Kearifan Lokal Poda Na Lima Pada Masyarakat Angkola-Mandailing Sebagai Pendidikan Karakter Dalam Mendukung Program Merdeka Belajar

Izuddinsyah Siregar ( AP3KnI Wilayah Sumatera Utara )
Salmah Naelofaria ( Universitas Negeri Medan )

Abstract

Merdeka Belajar merupakan kemerdekaan berpikir. Konsep ini merupakan respon terhadap kebutuhan sistem pendidikan dalam telaah metode pembelajaran dan sistem pengajaran pada era Revolusi Industri 4.0. Poda Na Lima sebagai nilai kearifan lokal masyarakat Angkola-Mandailing merupakan ungkapan memberi nasehat dan ketertiban untuk membersihkan diri dan lingkungan, serta dinilai strategis dalam membangun pendidikan karakter di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel). Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan data dan informasi yang diperoleh dari studi literatur, jurnal, buku, dokumen, dan lainnya dengan merangkum, menganalisis, dan menjelaskan konsep dan teori yang sesuai dengan tujuan penelitian. Poda Na Lima yang terdiri paias rohamu (bersihkan jiwamu/hatimu), paias pamatangmu (bersihkan tubuhmu/badanmu), paias parabitonmu, (bersihkan pakaianmu), paias bagasmu (bersihkan rumahmu), dan paias pakaranganmu (bersihkan lingkunganmu). Memahami Merdeka Belajar seperti yang dicanangkan oleh Mendikbud dalam sudut pandang pendidikan karakter adalah penting. Terlebih arah kebijakan baru Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menjadikan Asesmen Kompetensi sebagai pengganti Ujian Nasional dan Survei Karakter. Dengan demikian, Poda Na Lima sebagai kearifan lokal memiliki peran strategis sebagai pendekatan pendidikan karakter dalam mendukung program Merdeka Belajar

References

Apriliani, I., & Justitia, T. (2021). The Implementation of Islamic Education in Muslim Minority Area. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 150–161. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1224

Daniah. (2016). Kearifan Lokal (Local Wisdom) sebagai Basis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan. 5(2), 1-14. (2016). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v5i2.3356

Maknun, D. (2017). Ekologi: Populasi, Komitas, Ekosistem (Mewujudkan Kampus Hijau, Asri, Islami dan Ilmiah. Cirebon: Nurjati Press.

Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248

Oktarina, Ririn & Ribuwati. (2018). Penerapan Pendidikan Berbasis Karakter Kearifan Lokal di SD Negeri 8 Rambutan Kabupaten Banyuasin Menuju Global Citizen. Prosiding Seminar Nasional 2018 Universitas PGRI Palembang, 589-594, https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1882

Perkasa Alam, Sutan Tinggi Barani. (2005). Pembaharuan dan Modernisasi Adat Budaya Tapanuli Selatan Adat Hombar Dohot Ibadat dalam Pelaksana. Padangsidimpuan: Tanpa Penerbit.

Perkasa Alam, Sutan Tinggi Barani. (2011). Tutur Poda: Pelajaran Adat Budaya Daerah Tapanuli Bagian Selatan Sastra Bahasa dan Aksara Batak. Medan: Mitra.

Perkasa Alam, Sutan Tinggi Barani. (2018). Naposo Bulung dalam Tatanan Adat dan Bermasyarakat. Padangsidimpuan: Tanpa Penerbit.

Sahrul. (2016). Synchronization of Poda Na Lima and Da’wah: Case Study in Madina Regency as a Philosophical Review. IOSR Journal of Humanities and Social Science (IOSRJHSS), 21 (10), 2279-0837. http://www.iosrjournals.org/iosr-jhss/papers/Vol.%2021%20Issue10/Version-2/G2110024650.pdf

Setiadi, K. (2019). Pengaruh Kearifan Lokal dan Kecerdasan Spiritual terhadap Perilaku Peserta Didik. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner, 4 (1), 126–151. https://doi.org/10.30603/jiaj.v4i1.850

Siregar, DA. & Harahap, AS. (2019). Nilai Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Nilai Poda Na Lima Pada Mahasiswa Perguruan Tinggi. Prosiding Seminar Hasil Penelitian, 2 (2), 1729-1735. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/414


Keywords  :  
Keywords: Merdeka Belajar, Poda Na Lima, Pendidikan, Karakter
Galleys  :  
Published  :  
2023-07-24
How to Cite  :  
Siregar, I., & Naelofaria, S. (2023). Kearifan Lokal Poda Na Lima Pada Masyarakat Angkola-Mandailing Sebagai Pendidikan Karakter Dalam Mendukung Program Merdeka Belajar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 1–7. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1295
Issue  :