Eksistensi Model Project Based Learning di Sekolah Dasar dalam Mendukung Program Merdeka Belajar

Ia Dahlia Syahlan ( Universitas Negeri Jakarta )
Dede Rahmat Hidayat ( Universitas Negeri Jakarta )
Otib Satibi Hidayat ( Universitas Negeri Jakarta )

Abstract

Konsep Merdeka Belajar merupakan kebijakan baru dalam dunia pendidikan nasional. Kurikulum Merdeka hadir untuk menyempurnakan kurikulum 2013. salah satu model unggulan yang diterapkan pada kurikulum Merdeka adalah model Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk menyusun dan mendeskripsikan kajian mengenai penerapan model PjBL dalam kurikulum Merdeka di sekolah dasar beserta hambatan dan sousinya. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang dilakukan dengan cara mengumpulkan informasi dari buku dan 40 artikel yang berkaitan dengan Merdeka Belajar dan penerapan model Project Based Learning (PjBL) di sekolah dasar. Informasi yang ditemukan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, prinsip model PjBL sejalan dengan prinsip Merdeka Belajar. Namun pada praktiknya, penerapan model PjBL masih mengalami hambatan. Hambatan tersebut adalah: manajemen waktu yang kurang baik; guru dan siswa belum memahami konsep PjBL; kurangnya motivasi guru dan siswa; dan fasilitas belum memadai. Pada bagian akhir artikel, peneliti menyajikan alternatif solusi yang dapat dipertimbangkan lebih lanjut oleh guru, sekolah dan perancang kurikulum guna mengatasi masalah yang terjadi selama pelaksanaan PjBL di sekolah dasar.

References

Afghani, D. R. (2021). Kreativitas Pembelajaran Daring Untuk Pelajar Sekolah Menengah Dalam Pandemi Covid-19. Journal of Informatics and Vocational Education, 3(3), 70–75. https://doi.org/10.20961/joive.v3i3.43057

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky : Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar? Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568–582. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Aldabbus, S. (2018). Project-Based Learning: Implementation & Challenges. International Journal of Education, Learning and Development, 6(3), 71–79. www.eajournals.org

Andini, S. R., Putri, V. M., Devi, M. Y., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran PKn dan IPS yang Inovatif dan Kreatif dengan Menggunakan Model Pembelajaran Pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5671–5681. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1760

Arifudin, O. (2022). PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK (TINJAUAN TEORI-TEORI DAN PRAKTIS) (Ulfah (ed.); 1st ed.). Widina Bhakti Persada.

Arisanti, W. O. L., Sopandi, W., & Widodo, A. (2017). Analisis Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sd Melalui Project Based Learning. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 8(1), 82–95. https://doi.org/10.17509/eh.v8i1.5125

Cahyono, E. A., Sutomo, & Harsono, A. (2019). Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan. Jurnal Keperawatan, 12.

Cintang, N., Setyowati, D. L., & Handayani, S. S. D. (2018). The Obstacles and Strategy of Project Based Learning Implementation in Elementary School. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(1), 7–15. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i1.7045

Colley, K. (2008). Project-Based Science Instruction: A Primer. An Introduction and Learning Cycle for Implementing Project-Based Science. The Science Teacher, 75(8), 23–28.

Dewi, L. M. A. W., & Astuti, N. P. E. (2022). HAMBATAN KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV SDN 3 APUAN. Jurnal Pendidikan Dasar …, 4(2), 31–39. https://jurnal.markandeyabali.ac.id/index.php/rarepustaka/article/view/128

Epifania, M., Hero, H., & Bunga, M. H. D. (2020). Analisis Pemahaman Guru dalam Mnerapkan Model Project Based Learning (PjBL) di SD Katolik 143 Bhaktyarsa. Journal Nagalalang Primary Education, 2(1), 1–7.

Fithriani, Z. N., & Roysa, M. (2022). Model Project Based Learning (PjBL) dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Wasis Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 77–82. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24176/wasis.v3i2.7450

George Lucas Educational Foundation. (2007). How Does Project-Based Learning Work? | Edutopia. https://www.edutopia.org/project-based-learning-guide-implementation

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Junindra, A., Fitri, H., Putri, A. R., Nasti, B., & Erita, Y. (2021). Mendesain Pembelajaran IPS dan PKn Berbasis Literasi ICT (Information and Communication Technology) pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6264–6270. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1827

Kau, M. A. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 0(0), 157–166. http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1281

Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi Kepustakaan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penerapan Model PBL Pada Pendekatan Teori Konstruktivisme. JURNAL MathEdu, 5(1), 13–18.

