FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEJADIAN SPEECH DELAY PADA ANAK BALITA SYSTEMATIC REVIEW

Sonia Radatul Ulfa ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Karlinda ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Yessy Fitriani ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstract

ABSTRAK

Speech Delay adalah keadaan yang dialami anak balita yang menyebabkan keterlambatan berbicara. Kejadian Speech Delay menjadi masalah serius yang memerlukan penanganan lebih lanjut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fakto-faktor yang mempengaruhi Speech Delay pada anak balita. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik pendekatan sistematik review. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teks full artikel dengan desain studi observasional. Pengumpulan data artikel dilakukan dengan mencari artikel pada search database Google Scholar, Pubmed, dan Publish or Perish. yang dipublikasikan dari tahun 2017 hingga tahun 2024. Variabel independen meliputi Speech Delay pada anak balita, dan variable dependen yaitu faktor resiko Speech Delay. Systematic review dengan mengumpul 13 artikel. hasil penelitian ada pengaruh faktor internal dan eksternal pada keterlambatan bicara Speech Delay pada anak balita. Faktor internal adalah genetik,prematur, dan jenis kelamin. Adapun faktor eksternal adalah pendidikan ibu,status sosial,ekonomi dan lingkungan. Ada hubungan faktor internal( genetic, premature, dan jenis kelamin)dan faktor eksternal (pendidikan ibu, status social ekonomi, dan lingkungan) terhadap kejadian Speech Delay pada anak balita.

Kata kunci : Keterlambatan Berbicara, Anak Balita dan faktor resiko.

References

Mardhatillah, F. A., Susilowati, E., & Arisanti, A. Z. (2024). Penggunaan Gadget Terhadap Speech Delay Pada Balita: Literature Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 912-923.

Safitri, Y. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan bahasa balita di UPTD kesehatan Baserah tahun 2016. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148-155.

McLeod, S., Davis, E., Rohr, K., McGill, N., Miller, K., Roberts, A., ... & Ivory, N. (2020). Waiting for speech-language pathology services: A randomised controlled trial comparing therapy, advice and device. International Journal of Speech-Language Pathology, 22(3), 372-386.

Ardiyansyah, M. (2020). Perkembangan Bahasa dan Deteksi Dini Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Pada Anak Usia Dini. Guepedia.

Auliya, R. S., Lee, Y. L., Chen, C. C., Liang, D., & Wang, W. J. (2024). Analysis and prediction of virtual machine boot time on virtualized computing environments. Journal of Cloud Computing, 13(1), 80.

]Sulistyana, A., Pramono, J. S., & Suryani, H. (2024). Hubungan Pengetahuan Ibu dengan Deteksi Keterlambatan Bicara (Speech delay) pada Balita 1-3 Tahun. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 7(1), 80-88.

Chaizuran, M. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Speech Delay Pada Anak Usia Dini Di Paud It Khairul Ummah. Darussalam Indonesian Journal fo Nursing and Midwifery, 5(1), 42-52.

Raro, M. K. D. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Speech Delay Pada Anak. Health Sciences Journal, 7(2), 147-156.

Sulistyana, A., Pramono, J. S., & Suryani, H. (2024). Hubungan Pengetahuan Ibu dengan Deteksi Keterlambatan Bicara (Speech delay) pada Balita 1-3 Tahun. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 7(1), 80-88.

Rullyanti, M., Sembiring, L., Putra, D., Indriani, M., & Monike, R. (2022). Sosialisasi Speech Delay bagi Anak Balita di Posyandu Hibrida Ujung Kota Bengkulu. Jurnal Kewirausahaan & Bisnis, 4(1), 1-6

Suryawan, et al. "Karakteristik dasar anak dengan speech delay di poli tumbuh kembang rsud dr. soetomo surabaya pada periode januari 2017 hingga desember 2017." Care: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan 9.1 (2021): 104-13.

Muslimat, A. F., Lukman, L., & Hadrawi, M. (2020). Faktor dan dampak keterlambatan berbicara (speech delay) terhadap perilaku anak studi kasus anak usia 3-5 tahun: Kajian psikolinguistik. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 1-10

Yuniari, N. M., & Juliari, I. G. A. I. T. (2020). Strategi Terapis wicara yang dapat diterapkan oleh orang tua Penderita keterlambatan berbicara (Speech Delay). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 564-570.


Keywords  :  
Keywords: Keterlambatan Berbicara, Anak Balita, Faktor Resiko
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-21
How to Cite  :  
Issue  :