MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DAN LITERASI NUMERASI DENGAN GIAT LITERASI BERTEMA GASING

Meiva Marthaulina Lestari Siahaan ( Universitas Timor )
Zulkaidah Nur Ahzan ( Universitas Timor )
Fitriani Fitriani ( Universitas Timor )
Hesni Neno ( Universitas Timor )
Prudensius Manek ( Universitas Timor )
Yuliana Serli Danul ( Universitas Timor )
Rut Tae ( Universitas Timor )

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan atas dasar analisis situasi dan permasalahan yang terjadi di SD Negeri Sasi Kefamenanu Nusa Tenggara Timur. Masalah yang terjadi adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal model AKM yang didalamnya mengukur kemampuan literasi membaca dan kemampuan literasi numerasi. Metode pengabdian ini adalah metode service learning dengan tujuan meningkatkan kemampuan literasi membaca dan literasi numerasi siswa melalui giat literasi bertema GASING serta meningkatkan motivasi siswa dalam belajar melalui giat literasi bertema GASING. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan 1) kemampuan awal siswa dalam mengerjakan soal literasi membaca dan literasi numerasi yang dilihat dari nilai rata-rata persentase sebesar 54,10%, 2) pemberian giat literasi membaca bertema GASING berupa penyediaan alat peraga berupa pohon huruf, puzzle paragraf, pemberian giat literasi numerasi bertema GASING berupa penyediaan alat peraga berupa kartu angka, kartu pola, dan kertas angka, 3) kemampuan siswa dalam mengerjakan soal literasi membaca dan literasi numerasi setelah menerima giat literasi bertema GASING dilihat dari nilai rata-rata presentase sebesar 78.70%, dan 4) memahami materi yang disampaikan melalui giat literasi bertema GASING, tim pengabdi memberikan cara cepat dan mudah dalam menyelesaikan soal literasi, siswa juga antusias ketika tim pengabdi menyampaikan materi, siswa juga merasa tim pengabdi membimbing siswa dalam menyelesaikan soal, siswa juga merasa senang dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan, siswa merasa tertarik dalam kegiatan ini dan bersedia mengikuti kegiatan yang serupa. Hal ini menandakan kegiatan ini bermanfaat bagi siswa dan memotivasi siswa dalam belajar untuk menumbuhkembangkan kemampuan literasi mereka.

Referensi

Andesta, T., & Windrawanto, Y. (2017). Efektivitas Penggunaan Metode Gasing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Seminar Nasional Hardiknas UKSW, 855–862.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (n.d.). Gerakan Literasi Sekolah.

Hake, R. (2002). Lessons From The Physics Education Reform Effort. Ecology and Society, 5(2). https://doi.org/10.5751/es-00286-050228

Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Khotimah, H. (2021). Perkembangan Literasi Matematika Di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman, 1.

Lestari, O. R., & Hardini, A. T. A. (2022). Keefektifan Metode Matematika Gasing Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Perkalian Dua Digit Untuk Siswa Kelas VI SD. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 568–574. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable” in diagnostic pretest scores. American Journal of Physics, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215

Nurhayati, N., Asrin, A., & Dewi, N. K. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Tinggi dalam Penyelesaian Soal Pada Materi Geometri di SDN 1 Teniga. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 723–731. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.678

OECD. (2014). PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do-Student Performance in Mathematics, Reading, and Science. In CrossRef Listing of Deleted DOIs (Vol. 1). Test accounts. https://doi.org/10.1787/9789264201118-en

Pramanik, P. D., Achmadi, M., & Nasution, D. Z. (2021). Media Belajar Inovatif Bagi Siswa Sdn 05 Pesanggrahan Jakarta: PKM Dengan Konsep Service Learning. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi, Dan Perubahan, 1(1), 46–56. https://doi.org/10.59818/jpm

Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan.

Wati, R., Waspodo, M., & Arief, Z. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Cd Interaktif Pada Kemampuan Menulis (Writing Skill) Untuk Materi Describing People, Things, And Historical Places Pada Kelas X di SMK Telekomedika Bogor. Jurnal Edukha, 1(1), 50–65.

Wibowo, A. W., Suryaningrum, G. D., Ristianti, N. A., Agustin, P., & Prasetyaningtyas, P. (2022). Meta-analisis Pengaruh Metode Gasing Pada Pembelajaran Matematika SD dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MAHAGURU: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 142–148.


Keywords  :  
Kata Kunci: literacy activity, reading literacy, numeracy literacy, gasing method giat literasi, literasi membaca, literasi numerasi, gasing
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-02
Cara Mengutip  :  
Siahaan, M. M. L., Ahzan, Z. N., Fitriani, F., Neno, H., Manek, P., Danul, Y. S., & Tae, R. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA DAN LITERASI NUMERASI DENGAN GIAT LITERASI BERTEMA GASING. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(2), 383–391. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i2.1427
Terbitan  :