Eksistensi Model Project Based Learning di Sekolah Dasar dalam Mendukung Program Merdeka Belajar
Abstract
Konsep Merdeka Belajar merupakan kebijakan baru dalam dunia pendidikan nasional. Kurikulum Merdeka hadir untuk menyempurnakan kurikulum 2013. salah satu model unggulan yang diterapkan pada kurikulum Merdeka adalah model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan mendeskripsikan kajian mengenai penerapan model PjBL dalam kurikulum Merdeka di sekolah dasar beserta hambatan dan sousinya. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dari buku dan 40 artikel yang berkaitan dengan Merdeka Belajar dan penerapan model Project Based Learning (PjBL) di sekolah dasar. Informasi yang ditemukan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, prinsip model PjBL sejalan dengan prinsip Merdeka Belajar. Namun pada praktiknya, penerapan model PjBL masih mengalami hambatan. Hambatan tersebut adalah: manajemen waktu yang kurang baik; guru dan siswa belum memahami konsep PjBL; kurangnya motivasi guru dan siswa; dan fasilitas belum memadai. Pada bagian akhir artikel, peneliti menyajikan alternatif solusi yang dapat dipertimbangkan lebih lanjut oleh guru, sekolah dan perancang kurikulum guna mengatasi masalah yang terjadi selama pelaksanaan PjBL di sekolah dasar.
References
Afghani, D. R. (2021). Kreativitas Pembelajaran Daring Untuk Pelajar Sekolah Menengah Dalam Pandemi Covid-19. Journal of Informatics and Vocational Education, 3(3), 70–75. https://doi.org/10.20961/joive.v3i3.43057
Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525
Aldabbus, S. (2018). Project-Based Learning: Implementation & Challenges. International Journal of Education, Learning and Development, 6(3), 71–79. www.eajournals.org
Andini, S. R., Putri, V. M., Devi, M. Y., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran PKn dan IPS yang Inovatif dan Kreatif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5671–5681. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1760
Arifudin, O. (2022). PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK (TINJAUAN TEORI-TEORI DAN PRAKTIS) (Ulfah (ed.); 1st ed.). Widina Bhakti Persada.
Arisanti, W. O. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2017). Analisis Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sd Melalui Project Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 82–95. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5125
Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12.
Cintang, N., Setyowati, D. L., & Handayani, S. S. D. (2018). The Obstacles and Strategy of Project Based Learning Implementation in Elementary School. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(1), 7–15. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i1.7045
Colley, K. (2008). Project-Based Science Instruction: A Primer. An Introduction and Learning Cycle for Implementing Project-Based Science. The Science Teacher, 75(8), 23–28.
Dewi, L. M. A. W., & Astuti, N. P. E. (2022). HAMBATAN KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SDN 3 APUAN. Jurnal Pendidikan Dasar …, 4(2), 31–39. https://jurnal.markandeyabali.ac.id/index.php/rarepustaka/article/view/128
Epifania, M., Hero, H., & Bunga, M. H. D. (2020). Analisis Pemahaman Guru dalam Mnerapkan Model Project Based Learning (PjBL) di SD Katolik 143 Bhaktyarsa. Journal Nagalalang Primary Education, 2(1), 1–7.
Fithriani, Z. N., & Roysa, M. (2022). Model Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Wasis Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 77–82. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24176/wasis.v3i2.7450
George Lucas Educational Foundation. (2007). How Does Project-Based Learning Work? | Edutopia. https://www.edutopia.org/project-based-learning-guide-implementation
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Junindra, A., Fitri, H., Putri, A. R., Nasti, B., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran IPS dan PKn Berbasis Literasi ICT (Information and Communication Technology) pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6264–6270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1827
Kau, M. A. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 0(0), 157–166. http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1281
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.
