PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DI SMP NEGERI 4 KENDARI

Mawaddah Mawaddah ( Universitas Muhammadiyah Kendari )
Risnajayanti Risnajayanti ( Universitas Muhammadiyah Kendari )
Umi Sulistiana ( Universitas Muhammadiyah Kendari )
Fitriyani Fitriyani ( Universitas Muhammadiyah Kendari )
Indriyanti Indriyanti ( Universitas Muhammadiyah Kendari )

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan atau memilih media pembelajaran yang efektif, inovatif, dan menyenangkan. Program pengabdian masyarakat ini meliputi guru dan siswa agar termotivasi dalam pembelajaran. Pembelajaran berbasis canva digunakan untuk membuat tampilan presentation, video, poster, dan lain-lain. Aplikasi ini digunakan untuk menyediakan template desain yang mudah untuk diaplikasikan sesuai kebutuhan guru dan peserta didik.Untuk itu perlu membuat inovasi dalam pembelajaran dengan menggunakan media berbasis digital berupa Canva dalam pembelajaran. Canva merupakan program desain online yang banyak digunakan baik di dunia pendidikan maupun non pendidikan. Manfaat canva dapat menyediakan banyaknya fitur dan template yang menarik dan mudah digunakan. Evaluasi yang dilakukan untuk mengevaluasi pengetahuan serta keterampilan terkait pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis canva setelah program pengabdian masyarakat dilaksanakan. Hasil evaluasi, untuk memahami efektivitas  serta berdampak pada pengembangan program yang lebih baik dalam menggunakan media pembelajaran berbasis digital. Pengabdian masyarakat ini memberikan manfaat bagi guru dan peserta didik dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dapat menerapkan media pembelajaran dengan menyesuaikan perkembangan teknologi. Dengan menerapkan media pembelajaran berbasis canva, dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan guru dalam membuat pembelajaran visual dan komunikasi menjadi mudah dan menyenangkan.

References

Alwi, Said. (2017). Problematika Guru Dalam Pengembangkan Media Pembelajaran. Journal prima edukasia. 8 (2):145-167

Irsan, I., G, A. L. N., Pertiwi, A., & R, F. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Inovatif Menggunakan Canva. Jurnal Abdidas, 2(6), 1412–1417. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.498

Rusdiana, R. Y., Putri, W. K., & Sari, V. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 209–213.

Singh, P. K. P., & Hashim, H. (2020). Using Jazz Chants to Increase Vocabulary Power among ESL Young Learners. Creative Education, 11(03), 262–274. https://doi.org/10.4236/ce.2020.113020

Sunarti, S. (2022). Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva Pada Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kabupaten Muba. Jurnal Perspektif, 15(1), 96–105. https://doi.org/10.53746/perspektif.v15i1.71

Rahmatullah, Inanna, Andi tenri Ampa. 2020. Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha. Volume 12 no. 2: 317-327.

Mujahidin, Firdos. 2017. Strategi Mengelola Pembelajaran Bermutu. Bandung: Remaja Rosdakarya

Muhammad Dedi irawan, dkk (2018) implementasi E-arsip pada program studi teknik informatika. (jurnal teknologi informasi) vol.2, no.1. juni 2018

Ningrum, Rahma. F (2014) Implementasi Logika Fuzzy Dalam Penentuan Pola Penggunaan Energi Listrik Pada Suatu Gedung Berdasarkan Hasil Audit Energi. Journal teknik. Vol 3 No 1, Agustus 2014

Zisca, P. D., Denik Wirawati, Zultiyanti. 2020. Desain Pembelajaran Berbasis Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Muhammadiyah se-Gunungkidul. Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat. November. 237-244


Keywords  :  
Galleys  :  
Published  :  
2024-03-01
How to Cite  :  
Mawaddah, M., Risnajayanti, R., Sulistiana, U. ., Fitriyani, F., & Indriyanti, I. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA DI SMP NEGERI 4 KENDARI. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 50–54. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1806
Issue  :