PROFIL PEDAGANG MAKANAN KAKI LIMA KABUPATEN BUNGO UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN PARIWISATA KABUPATEN BUNGO

Authors

  • Ratih Juwita Novalia Universitas Muhammadiyah Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.52060/jpvs.v1i2.1188

Keywords:

pedagang kaki lima, makanan, pariwisata

Abstract

Banyaknya pedagang makanan kaki lima yang ada di Kabupaten menjadi salah satu potensi pengembangan pariwisata kuliner di Kabupaten Bungo. Dengan adanya pedagang makanan kaki lima di Kabupaten Bungo dapat dijadikan sebagai daya tarik untuk menarik wisatawan pecinta kuliner. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui profil, kenanekaragaman, jenis makanan yang dijual, serta sarana berdagang yang ada di pedagang makanan kaki lima di Kabupaten Bungo dalam mendukung pengembangan pariwisata kuliner Kabupaten Bungo. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Lokasi dari penelitian ini adalah pedagang makanan kaki lima di Kota Muara Bungo tepatnya di Taman Pusparagam (lapangan smagor) yang mana ditempat ini banyak terdapat pedagang makanan kaki lima. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tabulasi tunggal. Data yang disajikan berupa gambaran tentang profil pedagang makanan kaki lima kemudian dideskripsikan profil, keanekaragaman, jenis makanan yang dijual, serta sarana berdagang yang di pakai oleh pedagang makanan kaki lima Kabupaten Bungo untuk menunjang pengembangan wisata kulier di Kabupaten Bungo.

References

Abdillah, Y. 2017. Inovasi dan Pengembangan Produk Ukm Handikraf Untuk Pasar Pariwisata di Bali. Skripsi. Malang: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. (Online), (http://ejournalfia.ub.ac.id/index.php/profit/article/viewFile/637/905), diakses 12 September 2017.

Alamsyah, Y. 2006. Warisan Kuliner Nusantara Kue Basah dan Jajan Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Christian, H. 2010. Photo Book Kehidupan Kuliner Malam Cibadak Bandung. Skripsi. Bandung: Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Maranatha. (Online), (http://repository.maranatha.edu/11211/3/0664043_Chapter1.pdf), diakses 5 September 2017.

Darojati, F. 2014. Strategi Penghidupan Pedagang Kaki Lima Di Kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada. (Online), (http://etd.repository.ugm.ac.id/index. php?mod=download&sub=DownloadFile&act=view&typ=html&id=67815&ftyp=po), diakses pada 17 September 2017.

Fellows, P. & Hilmi, M. 2011. Selling Street and Snack Foods. Roma: FAO. (Online), (http://www.fao.org/docrep/015/i2474e/12474e00.pdf), diakses 6 Maret 2017.

Food and Agriculture Organization of the United Nations. 2007. School Children and Street Food. (Online), (http://www.fao.org/AG/magazine/0702sp1.htm), diakses 6 Maret 2017.

Halo Malang. 27 Februari 2014. Malang Nominasi Kota Kreatif Unesco Bidang Tata Boga. (Online), (http://halomalang.com/news/malang-nominasi-kota-kreatif-unesco-bidang-tata-boga), diakses 7 Maret 2017.

Khairiyah, E, L. 2016. Pola Makan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2016. Skripsi. Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Syarif Hidayatullah (Online), (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/34273/1/EVI%20LUTHFIAH%20KHAIRIYAH-FKIK.pdf), diakses 23 September 2017.

Kompas. 9Oktober 2010. Pariwisata Indonesia Jauh Ketinggalan. (Online), (http://nasional.kompas.com/read/2010/10/19/21091083/pariwisata.indonesia.jauh.ketinggalan.), diakses 7 Septeber 2017.

Kota Malang Dalam Angka. 2016. Badan Pusat Statistik Kota Malang. (Online), (http://malangkota.go.id/wpcontent/plugins/pdfviewer/stable/web/viewer.html?file=http://malangkota.go.id/wp-content/uploads/2017/06/Kota-Malang-Dalam-Angka-2016.pdf), diakses 12 September 2017.

Laporan Kinerja Kementerian Pariwisata Tahun 2014. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. (Online), (http://www.kemenpar.go.id/userfiles/file/ LAPORAN%20KINERJA%20KEMENTERIAN%20PARIWISATA%20TAHUN%202014%20v4.pdf), diakses 15 Desember 2016.

Lazuardi, M. & Triady, M, S. 2015. Ekonomi Kreatif Rencana Pengembangan Kuliner Nasional 2015-2019. Jakarta: PT Republik Solusi.

Lestari, D. 2017. Strategi Pemenuhan Kebutuhan Hidup Keluarga Sopir Angkutan Barang(Studi Pada Sopir Angkutan Barang PT. Sekarsindo Sejahtera Harapan Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan). Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/26163/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf), diakses 11 September 2017

Liputan 6. 31 Maret 2016. Malang akan Jadi Kota Kreatif Dunia. (Online), (http://regional.liputan6.com/read/2471040/malang-akan-jadi-kota-kreatif-dunia), diakses 7 Maret 2017.

Marras, dkk. 2015. Street Food Culture, Economy, Health, and Govermence. New York: Routledge 2 Park Square. (Online), (https://www.routledge.com/ Street-Food-Culture-economy-health-and-governance/Cardoso-Companion -Marras/p/ book/9781138023680), diakses 9 Maret 2017.

Martina, S. & Adimulya, R. P. 2013. Strategi Inovasi Produk Wisata Dalam Upaya Meningkatkan Minat Berkunjung Wisatawan Ke Grama Tirta Jatiluhur Purwakarta.Junal Khasanah Ilmu Vol. 4. (Online), (http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khasanah/article/viewFile/509/402), diakses 2 Oktober 2017.

Mia. 2008. Aneka Jajanan Pasar. (Online), (www.banjarmasinpost.co.id), diakses 07 September 2017.

Sunyoto, U. 2006. Malioboro. Yogyakarta: PT Mitra Tata Persada Dan Bappeda Kota Yogyakarta

Soenardi, T. & Tim Yayasan Gizi Kuliner Indonesia. 2013. Teori Dasar Kuliner: Teori Dasar untuk Siswa, Peminat, dan Calon Profesional. Jakarta: Gramedia.

Trigartiansyah, R. & Mulyadi, H. 2012. Pengembangan Produk Wisata Dengan Menggunakan Teknik Tourism Opportunity Spectrum Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Cukang Taneuh/Green Canyon Kabupaten Ciamis). Jurnal Tourism and Hospitality Essentials, Vol.II. (Online), (http://ejournal.upi.edu/index.php/thejournal/article/download/1933/1318), diakses pada 6 September 2017.

Published

2023-05-09

How to Cite

Novalia, R. J. (2023). PROFIL PEDAGANG MAKANAN KAKI LIMA KABUPATEN BUNGO UNTUK MENDUKUNG PENGEMBANGAN PARIWISATA KABUPATEN BUNGO. Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni, 1(2), 97–107. https://doi.org/10.52060/jpvs.v1i2.1188