MIPA 3 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIPA 1 (kelas kontrol). Instrumen penelitian berupa soal tes sejumlah 30 soal yang valid dan reliabel, kisi-kisi dan pedoman penilain, Lembar Kerja Peserta Didik, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah divalidasi oleh dosen ahli. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis. Uji normalitas penelitian ini menggunakan uji kolmogorov-smirnov. Hasil uji normalitas penelitian ini nilai Sig. < 0,05 maka data tidak berdistribusi normal.  Penyebab data yang dihasilkan pada penelitian ini tidak bersitribusi normal yakni terdapat data ekstrim yang memiliki nilai yang sangat jauh dengan data lainnya. Uji homogenitas menggunakan uji Levene Statiztic dan didapatkan hasil nilai Sig. yakni 0,115 maka data hasil belajar kognitif kelas kontrol dan eksperimen memiliki variansi yang homogen atau sama. Uji hipotesis penelitian ini dengan uji Mann Whitney didapatkan hasil nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05  maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom dengan google classroom dengan video animasi powtoon efektif dalam meningkatkan  hasil belajar kognitif peserta didik berdasarkan hasil tes.

References

Abdaul Huda, I. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(1), 121 – 125.

Abid Azhar, K., & Iqbal, N. (2018). Effectiveness of Google Classroom: Teachers’ Perceptions. Prizren Social Science Journal, 2(2), 52–66.

Alfina, Nanda Sri, et al. (2021). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMA Negeri 1 Angkola Barat. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1).

Asmaningrum, H. P., Bunga, J., & Marlissa, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Ctl Berbantuan Tts Terhadap Hasil Belajar Kimia the Effect of Learning Models Ctl Assisted By Crossword Puzzle on Chemistry Learning Outcomes. Jurnal Zarah, 7(2), 40–45.

Chandra, A., Muhammad, N., dan F. (2021). Powtoon Based Learning Video Development on Straight Movement Materials for Class X SMA. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 35 – 42.

Darmawati, N. W. S. (2022). MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BAHASA INDONESIA BERBASIS FLIPPED CLASSROOM PADA ERA DIGITAL DENGAN PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(2), 168–177. https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/695

Desriana, D., Azhar A., & Djamaludin, H. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan Dengan Media Internet Dalam Pembelajaran Asam Basa di MAN Indrapuri. Jurnal IPA Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 50 – 55.

Destyana, V. A., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Penggunaan Google Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 1000–1009. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/507

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-learning Dalam Meningkatakan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta Edisi : 56.

Fadrianto, & Asun. (2019). E-Learning Dalam Kemajuan Iptek Yang Semakin Pesat. Ijns.Org Indonesian Journal on Networking and Security, 8(4), 1–6.

Fajar, S., Riyana, C., & Hanoum, N. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PATA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU (Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMPN 25 Kota Bandung). Edutcehnologia, 3(2), 101–114.

Fatmawati, D., dan Retno, D. R. (2022). Meningkatakan Kemampuan Menulis Cerpen Siswa SMP Negeri 1 Driyorejo Dengan Menggunakan Media Komik Pada Video Powtoon. Jurnal Buana Bastra, 2(1), 18 – 26.

Henukh et al. (2020). mplementation Of Google Classroom As Multimedia Learning. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 5(1), 38–44.

Hilbertus, Kladius., & Y. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Reaksi Redoks Kelas X MIA SMA Negeri Magepanda. SPIN (Jurnal Pendidikan Kimia), 1, 1–13.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan - Pdf. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54

Kahar, M. S., dan Layn, M. R. (2018). Analisis Respon Peserta Didik dalam Implementasi Lembar Kerja Berorientasi Pemecahan Masalah. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 292 – 300.

Khumairah, R., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di Sman 5 Kota Bengkulu. Alotrop, 4(2), 92–97. https://doi.org/10.33369/atp.v4i2.13832

Kusuma, J. W., dan Hamidah, H. (2019). Kolaborasi Model Assurance-Relevance-Interest-Assessment-Satisfacation dengan Think-Talk-Write untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 24 – 37.

Maolidah, Irna Septiani, et al. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. EDUTCEHNOLOGIA, 3(2).

Marbun, J., & Sinaga, S. J. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom dalam Meningkatkan Efektivitas Belajar Mahasiswa Berbasis Daring di Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3299–3305. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1326

Mulyani, F., dan Nur, H. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1).

Nasrudin, J. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT. Panca Terra Firma.

Nazir. (2011). Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.

Nurgiyantoro, B., Gunawan, & M. (2009). Statistika Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Gadjah Mada University Press.

Rahman, A. S. N., Anwar, M., & Wijaya, M. (2021). Pengembangan Media RatuChemWeb dalam Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review (CER), 5(1), 37. https://doi.org/10.26858/cer.v5i1.26356

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 1.2239-2253.

Saputra, M. E. A., & Mujib, M. (2018). Efektivitas Model Flipped Classroom Menggunakan Video Pembelajaran Matematika terhadap Pemahaman Konsep. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 173. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2389

Sari, Sukestiyarno, & A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas dan Uji Homogenitas pada Model Regresi Linear. Unner Journal of Mathematics, 6(2), 168–177.

Sem, A., & Iskandar, S. (2019). PENGARUH MODEL DAUR BELAJAR ENAM FASE- STAD TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR. 4(1), 97–111. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.1846

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.

Suryadi, S. (2015). Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran Dan Perkembangan Dunia Pendidikan. Informatika : Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 3(3), 9 – 19.

Ubaidillah, M. (2019). Penerapan Flipped Classroom Berbasis Teknologi Informasi pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Chisnaniyah Surabaya. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(1).

Yuliani, S., Yulianto, dan Dicki, H. (2021). Powtoon Animation Video in Introduction to Literature Class: Students’ Perception. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 3(1), 630 – 637.

Yuniar, F., & Kurniawan, K. (2021). Penalaran Moral dan Perilaku Menyontek: Deskripsi Tingkatan serta Korelasinya pada Siswa. Englithen: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(2), 88–97. https://doi.org/10.32505/englighten.v4i2.3155


Keywords  :  
Keywords: flipped classroom, video animasi powtoon kimia hasil belajar kognitif
Galleys  :  
Published  :  
2023-08-27
How to Cite  :  
Eka sari, N. A., & Muna, L. N. (2023). Model Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Google Classroom Terintegrasi Video Animasi Powtoon Untuk Pengoptimalan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Asam Basa. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 95–101. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1311
Issue  :