PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMA MELALUI PELATIHAN DESAIN MODUL AJAR KREATIF DENGAN CANVA BERDASARKAN TOPIK PEMBELAJARAN

Septa Cahyani ( Universitas Indo Global Mandiri Palembang, Indonesia )
Agustina ( Universitas Indo Global Mandiri Palembang, Indonesia )
Terttiaavini Terttiaavini ( Universitas Indo Global Mandiri, Indonesia )
Indah Pratiwi Putri ( Universitas Indo Global Mandiri Palembang, Indonesia )

Abstract

Di era digital, integrasi teknologi ke dalam pendidikan sangat penting untuk mendorong pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik. Alat seperti Canva, aplikasi desain grafis, memberi para pendidik kesempatan untuk membuat materi pengajaran yang inovatif. Namun, di SMA Negeri 2 Banyuasin 1, banyak guru belum sepenuhnya memanfaatkan Canva untuk mengembangkan modul pengajaran yang menarik secara visual, sebagian besar karena kurangnya keterampilan desain. Untuk mengatasi hal ini, sebuah inisiatif pengabdian kepada masyarakat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang modul pengajaran yang kreatif melalui program pelatihan desain grafis yang diikuti oleh 28 pendidik. Pendekatan tersebut menggabungkan instruksi teoritis, praktik langsung, dan evaluasi desain peserta. Hasil dari evaluasi tersebut mengungkapkan peningkatan substansial dalam keterampilan desain, dengan skor rata-rata peserta meningkat dari 57,22 menjadi 86,44. Hasil ini menyoroti keberhasilan pelatihan dalam memberdayakan guru untuk menghasilkan materi pengajaran yang lebih efektif dan inovatif, yang pada akhirnya berkontribusi pada peningkatan pengalaman belajar di kelas.

Author Biographies

Agustina, Universitas Indo Global Mandiri Palembang, Indonesia

Teaching at the Information Systems Department of Indo Global Mandiri University

Terttiaavini Terttiaavini, Universitas Indo Global Mandiri, Indonesia

Teaching at the Masters of Computer Science Department, Indo Global Mandiri University

Indah Pratiwi Putri, Universitas Indo Global Mandiri Palembang, Indonesia

Teaching at the Information Systems Department of Indo Global Mandiri University

References

Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.31599/mwdwxy87

Alia, P. A., Prayogo, J. S., Kriswibowo, R., Setyawan, A. budi, & Febriana, R. W. (2024). Pengembangan Keterampilan Desain Interaktif Dan Serbaguna Dalam Era Society 5.0 Dengan Menggunakan Canva. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(3), 977–982. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i3.864

Andriyanto, O. D., Hardika, M., & Sukarman, S. (2022). Canva as a Media for Exploration of Indonesian Tourism Knowledge in BIPA Learning . Proceedings of the International Joint Conference on Arts and Humanities 2021 (IJCAH 2021), 618(Ijcah), 190–194. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211223.034

Azis, T. N. (2019). Strategi pembelajaran era digital. Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019), 1(2), 308–318.

Christiana, E., & Anwar, K. (2021). The Perception of Using Technology Canva Application as a Media for English Teacher Creating Media Virtual Teaching and English Learning in Loei Thailand. Journal of English Teaching, Literature, and Applied Linguistics, 5(1), 62. https://doi.org/10.30587/jetlal.v5i1.2253

Fitria, T. N. (2022). Using Canva As Media for English Language Teaching (Elt) in Developing Creativity for Informatics Students’. ELT Echo : The Journal of English Language Teaching in Foreign Language Context, 7(1), 58. https://doi.org/10.24235/eltecho.v7i1.10789

Hake. (1999). Analyzingcharge Gain scores. America Educational Research Association’s Division, Measurrement and Research Methodology.

Heryati, A., & Dhamayanti, D. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Microsoft Power Point Dan Pelatihan Internet Untuk Menghadapi Kurikulum K-13 Di Smpn 20 Palembang. Jurnal Abdimas Mandiri, 3(1), 36–42. https://doi.org/10.36982/jam.v3i1.763

Komalasari, Y., Nugraha, M. ., Danim, S., & Razak, A. Z. . (2024). Implementation Of Stem Learning With A Scientific Approach To Improving Critical, Creative Thinking, And Learning Outcomes. 13(2), 182–194. https://doi.org/10.15294/nkwfa914

Miftahul Jannah, F. N., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan Aplikasi Canva dalam Media Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.72716

Ngoc, N. T. B., & Huyen, P. K. (2023). Using Canva Platform In Designing English Lessons To Increase Students Learning Motivation. International Journal of Scientific and Research Publications, 13(4), 158–162. https://doi.org/10.29322/IJSRP.13.04.2023.p13623

Nukmatus syahria, Rahayu, E. Y., & Pandanwangi, A. A. (2024). Pelatihan Pembuatan Media Ajar Menggunakan Canva Bagi Guru-Guru SMA/SMK Se-Bangkalan Madura. Pancasona, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.36456/pancasona.v3i1.8627

Putra, F. P., Ariana, R. D., Masruhim, M. A., & Najmiah, S. (2024). Penggunaan Media Interaktif Canva dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas VII SMP Negeri 4 Samarinda. Jurnal Inovasi Refleksi Profesi Guru, 1(1), 21–27. https://doi.org/10.30872/jirpg.v1i1.3322

Rachman, A., Yochanan, Samanlangi, A. I., & Purnomo, H. (2024). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. In Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu (Issue Januari).

Rustin Cuit, G. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Interaktif dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. SHEs: Conference Series, 5(5), 1488–1494. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Sampoerna, S. T., Rahardja, U., Mardiana, Devana, V. T., & Santoso, N. P. L. (2022). Pelatihan Inovasi Media Pembelajaran iLearning 2.0 Sebagai Pengabdian Masyarakat Terhadap Pendidikan Tinggi. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 46–55.https://doi.org/10.34306/adimas.v2i2.567

Siringoringo, R. G., & Alfaridzi, M. Y. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 66–76. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.854

Syahrir, A. P., Zahirah, S. P., & Salamah, U. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Desain Grafis Canva dalam Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 1 Taman. Prosiding Seminar Nasional, 1, 732–742.

Terttiaavini, T., & Saputra, T. S. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Etika Berdigital Bagi Pelajar Di Kota Palembang. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2155. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8203

Vargas, I. M., Cabrera, C. I. G., Cortez, C. A. A., Apaza, I. M. A., & Reátegui, M. D. (2022). The canva platform and meaningful learning in regular basic education. International Journal of Health Sciences, 6(June), 643–658. https://doi.org/10.53730/ijhs.v6nS7.11213

Wiyoko, T., Helida Pitra, D., & Aryana, F. R. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru SD Negeri 123/II Tebat Pelepat dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 136–142. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1853


Keywords  :  
Keywords: In House Training, Teaching Module Design, Canva, Digital Education; Pelatihan Guru, Desain Modul Ajar, Canva, Pendidikan Digital
Galleys  :  
Published  :  
2025-03-05
How to Cite  :  
Septa Cahyani, Agustina, Terttiaavini, T., & Pratiwi Putri, I. (2025). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU SMA MELALUI PELATIHAN DESAIN MODUL AJAR KREATIF DENGAN CANVA BERDASARKAN TOPIK PEMBELAJARAN . Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(1), 124–132. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i1.2808
Issue  :