Penerapan Literasi Digital dan Literasi Ekonomi Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0

Aulia Nurul Janah ( Universitas Muhammadiyah Surakarta )
Harsono Harsono ( Universitas Muhammadiyah Surakarta )

Abstract

Literasi digital dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mempelajari, dan memanfaatkan berbagai sumber media dalam berbagai bentuk. Penggunaan media digital itu sendiri untuk tujuan pendidikan dianggap sebagai langkah untuk mempersiapkan dan meningkatkan generasi muda di era globalisasi. Dan untuk literasi ekonomi didefinisikan sebagai salah satu faktor dalam mempengaruhi tingkat kesejahteraan. Literasi ekonomi sangat perlu diajarkan kepada peserta didik agar mereka dapat hidup di tengah-tengah masyarakat modern era society 5.0. Tujuan dari penulisan artikel ini untuk menjelaskan pentingnya penerapan literasi digital dan literasi ekonomi dalam penguatan karakter peserta didik di era society 5.0. Metode penelitian menggunakan kualitatif melalui studi kepustakaan. Hasil menunjukkan bahwa teknologi atau media digital berkembang begitu pesat. Hal ini mengharuskan setiap orang untuk menyadari pentingnya teknologi digital terutama dalam dunia pendidikan. Dalam dunia pendidikan, dengan adanya teknologi ini peserta didik dan pendidik menjadi lebih terfasilitasi dalam melakukan kegiatan belajar mengajarnya dan dapat mengerjakan segala sesuatunya menjadi lebih cepat, mudah, serta efisien. Kemajuan teknologi memberikan pengaruh besar bagi dunia pendidikan. Pada era society 5.0 sangat dibutuhkan dalam peningkatan literasi digital dan literasi ekonomi yang disertai dengan penguatan pendidikan karakter. Dengan pemahaman literasi digital dan literasi ekonomi yang dimiliki maka peserta didik akan semakin bijak dan cerdas dalam pemenuhan kebutuhan di era society 5.0.

References

Anggraeny, E., & Khongput, S. (2022). Teachers’ Perceptions and Practices of Critical Thinking Instruction in Indonesian Senior High Schools: a Case Study. Teflin Journal, 33(1), 1–26. https://doi.org/10.15639/teflinjournal.v33i1/1-26

Anggreini, C., & Waspada, I. (2020). Kajian Literasi Ekonomi Siswa Sekolah Menengah Atas Al-Amanah Ciwidey. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 2(1), 1–9. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/2731

Atmoko, A., Machfudz, M., Mansur, R., & Da Costa, A. (2022). Motivation contribution to religious learning behavior during the covid pandemic. Cakrawala Pendidikan, 41(1), 271–283. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.43255

Diana, R. R., Chirzin, M., Bashori, K., Suud, F. M., & Khairunnisa, N. Z. (2021). Parental engagement on children character education: The influences of positive parenting and agreeableness mediated by religiosity. Cakrawala Pendidikan, 40(2), 428–444. https://doi.org/10.21831/cp.v40i2.39477

Ekonomi, I. L. (2021). JIEFeS. 2(2), 162–173.

Fakhriyah, F., Rusilowati, A., Nugroho, S. E., Saptono, S., Ridlo, S., Mindyarto, B., & Susilaningsih, E. (2022). The scientific argumentative skill analysis reviewed from the science literacy aspect of pre-service teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), 2129. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.22847

Fook, C. Y., & Narasuman, S. (2022). The influence of mobile phone use on students’ academic behavior in higher education. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), 2060. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.23224

Hadayani, D. O., Delinah, & Nurlina. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 21, 999–1015.

Harianto, G. P., Rusijono, R., Masitoh, S., & Setyawan, W. H. (2020). Collaborative-cooperative learning model to improve theology students’ characters: Is it efective? Cakrawala Pendidikan, 39(2), 409–421. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31272

Hasan, M., Azzarah, D. A., & Arisah, N. (2022). DASAR BERBASIS BAHAN AJAR TEMATIK dengan pengelolaan ekonomi telah banyak dilakukan , khususnya yang terkait bagi anak dapat dilihat pada penelitian-penelitian pendidikan ekonomi sebelumnya . 20, 1–14.

