Strategi Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SDN 1 Cinisti

Ella Sulastri ( Universitas Garut )
Nurul Fatonah ( Universitas Garut )

Abstract

Kemampuan literasi dan numerasi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik, yang dapat membantu siswa dalam memahami proses pembelajaran, namun kemampuan literasi dan numerasi di sekolah masih terbilang rendah, maka untuk membantu dalam meningkatkan literasi dan numerasi pemerintah mengadakan  program mengenai kampus mengajar. Tujuan dari penilitian ini yaitu membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui program kampus mengajar. Salah satu mitra sekolah yang menjadi sasaran yaitu SDN 1 Cinisti yang terletak di Desa Kaliki, Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut. Objek yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu Siswa Kelas III, permasalahan yang dialami siswa kelas III yaitu masih rendahnya kemampuan literasi dan numerasi. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu Observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Hasil yang di peroleh melalui program kampus mengajar dalam meningkatkan literasi dan numerasi siswa kelas III memberikan perubahan dalam diri peserta didik, peserta didik yang semula tidak bisa membaca dan berhitung kini bisa meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi melalui program kampus mengajar yang telah dilakukan. Dengan demikian untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa kelas III, perlu adanya kebiasaa baru yang harus dilakukan, salah satunya dalam proses pembelajaran pendidik senantiasa menggunakan model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, selain itu juga sarana dan prasaran sekolah tentunya harus memadai agar kebutuhan yang siswa terpenuhi, dan perlu adanya kerjasama serta peran orang tua dalam meningkatkan literasi dan numerasi bagi peserta didik

References

Anwar, M. K. (2021). Kajian teoritis integrasi literasi numerasi dalam modl IPA SMP. Prosidingiainponorogo.ic.id, 333-339.

dkk, S. D. (2022). ARTIKEL STRATEGI MENGAJAR LITERASI DAN NUMERASI MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGATAN 3 DI SD NEGERI 094164PARTIMBALAN. Journal.ubb.ac.id, 52-54.

Fatonah, N (2018). KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI ANAK USIA DINI: Studi Kasus Pada Orang Tua Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.

Fatonah, N. (2020,August). Parental Involvement In Early Chilhood Literacy Develovment. In International Conference On Early Chilhood Eduation And Parenting 2019 (ECEP 2019) (pp.193-198) Atlantis Press.

Fatonah, N. (2022). Peran Orang Tua Dalam Literasi Anak. Cahaya Smart Nusantara.

junaedi. (2022). buku panduan kampus mengajar angkatan 3 tahun 2022. direktorat jendral pendidikan tinggi.

munadi, r. (2022). peningkatan literasi dan numerasi peserta didik UPTD SPF SDN 29 Cenrana melalui Program kampus mengajar. dmi-journal.org, 304.

merdeka.kemdikbud, k. (n.d.). Kampus mengajar. Retrieved from https://kampus merdeka.kemdikbud.timgo.id/

Noerbella, D. (2022). IMPLEMENTASI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 2 DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK. ejournal.unma.ac.id, 481.

Novi Nur Fitriyani dkk. (2022). PKM peran mahasiswa kampus mengajar 3 dalam meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik di sekolah dasar negeri Mengok 1. ejournal.undiksha.ac.id, 241-244.

Pita Nirmala Sari, A. E. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STEAM (SCIENCE,TECHNOLOGY,ENGINEERING,ART,AND MATH) UNTUK PENGUATAN LITERASI-NUMERASI SISWA. dmi-jornals.org, 90-95.

saputra, a. (2022). peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui ptogram kampus mengajar di sdn 1 monggas. ejournal.yasin-alsys.org, 15-17.

Shabrina, L. M. (2022). kegiatan kampus mengajar dalam meningkatkan keterampilan literasi dan numerasi siswa seolah dasar. Jbasic.org, 917-923.

umar, u. (2022). analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan akademik siswa sekolah dasar di daerah pinggiran. ejournal.unma.ac.id, 459-462.

Widiansyah, A. (2022). IMPLEMENTASI KAMPUS MENGAJAR MELALUI PROGRAM LITERASI DAN NUMERASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR. jurnal.umj.ac.id, 2-4


Keywords  :  
Keywords: Strategi, Kampus Mengajar, Literasi dan Numerasi
Galleys  :  
Published  :  
2023-07-24
How to Cite  :  
Sulastri, E., & Fatonah, N. (2023). Strategi Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 4 di SDN 1 Cinisti. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 18–26. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1298
Issue  :