PENERAPAN PEMBELAJARAN KALIGRAFI PADA PEMBELAJARAN NONFORMAL KAMPUNG PASALAKAN
Abstract
Pendidikan nonformal merupakan salah satu system pendidikan yang ada di Indonesia. Dari segi materi, dalam pendidikan formal maupun nonformal sama namun yang membedakannya adalah dari kurikulum, cara penyampaian, proses dan waktu pembelajaran. Dari banyaknya materi yang diajarkan dalam pendidikan nonformal sebagai respon dari kurangnya waktu belajar agama anak-anak Kampung Pasalakan, kaligrafi menjadi salah satu materi yang diajarkan dan diterima dengan baik oleh anak-anak disana. Metode yang digunakan dalam mengimplementasikan kegiatan ini adalah observasi, sosialisasi, pelaksanaan secara partisipatif dan evaluasi formatif. Pembelajaran ini dilakukan sebanyak 3 kali di bulan Juli dan 1 kali di bulan Agustus 2022. Melalui pembelajaran ini, anak-anak dapat mengenal kaligrafi dan dapat membuatnya sendiri meskipun dalam bentuk yang sederhana.
References
Ananda, R., & Rafida, T. (2017). Pengantar evaluasi program pendidikan. Perdana Publishing (Vol. 53). Retrieved from https://www.academia.edu/35106986/BUKU_EVALUASI_PEMBELAJARAN_pdf
Hanafi, H.-, Ariesta, O., & Maulana, I. (2020). Pelatihan Seni Kaligrafi Islam Di Pesantren Thawalib Gunuang. Batoboh, 5(2), 113. doi:10.26887/bt.v5i2.1297
Khazanah, U., & Ilma, M. (2021). Pelatihan Seni Kaligrafi Islam dalam Meningkatkan Kreativitas Santri MDTA Ar-Rahman di Desa Ngrogung Ngebel Ponorogo. Jumat Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 2774–6755.
Muslimin. (2021). Komunikasi Islam. Amzah Jakarta.
Mustofa, D. (2020). Pembelajaran Kaligrafi Dasar Untuk Melatih Kemahiran Menulis Bahasa Arab Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Dimar Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 5–24. Retrieved from http://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/42
Thoif, M. (2021). Tinjauan Yuidis Pendidikan Nonformal Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Scopindo Surabaya.