Penerapan Literasi Digital dan Literasi Ekonomi Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0
Abstract
Literasi digital dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mempelajari, dan memanfaatkan berbagai sumber media dalam berbagai bentuk. Penggunaan media digital itu sendiri untuk tujuan pendidikan dianggap sebagai langkah untuk mempersiapkan dan meningkatkan generasi muda di era globalisasi. Dan untuk literasi ekonomi didefinisikan sebagai salah satu faktor dalam mempengaruhi tingkat kesejahteraan. Literasi ekonomi sangat perlu diajarkan kepada peserta didik agar mereka dapat hidup di tengah-tengah masyarakat modern era society 5.0. Tujuan dari penulisan artikel ini untuk menjelaskan pentingnya penerapan literasi digital dan literasi ekonomi dalam penguatan karakter peserta didik di era society 5.0. Metode penelitian menggunakan kualitatif melalui studi kepustakaan. Hasil menunjukkan bahwa teknologi atau media digital berkembang begitu pesat. Hal ini mengharuskan setiap orang untuk menyadari pentingnya teknologi digital terutama dalam dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan, dengan adanya teknologi ini peserta didik dan pendidik menjadi lebih terfasilitasi dalam melakukan kegiatan belajar mengajarnya dan dapat mengerjakan segala sesuatunya menjadi lebih cepat, mudah, serta efisien. Kemajuan teknologi memberikan pengaruh besar bagi dunia pendidikan. Pada era society 5.0 sangat dibutuhkan dalam peningkatan literasi digital dan literasi ekonomi yang disertai dengan penguatan pendidikan karakter. Dengan pemahaman literasi digital dan literasi ekonomi yang dimiliki maka peserta didik akan semakin bijak dan cerdas dalam pemenuhan kebutuhan di era society 5.0.
References
Anggraeny, E., & Khongput, S. (2022). Teachers’ Perceptions and Practices of Critical Thinking Instruction in Indonesian Senior High Schools: a Case Study. Teflin Journal, 33(1), 1–26. https://doi.org/10.15639/teflinjournal.v33i1/1-26
Anggreini, C., & Waspada, I. (2020). Kajian Literasi Ekonomi Siswa Sekolah Menengah Atas Al-Amanah Ciwidey. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 2(1), 1–9. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/2731
Atmoko, A., Machfudz, M., Mansur, R., & Da Costa, A. (2022). Motivation contribution to religious learning behavior during the covid pandemic. Cakrawala Pendidikan, 41(1), 271–283. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.43255
Diana, R. R., Chirzin, M., Bashori, K., Suud, F. M., & Khairunnisa, N. Z. (2021). Parental engagement on children character education: The influences of positive parenting and agreeableness mediated by religiosity. Cakrawala Pendidikan, 40(2), 428–444. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.39477
Ekonomi, I. L. (2021). JIEFeS. 2(2), 162–173.
Fakhriyah, F., Rusilowati, A., Nugroho, S. E., Saptono, S., Ridlo, S., Mindyarto, B., & Susilaningsih, E. (2022). The scientific argumentative skill analysis reviewed from the science literacy aspect of pre-service teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), 2129. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.22847
Fook, C. Y., & Narasuman, S. (2022). The influence of mobile phone use on students’ academic behavior in higher education. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), 2060. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.23224
Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015.
Harianto, G. P., Rusijono, R., Masitoh, S., & Setyawan, W. H. (2020). Collaborative-cooperative learning model to improve theology students’ characters: Is it efective? Cakrawala Pendidikan, 39(2), 409–421. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31272
Hasan, M., Azzarah, D. A., & Arisah, N. (2022). DASAR BERBASIS BAHAN AJAR TEMATIK dengan pengelolaan ekonomi telah banyak dilakukan , khususnya yang terkait bagi anak dapat dilihat pada penelitian-penelitian pendidikan ekonomi sebelumnya . 20, 1–14.
