HAK HAK YANG DIPEROLEH PADA ANAK PENGIDAP AUTISME DI SEKOLAH DASAR UMUM DI KABUPATEN BUNGO

Salimatunnisa Salimatunnisa ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Nur Shiddiq ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Opi Andriani ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Ratih Juwita Novalia ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hak-hak yang diperoleh oleh anak-anak pengidap Autisme di Sekolah Dasar Umum di Kabupaten Bungo. Autisme merupakan gangguan perkembangan yang mempengaruhi interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku individu. Meskipun anak-anak dengan autisme memiliki hak-hak yang perlu diakui dan dipenuhi dalam lingkungan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam dan observasi sebagai metode pengumpulan data.Peneliian ini dilakukan pada siswa kelas 6 pengidap autisme di Sekolah Dasar di Muara Bungo yang berjumlah 2 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak-anak pengidap Autisme di Sekolah Dasar Umum di Kabupaten Bungo memiliki hak-hak yang perlu diakui dan dipenuhi, seperti; pendidikan inklusif, dukungan khusus, partisipasi, perlindungan, dan pengembangan penuh adalah hak-hak yang penting bagi anak-anak dengan Autisme.

Referensi

Aka, K. A. (2016, 2). Model Quantum Teaching Dengan Pendekatan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Jurnal Pedagogia, 35.

Nurfadhillah, S., Syariah, E. N., Mahromiyati, M., Nurkamilah, S., Anggestin, T., Humayah Manjaya, A. R., & Nasrullah. (2021). Analisis karakter Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusi SDN Cipondoh 3 Kota. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 460.

Perbup. (2012). Peraturan Daerah Kabupaten Bungo. Muara Bungo.

Pergub. (2022). Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Provinsi Jambi.

PPK-LK, D. (2011). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahayu, S. M. (2014). Deteksi dan Intervensi Dini Pada Anak Autis. Jurnal Pendidikan Anak, 420.

Simanjuntak, Y. N. (2008). Hak Anak Berkebutuhan Khusus dalam Pendidikan Inklusi. Pendidikan Untuk Semua.


Keywords  :  
Kata Kunci: Autism, Rights, Public Elementary School, Inclusive Education Autisme, Hak-hak, Sekolah Dasar Umum, Pendidikan Inklusi
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-06
Cara Mengutip  :  
Salimatunnisa, S., Shiddiq, N., Andriani, O., & Novalia, R. J. (2023). HAK HAK YANG DIPEROLEH PADA ANAK PENGIDAP AUTISME DI SEKOLAH DASAR UMUM DI KABUPATEN BUNGO. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 2(1), 76–80. https://doi.org/10.52060/jpvs.v2i1.1763
Terbitan  :