PENERAPAN PEMBELAJARAN KALIGRAFI PADA PEMBELAJARAN NONFORMAL KAMPUNG PASALAKAN

Aprilianti Dwi Purwani ( IAIN Syekh Nurjati Cirebon )
Darwan Darwan ( IAIN Syekh Nurjati Cirebon )

Abstract

Pendidikan nonformal merupakan salah satu system pendidikan yang ada di Indonesia. Dari segi materi, dalam pendidikan formal maupun nonformal sama namun yang membedakannya adalah dari kurikulum, cara penyampaian, proses dan waktu pembelajaran. Dari banyaknya materi yang diajarkan dalam pendidikan nonformal sebagai respon dari kurangnya waktu belajar agama anak-anak Kampung Pasalakan, kaligrafi menjadi salah satu materi yang diajarkan dan diterima dengan baik oleh anak-anak disana. Metode yang digunakan dalam mengimplementasikan kegiatan ini adalah observasi, sosialisasi, pelaksanaan secara partisipatif dan evaluasi formatif. Pembelajaran ini dilakukan sebanyak 3 kali di bulan Juli dan 1 kali di bulan Agustus 2022. Melalui pembelajaran ini, anak-anak dapat mengenal kaligrafi dan dapat membuatnya sendiri meskipun dalam bentuk yang sederhana.


Keywords  :  
Keywords: Kaligrafi, Pendidikan Non Formal Calligraphy, Non-Formal Education
Galleys  :  
Published  :  
2022-09-22
How to Cite  :  
Purwani, A. D., & Darwan, D. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN KALIGRAFI PADA PEMBELAJARAN NONFORMAL KAMPUNG PASALAKAN. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 98–102. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.855
Issue  :