Lapase, M. H. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Pinedapa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 134–143. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3492
Manik, H., C B Sihite, A., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328–332. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3048
Masitoh, S., & Cahyani, F. (2020). Penerapan Sistem Among Dalam Proses Pendidikan Suatu Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 122–141. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p122--141
Mastuti, R., Syarif, M., Muhammad, I., Annisa, I. F., Arpan, Hasibuan, A. F. H., Jamaludin, Wirapraja, A., Saputra, D. H., Sugianto, Jamaludin, Arifah, F. N., Pinem, W., Purnomo, A., Napitupulu, L. M. S. S. D., Hastuti, P., Tasnim, & Vinolina, N. S. (2020). TEACHING FROM HOME: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar (J. Simarmata (ed.); 1st ed., Vol. 13, Issue 1). Yayasan Kita Menulis. https://www.researchgate.net/profile/Agung-Purnomo-2/publication/348945474_Teaching_from_Home_dari_Belajar_Merdeka_menuju_Merdeka_Belajar/links/601881b892851c2d4d0d9be5/Teaching-from-Home-dari-Belajar-Merdeka-menuju-Merdeka-Belajar.pdf
Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3.
Mislinawati., M., & Nurmasyitah., N. (2018). Kendala Guru Dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Sd Negeri 62 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 22–32. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12194
Mufidah, A. M., Yusuf, M., Karsidi, R., & Soedjono. (2020). Analisis Permasalahan Dan Kesiapan Guru Dalam Project Based Learningdi Sekolah Luar Biasa. Jurnal Orthopedagogik, 1(3).
Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar (1st ed.). Bumi Aksara. https://inlislite.kamparkab.go.id/opac/detail-opac?id=12877
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 04(1), 1–10.
Mustaji, L., & Subroto, W. (2021). Efektivitas kelas virtual pada siswa sekolah dasar: literature review. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(2), 59–66. http://103.107.187.25/index.php/Pionir/article/view/10292
Naufal, H. (2021). Model Pembelajaran Konstruktivisme pada Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Era Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 143–152.
Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17493
Nofri Hendri. (2020). Merdeka Belajar Antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech, 08(01), 1–29.
Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 SD Abdi. Kalam Cendekia, 6(4), 9–15.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149–160. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950
Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 35–45. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/241
Pratiwi, D., Pribowo, F. S. P., & Setiawan, F. (2021). Analisis Sikap Tanggung Jawab dalam Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di Masa Pandemi COVID-19 Pada Siswa SD. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(I), 83–103. https://doi.org/DOI: http://doi.org/10.22437/gentala.v6i1.12028
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313_6319.
Rahman, N. H., Mayasari, A., Arifudin, O., Ningsih, I. W., Nusantara, U. I., Kunci, K., & Arab, B. (2018). PENGARUH MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN DAYA. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.
Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.
Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/24719
Sasmita, E., & Darmansyah. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 5545–5549. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9154
Savitri, D. I. (2020). Peran Guru SD di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 dan Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Vol 2, 274–279.
Setyowati, N., & Mawardi. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika The Synergy Of Project Based Learning And Meaningful Learning To Increase Mathematics Learning Outcomes. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263
Slameto. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Riset. Satya Wacana University Press.
Sopacua, J., & Fadli, M. R. (2022). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Progresivisme (The Emancipated Learning Concept of Education in Progressivism Philosophy Perspective). Potret Pemikiran, 26(1), 1. https://doi.org/10.30984/pp.v26i1.1413
Sugiri, W. A., & Priatmoko, S. (2020). Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi Dalam Merdeka Belajar. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 53. https://doi.org/10.30736/atl.v4i1.119
Sumarmi. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Aditya Media.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703
Tohir, M. (2019). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. https://doi.org/10.31219/osf.io/dp79n
Ulandari, L., Ridha, A., Rozalita, D., Ananda, R., & Witarsa, R. (2022). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Analisis Kebijakan Standar Pembiayaan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 2596–4424.
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). The Role of Educational Technology in the Perspective of Independent Learning in Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121
Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133. https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.3996