MENUJU ERA DIGITAL: TANTANGAN REGULASI BAGI PENGGUNAAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM INDUSTRI PERBANKAN

Fatika Redita ( Universitas Sebelas Maret )

Abstract

Artificial Intelligence (AI) menjadi topik yang hangat dibicarakan karena kemajuan teknologi. Era ini ditandai oleh perkembangan teknologi yang dinamis dan terus menerus, menjadikannya tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Transformasi teknologi mempengaruhi semua aspek masyarakat, termasuk sektor perbankan yang merupakan salah satu pilar pembangunan nasional. Sebagai elemen kunci dalam ekonomi, sektor perbankan terus mengalami pembaharuan dengan memanfaatkan teknologi, seperti AI, blockchain, dan big data. Perbankan digital adalah salah satu bukti nyata dari transformasi ini. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur yang bersumber pada jurnal, artikel, dan dokumen-dokumen penunjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan bahan primer sebagai kajian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan dan pemanfaatan artificial intelligence khususnya pada sektor perbankan diperlukan adanya payung hukum yang spesifik agar penggunaannya dapat dilakukan secara bertanggung jawab dan menciptakan ekosistem yang mendukung pengembangan teknologi AI.

Kata kunci : Artificial Intelligence, Regulasi, Layanan, Perbankan.

References

Darwin, D., Afifah, A. S., & Prajati, G. (2023). Kultivasi Mikroalga Chlorella dengan Media Air Limbah (Studi Literatur untuk Produksi Biomassa dan Pengolahan Air Limbah). Jurnal Serambi Engineering, 8(1).

Mikalef, P., & Gupta, M, Artificial intelligence capability: Conceptualization, measurement calibration, and empirical study on its impact on organizational creativity and firm performance, Information and Management, Volume 8, No.3, 2021

Bagana, B. D., Irsad, M., & Santoso, I. H. (2021). Artificial Intelligence as a Human Substitution? Customer's Perception of the Conversational User Interface in Banking Industry Based on Utaut Concept.Review of Management and Entrepreneurship, 5(1), 33-44.

Fikry, M, Decision Support System (DSS) Determining Credit Customer Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Edik Informatika, Volume 1, No.1, 2017


Keywords  :  
Keywords: Artificial Intelligence, Regulasi, Layanan, Perbankan
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-21
How to Cite  :  
Issue  :