ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP ABK YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH UMUM

adillah Adillah ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Serawati Serawati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Opi Andriani ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Yelvia Prahagia ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstract

This article aims to analyze public perceptions of ABK who attend public schools. This research uses a qualitative descriptive research method. Data collection techniques include: observation, interviews included in the questionnaire data, and documentation. The research subjects or informants are the surrounding community. The results of the research show that the public's perception of children with special needs (ABK) who attend public schools is that parents' (community) attention to children with special needs is 60%, parents' (community) understanding of children with special needs is 87% and the importance of service quality according to parents (community) towards children with special needs is 93%. In accordance with Law Number 20 of 2003, CHAPTER IV article (5) paragraph (1), that every citizen has the same right to obtain quality education.

References

Afiyah, dan Ardhia Rizeki (2018). Penanganan Pembelajaran Pada Anak Berkebutuhan Khusus Terutama pada Tunadksa di MI Nurul Huda Sedati. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Fitriani.(2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pada Siswa Tuna Wicara di Sekolah Luar Biasa Negeri Sekayu. Palembang

Hanifah.(2021). Tantangan Anak Berkebutuhan Kusus dalam Menjalani Pendidikan Inklusi di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal JPPM. 2.

Herawati. (2021). Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Kusus. Jurnal EduHumaniora

Luthfi, dan Asma. (2019). Persepsi Masyarakat Sekarang Tentang Konservasi Lingkungan. Jurnal Komunitas, Vol. 3 No. 1: 29-39.

Maisarah. (2018). Anak Berkebutuhan Khusus dan Permasalahannya. Jurnal Al-Ijtimaiyyah

Mirnawati.(2020). Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Yogyakarta: Depublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama)

Nofiaturrahmah, dan Fifi. (2018). . Jurnal Quality.

Pratika, Tiwi Wira.(2019). Asesmen Siswa Berkebutuhan Khusus di SD Inklusi: Studi Deskriptif. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Rusmono.(2020).Sekolah Luar Biasa Anak Berkebutuhan Khusus , Bekasi.

Sastradiharja.(2020).Pendidikan Inklusi,Jakarta: Rineka Cipta.

Setyabudi A. (2018) Hubungan persepsi dan penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa berkebutuhan khusus. Universitas Muhammadiyah Malang

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Jakarta.

Suheri.T.(2018). Peran keluarga dan lingkungan dalam memberdayakan anak berkebutuhan khusus. Jurnal Universitas Muhammadiyah Semarang.


Keywords  :  
Keywords: children, community, perception anak, masyarakat, persepsi
Galleys  :  
Published  :  
2023-10-06
How to Cite  :  
Adillah, adillah, Serawati, S., Andriani, O., & Prahagia, Y. (2023). ANALISIS PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP ABK YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH UMUM. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(1), 81–87. https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1764
Issue  :