Lapase, M. H. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Pinedapa. Jurnal Paedagogy, 8(2), 134–143. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3492

Manik, H., C B Sihite, A., Sianturi, F., Panjaitan, S., & Hutauruk, A. J. B. (2022). Tantangan Menjadi Guru Matematika dengan Kurikulum Merdeka Belajar di Masa Pandemi Omicron Covid-19. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 328–332. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3048

Masitoh, S., & Cahyani, F. (2020). Penerapan Sistem Among Dalam Proses Pendidikan Suatu Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 122–141. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p122--141

Mastuti, R., Syarif, M., Muhammad, I., Annisa, I. F., Arpan, Hasibuan, A. F. H., Jamaludin, Wirapraja, A., Saputra, D. H., Sugianto, Jamaludin, Arifah, F. N., Pinem, W., Purnomo, A., Napitupulu, L. M. S. S. D., Hastuti, P., Tasnim, & Vinolina, N. S. (2020). TEACHING FROM HOME: dari Belajar Merdeka menuju Merdeka Belajar (J. Simarmata (ed.); 1st ed., Vol. 13, Issue 1). Yayasan Kita Menulis. https://www.researchgate.net/profile/Agung-Purnomo-2/publication/348945474_Teaching_from_Home_dari_Belajar_Merdeka_menuju_Merdeka_Belajar/links/601881b892851c2d4d0d9be5/Teaching-from-Home-dari-Belajar-Merdeka-menuju-Merdeka-Belajar.pdf

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3.

Mislinawati., M., & Nurmasyitah., N. (2018). Kendala Guru Dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 Pada Sd Negeri 62 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 22–32. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12194

Mufidah, A. M., Yusuf, M., Karsidi, R., & Soedjono. (2020). Analisis Permasalahan Dan Kesiapan Guru Dalam Project Based Learningdi Sekolah Luar Biasa. Jurnal Orthopedagogik, 1(3).

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar (1st ed.). Bumi Aksara. https://inlislite.kamparkab.go.id/opac/detail-opac?id=12877

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 04(1), 1–10.

Mustaji, L., & Subroto, W. (2021). Efektivitas kelas virtual pada siswa sekolah dasar: literature review. Pionir: Jurnal Pendidikan, 10(2), 59–66. http://103.107.187.25/index.php/Pionir/article/view/10292

Naufal, H. (2021). Model Pembelajaran Konstruktivisme pada Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Era Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 143–152.

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh model project based learning terhadap high order thinking skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17493

Nofri Hendri. (2020). Merdeka Belajar Antara Retorika dan Aplikasi. E-Tech, 08(01), 1–29.

Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 SD Abdi. Kalam Cendekia, 6(4), 9–15.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), 149–160. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v6i2.950

Nurulaeni, F., & Rahma, A. (2022). Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 2(1), 35–45. https://unu-ntb.e-journal.id/pacu/article/view/241

Pratiwi, D., Pribowo, F. S. P., & Setiawan, F. (2021). Analisis Sikap Tanggung Jawab dalam Pelaksanaan Program Merdeka Belajar di Masa Pandemi COVID-19 Pada Siswa SD. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(I), 83–103. https://doi.org/DOI: http://doi.org/10.22437/gentala.v6i1.12028

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313_6319.

Rahman, N. H., Mayasari, A., Arifudin, O., Ningsih, I. W., Nusantara, U. I., Kunci, K., & Arab, B. (2018). PENGARUH MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN DAYA. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99–106.

Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56.

Saputro, O. A., & Rayahu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185–193. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/24719

Sasmita, E., & Darmansyah. (2022). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 5545–5549. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9154

Savitri, D. I. (2020). Peran Guru SD di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 dan Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Vol 2, 274–279.

Setyowati, N., & Mawardi. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika The Synergy Of Project Based Learning And Meaningful Learning To Increase Mathematics Learning Outcomes. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263

Slameto. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Riset. Satya Wacana University Press.

Sopacua, J., & Fadli, M. R. (2022). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Progresivisme (The Emancipated Learning Concept of Education in Progressivism Philosophy Perspective). Potret Pemikiran, 26(1), 1. https://doi.org/10.30984/pp.v26i1.1413

Sugiri, W. A., & Priatmoko, S. (2020). Persprektif Asesmen Autentik Sebagai Alat Evaluasi Dalam Merdeka Belajar. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 53. https://doi.org/10.30736/atl.v4i1.119

Sumarmi. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Aditya Media.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Tohir, M. (2019). Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. https://doi.org/10.31219/osf.io/dp79n

Ulandari, L., Ridha, A., Rozalita, D., Ananda, R., & Witarsa, R. (2022). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Analisis Kebijakan Standar Pembiayaan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 2596–4424.

Widiyono, A., & Millati, I. (2021). The Role of Educational Technology in the Perspective of Independent Learning in Era 4.0. Journal of Education and Teaching (JET), 2(1), 1–9.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 126–136. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1121

Yusuf, M., & Arfiansyah, W. (2021). Konsep “Merdeka Belajar” dalam Pandangan Filsafat Konstruktivisme. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 7(2), 120–133. https://doi.org/10.53627/jam.v7i2.3996


Keywords  :  
Keywords: Project Based Learning, Sekolah Dasar, Merdeka Belajar
Galleys  :  
Published  :  
2023-07-24
How to Cite  :  
Syahlan, I. D., Hidayat, D. R., & Hidayat, O. S. (2023). Eksistensi Model Project Based Learning di Sekolah Dasar dalam Mendukung Program Merdeka Belajar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 27–33. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1299
Issue  :