Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Qs Luqman Ayat 12-15 Dan Implementasinya Di Taman Kanak-Kanak

Ali Hasan Assidiqi ( UIN Malang )
Dini Sadiyah ( UIN Malang )
Salama Salama ( TK Kartini Selolembu Bondowoso )

Abstract

Seorang anak pada usia dini memiliki pemahaman yang kuat dalam menerima pendidikan. Keluarga atau orang tua sangat berpengaruh terhadap masa depan anak-anak mereka dalam berbagai tingkatan. Pendidikan Islam merupakan upaya pengembangan kodrat manusia dalam rangka mewujudkan kehidupan manusia yang sejahtera dan bahagia. Selain pendidikan agama yang diberikan orang tua kepada anak, lingkungan sosial anak seperti sekolah teman dan lingkungan masyarakat juga memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap pembentukan kepribadian anak. Penelitian ini mengunakan penelitian kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan sumber-sumber dari data premier dan sekunder. Dalam menganalisa data yang telah terkumpul penulis menggunakan analisis data (content analysis) dari beberapa tafsir. Hasil menunjukkan Konsep pendidikan anak usia dini yang terkandung dalam surah Al-Qur'an Luqman ayat 12-15 terdapat beberapa konsep tentang pendidik anak usia dini, yaitu, 1) Sebagai pendidik dalam hal ini orang tua perlu mencurahkan kasih sayang dan perhatian yang cukup kepada anak-anaknya, 2) mengajarkan anak tentang pendidikan tauhid, yaitu berdoa untuk Allah, 3) orang tua harus meletakkan dan menyesuaikan sesuatu pada tempatnya, atau dengan kata lain mengajarkan anak pada sesuatu yang sesuai dengan minatnya,   kemampuan dan bakat, 4) Pendidikan jasmani/jasmani anak harus dimulai sejak dini, melalui pemberian ASI kepada anakdan 5) Pendidikan Ahklak yang berkaitan dengan kehidupan. Implementasi yang bisa diterapkan di Taman Kanak-Kanak meliputi: 1) Guru memperhatikan anak-anak dengan baik yang kemudian juga dilanjutkan oleh orangtua, sehingga adanya pendampingan dan parenting bagi orangtua terhadap anak, 2) memberi pengetahuan tentang agama terutama tentang ketuhanan kepada Allah Swt dengan lagu-lagi, 3) mengembangkan bakat dengan adanya berbagai kegiatan pembelajaran yang menarik bagi anak, 4) adanya olahraga bersama baik senam dll dan 5) memberi pengetahuan dan kebiasaan beraklakh misal berdoa sebelum belajar, bersalaman dan lainnya.

References

Al-Hanafi, Ishomuddin Ismail bin Muhammad. (2001) Hasyiah Al-Qunawi ala Tafsiri Al-Imam Al-Baidhawi, Beirut, Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.

Al-Khalidy, Shalah. (2000). Kisah-kisah Al-Qur’an: Pelajaran Dari Orang-Orang Dahulu, Jakarta: Gema Insani Press

Anwar Rosyidi, dkk, (1992) Terjemahan Tafsir Al-Maraghi, Semarang: Karya Toha Putra

Baidan, Nashruddin. (1998). Metodelogi Penafsiran al-Quran, Yogyakarta: Pustaka Belajar

Barsihannor. (2009). Belajar dari Luqman Al-Hakim, Yogyakarta : Kota Kembang.

Drajat, Zakiah. (2008), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Otib Satibi. 2009. Metode Pengembangan Moral dan Nilai-Nilai Agama, Jakarta: Universitas Terbuka

Juwariyah. (2010). Dasar-dasar Pendidikan Anak dalam Al-Qur’an, Yogyakarta: Teras

Manna Khalil al Qattan, (2013). Studi Ilmu Ilmu Al-Qur’an, terj. Muzakkir, Bogor: Pustaka Lentera Antar Nusa.

Muhaimin. (2004), Paradigma Pendidikan Islam di Sekolah, Jakarta: Reamaja Rosda Karya.

Shihab, M.Quraish. (2002) Tafsir Al-Misbah Pesan Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati

Sutikno. (2013). Pola Pendidikan Islam dalam Surat Luqman Ayat 12-19. Malang: Pendidikan Agama Islam.

Wibowo, Wahyu. (2011). Cara Menulis Artikel Ilmiah, Jakarta: Buku Kompas.

Wiji, (2022), “Kenakalan Remaja”, diakses 30 Januari 2023, dengan link https://www.kompasiana.com/wijimoharwan9092/638eaa594addee060842c8e2/kenakalan-remaja-siapa-yang-bertanggung-jawab


Keywords  :  
Keywords: Pendidikan Anak Usia Dini, Luqman
Galleys  :  
Published  :  
2023-08-27
How to Cite  :  
Assidiqi, A. H., Sadiyah, D., & Salama, S. (2023). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Qs Luqman Ayat 12-15 Dan Implementasinya Di Taman Kanak-Kanak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 62–66. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1301
Issue  :