Hidayat, M., Rozak, R. W. A., Hakam, K. A., Kembara, M. D., & Parhan, M. (2022). Character education in Indonesia: How is it internalized and implemented in virtual learning? Cakrawala Pendidikan, 41(1), 186–198. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.45920
Jatmika, S., Suwandi, J., Santoso, J. T. B., Oktaviana, F. L., & Karima, M. (2022). Academic dishonesty on online learning among vocational high school students. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), 1853. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.22507
Kawuryan, S. P., Sayuti, S. A., & Aman. (2022). Critical thinking among fourth grade elementary schol students: A gender perspective. Cakrawala Pendidikan, 41(1), 211–224. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.44322
Khadijah, K., Suciati, I., Khaerani, K., Manaf, A., & Sutamrin, S. (2021). Schools’ Character Education Values and Students’ Mathematics Learning Achievement: a Meta-Analysis. Cakrawala Pendidikan, 40(3), 670–683. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.39924
Maryani, I., Prasetyo, Z. K., Wilujeng, I., & Purwanti, S. (2022). Promoting higher-order thinking skills during online learning: The integration of metacognition in science for higher education. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), 1980. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.23129
Mustadi, A., Sayekti, O. M., Rochmah, E. N., Zubaidah, E., Sugiarsih, S., & Schulze, K. M. (2022). Pancalis: Android-based learning media for early-reading in new normal. Cakrawala Pendidikan, 41(1), 71–82. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.45883
Nani, A. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Tekhnologi Informasi Untuk Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. … , Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan), 1(4), 101–111. http://journal.steialamar.com/ojs1/index.php/alamar/article/view/59%0Ahttp://journal.steialamar.com/ojs1/index.php/alamar/article/download/59/52
Ningsih, I. W., Widodo, A., & Asrin, A. (2021). Urgensi kompetensi literasi digital dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 132–139. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.35912
Novita, K., & Rahayu, S. (2021). EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1), 87–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi
Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480
Rachman, A., Rofiqoh, A., Dillah, H., Rindiyanto, R., & Surabaya, U. M. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. 8(1), 1–5.
Sakarneh, M. A., Ziadat, A. H., & Rahahleh, Z. J. (2022). Parents’ perceptive regarding the effect of internet use on students with and without learning difficulties. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), 1734. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.22773
Savaşçı, M., & Akyel, A. S. (2022). Investigating the Comparative Effects of Sustained Silent Reading, Assisted Repeated Reading, and Traditional Reading. Teflin Journal, 33(1), 173–200. https://doi.org/10.15639/teflinjournal.v33i1/173-200
Sujarwo, Kusumawardani, E., & Nurmalasari, Y. (2022). Does the motivation and parents involvement affected by distance learning media during Pandemic Covid 19? Cakrawala Pendidikan, 41(2), 481–493. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.46265
Sukarno, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional 2020, 1(3), 32–37. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/ProsidingPsikologi/article/view/1353/771
Syafii, M. S., Fathurohman, I., & Fardani, M. A. (2022). Metode Pelatihan Teater untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 88–96. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.44954
Wahbi, Abdul Aziim & Ariwibowo, P. (2019). Konsep Literasi Ekonomi Digital: Analisa Dampak Teknologi Terhadap Prilaku Gaya Hidup Guru Smp Se-Tangerang Selatan. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 4(2), 181–192. https://doi.org/10.30868/ad.v3i01.486
Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290–303. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1477
Yuniarto, B., & Panji Yudha, R. (2021). The journal of social and economic education. In Jurnal Edueksos: Vol. X (Issue 2).
Yunike, E., Okianna, A., & Okianna, O. (2021). Analisis Literasi Ekonomi Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Oleh Peserta Didik Di Smk Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/49790/75676590776
Keywords | : |
Keywords:
Society 5.0, Literasi Digital Literasi Ekonomi Karakter
|
Galleys | : | |
Published | : |
2023-08-27
|
How to Cite | : |
Janah, A. N., & Harsono, H. (2023). Penerapan Literasi Digital dan Literasi Ekonomi Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 77–83. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1306
|
Issue | : |
Section
Articles
|