PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN KEPUTUSAN INVESTASI TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DI BURSA EFEK INDONESIA

Sa'adah ( Universitas Islam Al-Azhar )
Hery Astika Putra ( Universitas Islam Al-Azhar )
Baiq Dewi Lita Andiana ( Universitas Islam Al-Azhar )

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk membuktikan pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan, (2) Untuk membuktikan pengaruh keputusan investasi terhadap nilai perusahaan, dan (3) Untuk membuktikan pengaruh struktur modal dan keputusan investasi secara simultan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan Perbankan di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada 27 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan metode analisis regresi linier berganda. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Hasil analisis berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator dari ketiga variabel pada penelitian ini berdistribusi secara normal. Pada variabel struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, dimana t hitung lebih kecil dari t tabel (-1,892<1,990) dengan signifikansi (0,062>0,05). Pada variabel keputusan investasi berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, dimana nilai t hitung lebih besar dari t tabel (3,674>1,9990) dengan signifikansi (0,000<0,05). Secara simultan di peroleh f hitung lebih besar dari f tabel (9,015>3,11) dengan tingkat signifikan sebesar (0,000<0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa struktur modal dan keputusan investasi secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil uji R2 pada penelitian ini diperoleh nilai determinan sebesar 0,188 artinya persentase sumbangan pengaruh variabel struktur modal dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan adalah sebesar 18,8 persen, sedangkan sisanya 81,2 persen dipengaruhi oleh faktor lain seperti kebijakan deviden dan profitabilitas dan faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Kata kunci: Struktur Modal, Keputusan Investasi, Nilai Perusahaan, Perbankan, BEI

References

Sari, O. T.. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Analisis Manajemen, vol. 2 (2), 1–7. 2013.

Halpiah dan Hery Astika Putra (2019). Keberadaan Galeri Investasi Dalam Meningkatkan Animo Masyarakat Muslim Untuk Berinvestasi Pada Pasar Modal Syariah Di Kota Mataram.

Sari, O. T. (2013). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Analisis Manajemen, vol. 2 (2), 1–7.

Dewi, Gusti Ayu Ketut Rencana Sari dan Diota Pramesweri Vijaya. (2018). Investasi dan Pasar Modal Indonesia.

Weston, Copeland. (2002). Manajemen Keuangan. Ed ke-8. Jakarta: Binarupa Aksara.

Fuad, M., & Wandari, A. (2018). Pengaruh Struktur Modal Dan Faktor Eksternal Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada PT. Bank Central Asia, Tbk). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 32-46.

Wongso, A. (2012). Pengaruh Kebijakan Dividen, Struktur Kepemilikan, dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan dalam Persepektif Teori Agensi dan Teori Signalling, 1-6.

Brigham, E. F. & Houston, J. F. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Edisi Kedua. Jakarta Selatan: Salemba Empat. Brigham, E. F. dan Houston, J. F. (2001). Manajemen Keuangan, Edisi 8, Edisi Indonesia.Jakarta: Erlangga.

Brigham, E. F. dan Houston, J. F. (2013). Fundamentals of Financial Management.14th Edition. Boston, USA: Cengage Learning.

Suryantini, N.P.S. dan Arsawan, I.W.E. (2014). Pengaruh Faktor Eksternal Terhadap Nilai Perusahaan (PBV) Dan Harga Saham Terhadap Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. Vol.8, No.2, Hal. 91-100.

Brigham, E.F., dan Houston, J.F. (2010). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Jakarta: Salemba.Darminto. (2010). Pengaruh Faktor Eksternal Dan Berbagai Keputusan Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol.8, No.1, Hal. 138-150.

Jogiyanto. (2003). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi ke-2. Yogyakarta: BPFE. Karadeniz, E., Kandir, Y.S., Balcilar, M.dan Onal, B.Y. (2009). Determinants of Capital Structure: Evidence from Turkish Lodging Companies. International Journal of Contemporary Hospitality Management. Vol. 21, No. 5, Hal.594-609.

Sutrisno. (2014). Manajemen Keuangan Teori, Konsep Dan Aplikasi. Edisi8. Yogyakarta: Ekonisia.

Sugiyono (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta


Keywords  :  
Keywords: Struktur Modal, Keputusan Investasi, Nilai Perusahaan, Perbankan, BEI
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-21
How to Cite  :  
Issue  :