BATOKU JAMBI: PEMANFAATAN BATOK KELAPA SEBAGAI SENI KRIYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL RAMAH LINGKUNGAN DI ERA MODERN

RD. Azi Kusuma Wijaya Kusuma Wijaya ( Universitas Jambi )
Natata Julian ( Universitas Jambi )
Fauzi Nugraha ( Universitas Jambi )
Shevi Nurbaeti ( Universitas Jambi )
Fitri Yani ( Universitas Jambi )
Nurida Isnaeni ( Universitas Jambi )

Abstract

Provinsi Jambi merupakan salah satu penghasil produksi kelapa yang cukup besar yaitu sebesar 48 % pada tahun 2021. Karena produksinya yang besar sehingga limbah yang dihasilkan pun melimpah. Limbah yang kotor dan bertumpukan membuat lingkungan menjadi kotor dan tidak sehat. Melihat  permasalahan tersebut kami para mahasiswa melaui Program Mahasiswa Wirausaha berinisiatif untuk memanfaatkan limbah batok kelapa agar dapat dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan tangan yang bernilai jual dan nilai seni tinggi. Olahan kerajinan  tangan dari batok kelapa tersebut diberi nama BATOKU Jambi dengan kerajinan yang dihasilkan yaitu berupa gantungan kunci, kalung, cincin, dan hiasan meja yang memiliki ciri khas dengan mengangkat kearifan lokal daerah Jambi yaitu Tugu Keris Siginjai dan Angso Duo. Dengan adanya pemanfaatan limbah batok kelapa menjadi usaha ini diharapkan bisa memberikan manfaat baik bagi masyarakat, mahasiswa maupun pembaca.

References

Arfadiani, D. (2015). Pemanfaatan Limbah Tempurung Kelapa Muda Melalui Pengembangan Desain Produk Alat Makan. Jurnal Tingkat Sarjana Senirupa Dan Desain, 1(1), 1–8.

Hermita, R. (2020). Memanfaatkan Limbah Batok Kelapa Menjadi Berbagai Macam Bentuk Kerajinan. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 4(2), 93.

Patriansah, Mukhsin, dan Nando Ramadhon. 2023. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produk Kerajinan Batok Kelapa Di Desa Berlian Makmur Kabupaten Musi Banyuasin.” 8(November):117–30.

Yuwana, L. dkk (2022). Peningkatan Kualitas dan Kuantitas Olahan Rumput Laut Cottonii Pada UKM Kelompok Tari Mangrove Wonorejo Rungkut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG. 7(1), 40.

Zamzami, Z., & Hastuti, D. (2018). Determinan penerimaan daerah dan pertumbuhan ekonomi terhadap pengembangan ekonomi kreatif di Provinsi Jambi. Jurnal Paradigma Ekonomika, 13(1), 37–45.


Keywords  :  
Galleys  :  
Published  :  
2024-03-01
How to Cite  :  
Kusuma Wijaya, R. A. K. W., Julian, N. ., Nugraha, F. ., Nurbaeti, S. ., Yani, F., & Isnaeni, N. . (2024). BATOKU JAMBI: PEMANFAATAN BATOK KELAPA SEBAGAI SENI KRIYA BERBASIS KEARIFAN LOKAL RAMAH LINGKUNGAN DI ERA MODERN. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 7–11. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1692
Issue  :