Dinamika Karakter Pancasila Bagi Pelajar

Febri Tunggal Marhenn ( Universitas Muhammadiyah Surakarta )
Harsono Harsono ( Universitas Muhammadiyah Surakarta )

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji penguatan pendidikan karakter untuk mewujudkan Pelajar Pancasila. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang mana berdasarkan hasil penelitian literatur yaitu mengumpulkan data dari jurnal, buku, tesis, berita, dan lain-lain yang topik pembahasannya berkaitan dan juga berhubungan dengan pada pembahasan artikel ini. Setelah mengumpulkan data sumber literatur yang berkaitan dengan artikel ini, maka dilanjutkan dengan menganalisis penelitian artikel ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan Pelajar Pancasila pada dasarnya adalah mendorong lahirnya manusia yang baik, yang memiliki enam ciri utama, yaitu bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan global dengan harapan agar peserta didik memiliki kemampuan secara mandiri dalam meningkatkan, menggunakan pengetahuannya, mengkaji, dan meninternalisasi serta memersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia yang dapat diwujudkan dalam perilaku sehari-hari oleh peserta didik

References

(Adhyanto 2015)Adhyanto, Oksep. 2015. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Pembentukkan Peraturan Perundang-Undangan.” Jurnal Ilmu Hukum 5 (2): 1–12.

Antari, L. P. S., & De Liska, L. (2020). Implementasi Nilai Nilai Pancasila Dalam Penguatan Karakter Bangsa. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(2), 676–687.

Asnani, Mislia, S. (n.d.). Implementasi Kebijakan Pendidikan Karakter Dalam Meminimalisasi Kenakalan Remaja. Jurusan Tarbiyah Prodi MPI Institut Agama Islam Negeri Bone, Carigading.

Ali Miftakhu Rosyad. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah.

Barnawi & Arifin. 2016. Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: ArRuzz Media.

Barber, M., & Mourshed, M. (2007). How the world’s best-performing school systems come out on top. https://doi.org/10.1007/s10833-008- 9075-9

Budimansyah, Dasim dan Syam, Syaifullah (ed) (2006) Pendidikan Nilai Moral dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan, menyambut 70 tahun Prof. Drs. H.A. Kosasih Djahiri, Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan FPIPS-UPI.

Chairiyah. (2014). Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pendidikan Karakter Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 1. (1).54-62.

Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Lembaga Pendidikan. JPK (Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan), 5(1), 54–65.

Gunawan, I. (2012). Pendidikan Karakter di Tingkat Sekolah Dasar Meretas Sekolah Humanis Untuk Mendesain Siswa Sekolah Dasar (SD) yang Cerdas dan Berkarakter. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers.

Hasanah, H. (2013). Implementasi Nilai-Nilai Karakter Inti Di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Karaker, III(2), 186–195.

Hamja, B. (2017). Pancasila Sebagai Dasar Negara Dan Ideologi Bangsa. Justisia-Jurnal Ilmu Hukum, 3(9), 11–20

Ismail, Shalahudin, Suhana Suhana, and Qiqi Yuliati Zakiah. 2021. “Analisis Kebijakan Pengautan Pendidikan Karakater Dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosisl 2 (1): 76–84.

Kemdiknas. (2010). Buku Induk Pembangunan Karakter. Jakarta.Pusat

Kemendikbud. (2020). Pendidikan Karakter Wujudkan Pelajar Pancasila. Https://M.Antaranews.Com/Berita/1824776/Mendikbud-Pendidikan-Karakter Wujudkan-Pelajar-Pancasila

Kementerian Pendidikan Nasional. (2010). Rencana Induk Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan nasional Badan Penelitian dan Pendidikan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Li, X., Sanders, K., & Frenkel, S. (2012). How Leader-Member Exchange, Work Engagement and HRM Consistency Explain Chinese Luxury Hotel Employees’ Job Performance. International Journal of Hospitality Management, 31(4), 1059–1066. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2012.01.0 02

Margono. 2012. “Landasan dan Tujuan Pendidikan Pancasila” dalam Margono (Ed). Pendidikan Pancasila Topik Aktual Kenegaraan dan Kebangsaan. Malang: Universitas Negeri Malang (UM Press)

Pancasila, Pelajar. 2021. “Volume 19 No. 2 Edisi Oktober 2021” 19 (2): 202–7.

Putri Rachmadyanti. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal. Jurnal JPSD, 3(2), 201–214.

Rahman, A., & Suharno, S. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Politik Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 282–290.

Ramdhani, M. A. (2017). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan UNIGA, 8(1), 28–37.

Riyanto. 2010. 4 Model Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah: Antara Otonomi, Integrasi, Suplemen, dan Kolaborasi Read more about integrasi Pendidikan karakter dengan mata pelajaran by Kang Marfu. https://riyantosma9yk.wordpress.com.

Sulistyarini. (2015). Pengembangan Karakter Berbasis Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2 .(1) 1-8.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Widayati, Nurul, and Tri Nur Wahyudi. 2022. “Peningkatan Hasil Dan Kegiatan Belajar Siswa Melalui Mix Model Problem-Based Learning Dan Numbered Heads Together.” Jurnal Penelitian Tindakan Pendidikan 1 (1): 9–19. https://doi.org/10.23917/jptp.v1i1.976.

Wiyono, Suko. 2013. Reaktualisasi Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Malang: Universitas Wisnuwardhana Malang Press

Yoga, D. S., Suarmini, N. W., & Prabowo, S. (2015). Peran keluarga sangat penting dalam pendidikan mental, karakter anak serta budi pekerti anak. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 8(1), 46–54.

Yunarti, Y. (2017). Pendidikan Kearah Pembentukan Karakter. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(02), 262–278.

(Ismail, Suhana, and Zakiah 2021)Adhyanto, Oksep. 2015. “Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara Dalam Pembentukkan Peraturan Perundang-Undangan.” Jurnal Ilmu Hukum 5 (2): 1–12.


Keywords  :  
Keywords: Peserta Didik, Pendidikan Karakter, Pelajar Pancasila
Galleys  :  
Published  :  
2023-07-24
How to Cite  :  
Marhenn, F. T., & Harsono, H. (2023). Dinamika Karakter Pancasila Bagi Pelajar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 8–13. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1296
Issue  :