Hidayat, M., Rozak, R. W. A., Hakam, K. A., Kembara, M. D., & Parhan, M. (2022). Character education in Indonesia: How is it internalized and implemented in virtual learning? Cakrawala Pendidikan, 41(1), 186–198. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.45920

Jatmika, S., Suwandi, J., Santoso, J. T. B., Oktaviana, F. L., & Karima, M. (2022). Academic dishonesty on online learning among vocational high school students. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), 1853. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.22507

Kawuryan, S. P., Sayuti, S. A., & Aman. (2022). Critical thinking among fourth grade elementary schol students: A gender perspective. Cakrawala Pendidikan, 41(1), 211–224. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.44322

Khadijah, K., Suciati, I., Khaerani, K., Manaf, A., & Sutamrin, S. (2021). Schools’ Character Education Values and Students’ Mathematics Learning Achievement: a Meta-Analysis. Cakrawala Pendidikan, 40(3), 670–683. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.39924

Maryani, I., Prasetyo, Z. K., Wilujeng, I., & Purwanti, S. (2022). Promoting higher-order thinking skills during online learning: The integration of metacognition in science for higher education. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), 1980. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.23129

Mustadi, A., Sayekti, O. M., Rochmah, E. N., Zubaidah, E., Sugiarsih, S., & Schulze, K. M. (2022). Pancalis: Android-based learning media for early-reading in new normal. Cakrawala Pendidikan, 41(1), 71–82. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.45883

Nani, A. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Tekhnologi Informasi Untuk Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. … , Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan), 1(4), 101–111. http://journal.steialamar.com/ojs1/index.php/alamar/article/view/59%0Ahttp://journal.steialamar.com/ojs1/index.php/alamar/article/download/59/52

Ningsih, I. W., Widodo, A., & Asrin, A. (2021). Urgensi kompetensi literasi digital dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 132–139. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i1.35912

Novita, K., & Rahayu, S. (2021). EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar. 2(1), 87–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak Di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480

Rachman, A., Rofiqoh, A., Dillah, H., Rindiyanto, R., & Surabaya, U. M. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar. 8(1), 1–5.

Sakarneh, M. A., Ziadat, A. H., & Rahahleh, Z. J. (2022). Parents’ perceptive regarding the effect of internet use on students with and without learning difficulties. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 11(4), 1734. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i4.22773

Savaşçı, M., & Akyel, A. S. (2022). Investigating the Comparative Effects of Sustained Silent Reading, Assisted Repeated Reading, and Traditional Reading. Teflin Journal, 33(1), 173–200. https://doi.org/10.15639/teflinjournal.v33i1/173-200

Sujarwo, Kusumawardani, E., & Nurmalasari, Y. (2022). Does the motivation and parents involvement affected by distance learning media during Pandemic Covid 19? Cakrawala Pendidikan, 41(2), 481–493. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.46265

Sukarno, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dalam Era Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional 2020, 1(3), 32–37. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/ProsidingPsikologi/article/view/1353/771

Syafii, M. S., Fathurohman, I., & Fardani, M. A. (2022). Metode Pelatihan Teater untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 88–96. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.44954

Wahbi, Abdul Aziim & Ariwibowo, P. (2019). Konsep Literasi Ekonomi Digital: Analisa Dampak Teknologi Terhadap Prilaku Gaya Hidup Guru Smp Se-Tangerang Selatan. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 4(2), 181–192. https://doi.org/10.30868/ad.v3i01.486

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 290–303. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1477

Yuniarto, B., & Panji Yudha, R. (2021). The journal of social and economic education. In Jurnal Edueksos: Vol. X (Issue 2).

Yunike, E., Okianna, A., & Okianna, O. (2021). Analisis Literasi Ekonomi Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Oleh Peserta Didik Di Smk Negeri 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/49790/75676590776


Keywords  :  
Keywords: Society 5.0, Literasi Digital Literasi Ekonomi Karakter
Galleys  :  
Published  :  
2023-08-27
How to Cite  :  
Janah, A. N., & Harsono, H. (2023). Penerapan Literasi Digital dan Literasi Ekonomi Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 77–83. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1306
Issue  :