LEARNINGAPPS UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA: PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU SMA DAN SMP

  • Yeni Ernawati Universitas Bina Darma
  • Andina Muchti Universitas Bina Darma
  • Hastari Mayrita Universitas Bina Darma
  • Ayu Puspita Indah Sari Universitas Bina Darma
  • Yolanda Yolanda Universitas Bina Darma
Keywords: Bahasa Indonesia, Media Pembelajaran, Learningapps, Guru

Abstract

Kegiatan pengabdian ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu dan kompetensi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia sebagai wujud profesionalitas guru. Selain itu, situasi pembelajaran saat ini masih dalam proses adaptasi dari daring ke luring, sehingga guru membutuhkan media pembelajaran yang beragam, serta dapat digunakan dalam proses pembelajaran bauran dan diakses menggunakan smartphone. Kegiatan ini diikuti oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SMA dan SMP di Kabupaten Ogan Ilir. Adapun bentuk kegiatan ini adalah sosialisasi dan pelatihan. Pada kegiatan sosialiasi, guru diberikan informasi dan bentuk pengaplikasian learningapps sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia. Pada kegiatan pelatihan, guru dilatih dan dibimbing secara bertahap untuk membuat media pembelajaran menggunakan learningapps sesuai dengan materi pembelajaran Bahasa Indonesia yang diajarkan. Dari kegiatan ini, ada 24 guru SMP dan SMA yang telah mempublikasi media pembelajaran tentang materi Bahasa Indonesia di https://learningapps.org/. Setelah mengikuti kegiatan ini, guru dapat membuat media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran Bahasa Indonesia dan karakteristik peserta didiknya sehingga tujuan pembelajaran tercapai, serta pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, meningkatkan minat dan motivasi peserta didik terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia.

References

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Fussalam, Y., Wenny J, S., & Daniel, P. (2022). Program “Sitoga” (Sing, Story, And Games): Pelatihan Bahasa Inggris Bagi Guru Tk Desa Senaung Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 7-15. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.822

Hakiki, M., Sabir, A., Putra, Y., Ridoh, A., & Fauziah, F. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Aplikasi Goole Sites Di Smk Negeri 4 Bungo. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 59-64. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.791

Sulwana, Siti. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Bidang Studi PAI di SMKN 1 Rupat Utara, Kecamatan Rupat Utara. Skripsi. Riau: Universitas Islam Riau.

Trisnawati, W., Lestari, R., Habibah, N., Oktavia, D., Balti, L., Kurniawan, R., & Ellbas, C. (2022). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Pada Guru Sma N 18 Tebo. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 30-38. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.836

Undang-Undang (UU) tentang Guru dan Dosen. (30 Desember 2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/40266/uu-no-14-tahun-2005

Wiyoko, T., Putra, R., Hidayat, P., Habibie, Z., & Agrita, T. (2022). Sosialisasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (Pkb) Untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 135-140. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.947

Published
2023-03-01
How to Cite
Ernawati, Y., Muchti, A., Mayrita, H., Indah Sari, A., & Yolanda, Y. (2023). LEARNINGAPPS UNTUK PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA: PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU SMA DAN SMP. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 95-102. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i1.1105