OPTIMALISASI RUANG MEMBACA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA

Lady Agustina ( Universitas Muhammadiyah Jember )
Eka Nova Ali Vardani ( Universitas Muhammadiyah Jember )
Ilanka Cahya Dewi ( Universitas Muhammadiyah Jember )

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini adalah bagaimana optimalisasi ruang membaca di MI AL Kawtsar Panti Jember dalam rangka meningkatkan kemampuan literasi dari para siswa. Ruang membaca ini adalah ruang perpustakaan dengan tujuan para siswa saat memasuki ruang perpustakaan akan lebih tertarik dengan bagaimana penataan buku, jenis buku-buku yang menarik selain buku pelajaran dan suasana yang nyaman sehingga kemampuan literasi mereka akan lebih meningkat. Sasaran dari ruang membaca ini adalah semua siswa dari kelas satu sampai kelas enam. Pengabdian ini dilaksanakan didasari oleh keluhan para guru yang mengajar disana dikarenakan para siswanya banyak yang tidak tuntas saat di adakannya ulangan harian karena daya ingin membaca siswa kurang sehingga tidak bisa mengingat-ingat pelajaran yang sudah disampaikan gurunya. Padahal untuk buku pelajaran pegangan siswa itu sudah ada. Ruang membaca ini tidak hanya dikhususkan untuk pelajaran umum di kelas tetapi juga bacaan-bacaan yang mengandung hiburan misalnya buku cerita dan yang lainnya sehingga siswa bisa tertarik dalam kegiatan literasinya. Hasil dari pengabdian ini adalah siswa mulai bersemangat mengunjungi perpustakaan meskipun ada jadwal tertentu setiap kelasnya. Adanya buku-buku baru dan suasana yang nyaman menambah semangat siswa, sehingga tujuan untuk meningkatkan literasi dapat tercapai.

References

Erol, H.2021. A Review of Social Studies Course Books Regarding Digital Literacy and Media Literacy. International Journal of Higher Education, 10(5). 101-111

Hanum, AE. 2021. Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar Melalui Program Membaca Menyenangkan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidik. 9(5). 1104-1111

Hurlock. 2012. Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta : Erlangga

Hermawan, R; Rumaf, N; Solehun. 2020. Pengaruh Literasi terhadap Ketrampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda. 2(1). 56-63

Howel, E; Barlow, W; Dyches, J. 2021. Disiplinary Literacy: Successes and Challenges of Professional Development. Journal of Languange & Literacy Education. 17(1). 1-26

Kabuto, B. 2020. Assesment Literacy: Implications for The Literacy Professional. The Languange and Literacy Spectrum. 30(1). 1-25

Khairuddin, Zurina. 2013. A Study of Student’s Reading Interesting In A Second Languange. International Education Studies. Vol 6(11)

Kurnia, R; Ramdha T; Putra ZH. 2022. Implementation of Early Literacy Activities During Covid-19: A Parents Involvement Analysis. International Journal of Instruction. 15(2). 831- 846

Kusuma, D; Sukestiyarno,YI; Wardono; Cahyono, AN. 2021. Characteristic of Mathematics of Mathematical Literacy Based on Students’ Executive Function. European Journal of Educational Research. 11(1). 193-206

Lamada M, Rahman Ed, Herawati. 2019. Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMK Negeri di Kota Makasar. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Vol 6(1). 35 – 42

Lubis, SSW. 2021. Membangun Budaya Literasi Membaca degan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. Repository UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 127-136

Niklas, F;Tayler, C; Schneider, W. 2015. Home-Based Literacy Activities and Children’s Cognitive Outcomes: A Comparison Between Australia and Germany. International Journal of Educational Research. 7(1). 75-85

Rumaf, N&Wahyuningsih, A. 2020. Penerapan Gaya Literasi Read and Writing Bagi Siswa di SD Labschool STKIP Muhammadiyah Sorong Warmen Kokoda Kabupaten Sorong. Jurnal Abdimas. 3(1). 21-27

Rohman A. 2022. Literasi dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di Era Disrupsi. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia (VENOIA). Vol 2(1). 40 – 47

Santoso, H. 2016. Budaya Literasi dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 12-16


Keywords  :  
Galleys  :  
Published  :  
2024-03-01
How to Cite  :  
Agustina, L., Ali Vardani, E. N., & Dewi, I. C. (2024). OPTIMALISASI RUANG MEMBACA DALAM RANGKA MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 1–6. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1496
Issue  :