ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PEDAGANG DI PASAR CAKRANEGARA KOTA MATARAM

Lilis Safitri ( Universitas Islam Al-Azhar )
Baehaqi ( Universitas Islam Al-Azhar )
Baiq Riska Milania Ulfah ( Universitas Islam Al-Azhar )

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal usaha, jam kerja dan lama usaha terhadap pendapatan pedagang di pasar cakranegara kota Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Asosiatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, kuesioner dan studi literatur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Oleh karena itu peneliti mengambil sampel sebanyak 80 pedagang di pasar cakranegara kota Mataram Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Modal Usaha (X1), Jam Kerja  (X2) dan Lama Usaha (X3) berpengaruh positif terhadap pendapatan pedagang di pasar cakranegara kota Mataram. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung untuk variabel Modal usaha  (X1), Jam Kerja  (X2) dan Lama Usaha (X3) lebih besar dari nilai t tabel. .Hasil Produksi (X1), Jam Kerja (X2) dan Lama Usaha  (X3) berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap pendapatan pedagang di pasar cakranegara kota Mataram. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung bernilai 27,063 yang lebh besar dari nilai F tabel yang bernilai 2,72.

Kata kunci : Modal Usaha, Jam Kerja, Lama Usaha, dan Pendapatan

References

Sudirmansyah. (2011). Pengertian dan Jenis-Jenis Pasar.

Tambunan. (2013). UMKM di Indonesia . Bogor: Ghalia Indonesia.

Nazir. (2010). Analisis Determinan Pendapatan Pedagang Kaki Lima di Kabupaten Aceh Utara . Tesis. Medan Universitas Sumatera Utara.

Tambunan, T. T. (2002). Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu Penting . Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Priyandika, A. (2015). Analisis Pengaruh Jarak, Lama Usaha, Modal, dan Jam Kerja Terhadap Pedagang Kaki Lima Konveksi (Studi Kasus di Kelurahan Purwodinatan Kota Semarang). Skripsi. Universitas Diponogoro Semarang.

Widiastuti, A. (2018). Pengaruh Pendidikan, Jumlah Jam Kerja, dan Pengalaman Kerja Terhadap Pendapatan Tenaga Kerja Lanjut Usia di Indonesia. . Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.


Keywords  :  
Keywords: Modal Usaha, Jam Kerja, Lama Usaha, Pendapatan
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-21
How to Cite  :  
Issue  :