Analisis Kebutuhan Pengembangan Majalah Berbasis Nilai-Nilai Pancasila pada Kelas V Sekolah Dasar

Junia Saptaningrum ( Universitas Trunojoyo Madura )
Ade Cyntia Pritasari ( Universitas Trunojoyo Madura )

Abstract

Variasi penggunaan bahan ajar dalam pembelajaran menjadi salah satu komponen penting yang mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya variasi penggunaan bahan ajar untuk pembelajaran di sekolah dasar. Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengetahui analisis kebutuhan pengembangan majalah berbasis nilai-nilai Pancasila. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Metode yang digunakan berupa angket (kuesioner). Angket diberikan kepada 18 siswa kelas V UPTD SDN Telang 2 pada 12 September 2022. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 50% siswa menyatakan jika materi pembelajaran hanya bersumber dari buku paket. Selanjutnya 88,9% siswa merasa bosan pembelajaran menggunakan buku paket. Kemudian, 72,2% siswa menyukai bahan ajar yang berwarna cerah dan tampilan menarik serta 100% siswa menyukai bahan ajar yang didalamnya terdapat kumpulan cerita. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perlu dikembangkan bahan ajar berupa majalah berbasis nilai-nilai Pancasila pada tema 7 subtema 3 Sekolah Dasar

References

Antari, L.P.S. dan Liska L.D. (2020). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyasari, 21(2), 676-687.

Arfani, Laili. (2016). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar, dan Pembelajaran. Jurnal PPKn dan Hukum, 11(2), 81-97.

Depdiknas. (2006). Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta: Puskur Balitbang.

Kelana J.B. dan Pratama F. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains. Bandung: Lekkas.

Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S., Ayu Amalia, D., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 311–326. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 141. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.363

Ningsih, M., Suwatra, I. I. W., dan Pudjawan, K. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Majalah Dengan Model Jurusan Teknologi Pendidikan. 9, 301–311.

Pratiwi, N., Gardjito, dan Hamidah, F. (2017). Pengembangan Majalah Biologi Sebagai Media Pembelajaran pada Pokok Bahasan Protista Kelas X MIA di SMA N 7 Kota Jambi. Biodik, Vol 1 No 1, 27-34.

Rangsing, B., Subiki, & Handayani, R. D. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Majalah Siswa Pintar Fisika (MSPF) pada Pembelajaran IPA di SMP (Pokok Bahasan Gerak pada Benda). Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 243–247. http://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/2645

Rudini, M dan Khasanah, A. (2019). Implementasi Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Sdn 1 Buga. Tolis Ilmiah; Jurnal Penelitian, 1(2), 124–129.

Sukmawati, D. M., & Kurniawaty, J. B. (2022). Implementasi Pendidikan dan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Siswa (Survey pada SMK Swasta di Jakarta Selatan). JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan Dan Wawasan Kebangsaan, 1(2). https://doi.org/10.30998/.v1i2.963

Vavla, U. (2009). Benefits of Using Newspapers , Magazines and Books in Classroom. 2, 12–17


Keywords  :  
Keywords: Bahan Ajar, Majalah, Nilai-nilai Pancasila
Galleys  :  
Published  :  
2023-07-24
How to Cite  :  
Saptaningrum, J., & Pritasari, A. C. (2023). Analisis Kebutuhan Pengembangan Majalah Berbasis Nilai-Nilai Pancasila pada Kelas V Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 14–17. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1297
Issue  :