PENGEMBANGAN POTENSI BENDUNGAN PANDAN DURI SEBAGAI OBJEK WISATA DI DESA SUWANGI KECAMATAN SAKRA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

Baiq Fitrianingsih ( Universitas Islam Al-Azhar )
Laili Hurriati ( Universitas Islam Al-Azhar )
Ahmad Suhendri ( Universitas Islam Al-Azhar )

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan potensi yang dapat dilakukan dalam mengembangkan potensi yang ada di bendungan pandan duri. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data dengan cara reduksi data, pemrosesan satuan, kategorisasi dan merumuskan menggunakan analisis SWOT. Hasil penilitian menghasilkan pengembangan potensi Bendungan Pandan Duri sebagai objek wisata di Desa Suwangi Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur ternyata tidak cocok untuk dikembangkan dalam konsep pariwisata karena tujuan utamanya dibentuk Bendungan Pandan Duri sebagai irigasi bukan fungsi pariwisata, sehingga Bendungan Pandan Duri tidak perlu dikembangkan lagi cukup dengan kondisi yang sekarang ini dikarenakan banyak sekali kendala-kendala yang ada seperti keterbatasan dana, belum adanya struktur Lembaga pengelola destinasi wisata, dan status kepemilikan lahan dipegang oleh pemerintah dan dikelola oleh pihak BWS. Jadi tidak perlu dikembangkan ke arah pariwisata lebih baik mencari objek wisata lain seperti green ekonomi di bagian bawah Bendungan Pandan Duri sehingga multiefek dari keberadaan bendungan ini dapat dirasakan oleh masyarakat yang memiliki sawah-sawah dan dijadikan objek wisata milik pribadi. Sehingga yang perlu dilakukan pemerintah desa untuk menjaga bagaimana supaya tidak terjadi pengurangan manfaat dari Bendungan Pandan Duri tersebut dengan cara memanfaatkan bendungan secara sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Kata Kunci: Pengembangan, Pariwisata, Objek Wisata, dan Bendungan.

References

Yati Heryati. “Potensi Pengembangan Obyek Wisata Pantai Tapandullu di Kabupaten Mamuju”. Volume 1, No. 1, Hal:56-74 (2019).

Tontowi Jauharul dan Retno Sumarni. “Pengembangan Potensi Ekonomi Masyarakat Melalui Kerajinan Pembuatan Batik Di Desa Biaro Lama Kecamatan Karang dapo Kabupaten Musi Rawas Utara”. Laporan Pengabdian Masyarakat 2022.

Aini Qolbiyah, Munzir Hitami, dan Kadar M.Yusuf. “Potensi Manusia”, E-ISSN: 2656-3320-PISSN:2745-5449. (2023).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009.


Keywords  :  
Keywords: Pengembangan, Pariwisata, Objek Wisata, Bendungan
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-21
How to Cite  :  
Issue  :