MENINGKATKAN LITERASI SISWA DENGAN POJOK BACA DAN BRANDING SEKOLAH SDN SORONALAN 2

Hijrah Eko Putro ( Universitas Muhammadiyah Magelang )
Indiati Indiati ( Universitas Muhammadiyah Magelang )
Ayu Intan Aprilia ( Universitas Muhammadiyah Magelang )
Galuh Ratna Kusumaningrum ( Universitas Muhammadiyah Magelang )
Nidha Ghaida Shalekha ( Universitas Muhammadiyah Magelang )
Ardia Febrianasari ( Universitas Muhammadiyah Magelang )
Ines Dida Angelina ( Universitas Muhammadiyah Magelang )

Abstract

Dusun Pending merupakan salah satu dusun yang terletak di Desa Soronalan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang. Di dusun Pending ini terdapat sekolah dasar yaitu SD Negeri Soronalan 2 yang merupakan salah satu sekolah dengan jumlah siswa yang belum mencapai standar. Minat literasi pada sekolah ini juga masih tergolong rendah dan harus diperhatikan. Dari beberapa permasalahan tersebut maka kami memilih SD Negeri Soronalan 2 ini untuk melaksanakan kolaborasi dan untuk menerapkan ilmu yang kami punya dengan mengembangkan Pojok Baca Ramah Siswa dan Peningkatan Branding Sekolah yang mana dapat meningkatkan minat literasi siswa dan jumlah siswa disekolah ini. Meningkatkan minat literasi siswa juga menjadi tantangan penting mengingat literasi memiliki peran strategis dalam pengembangan potensi peserta didik.Hasil pelaksanaan PPMT mencakup pengembangan pojok baca dengan penambahan buku bacaan, pembuatan pamflet kata-kata motivasi, dan kolaborasi pembuatan pamflet penerimaan peserta didik baru (PPDB). Kegiatan pengabdian ini memiliki fokus utama pada peningkatan branding sekolah dan minat literasi siswa. Melalui pengembangan Pojok Baca Ramah Siswa dan strategi branding sekolah, tim pengabdian dari Universitas Muhammadiyah Magelang berusaha mengatasi permasalahan kurangnya minat siswa dan fasilitas yang kurang memadai.

References

dalam meningkatkan Kepercayaan Masyarakat di Indonesia. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6, 3568–3576.

Joko Susilo Mohamad. (2022). Strategi Branding Sekolah Dalam Meningkatkan Animo Siswa Dan Awareness Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa, 12, 1–6.

Ramadhani Kurniawan, A. P. (2023). Manfaat Literasi Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. JPBB : Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 2(1), 184–195.

Teguh, M. (2013). Gerakan literasi sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional 15 Maret 2017, 18–26.

Wiyoko, T., Saputra, Y. I., Aprizan, A., & Ridoh, A. (2022). Pendampingan Orang Tua dalam Penggunaan Literasi Media Belajar Anak Sekolah Dasar di Sungai Kapas. Warta LPM, 25(2), 134–142. https://doi.org/10.23917/warta.v25i2.639


Keywords  :  
Keywords: Literasi, Branding, Pojok Baca Literacy, Branding, Corner Read
Galleys  :  
Published  :  
2024-03-06
How to Cite  :  
Eko Putro, H., Indiati, I., Intan Aprilia, A. ., Kusumaningrum, G. R. ., Ghaida Shalekha, N. ., Febrianasari, A. ., & Angelina, I. D. (2024). MENINGKATKAN LITERASI SISWA DENGAN POJOK BACA DAN BRANDING SEKOLAH SDN SORONALAN 2. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 128–135. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1845
Issue  :