PSIKOEDUKASI MENGENAL GAYA BELAJAR SEBAGAI UPAYA MENGOPTIMALKAN KECERDASAN ANAK
Abstract
Mengembangkan kecerdasan pada anak usia sekolah dasar merupakan upaya yang harus dilakukan guna menyiapkan kesuksesan anak menghadapi masa depan. Adapun upaya yang dapat dilakukan diantaranya membantu anak dalam mengenali kecenderungan gaya belajar yang dimilikinya. Tujuan dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yakni memberikan psikoedukasi tentang gaya belajar yang di miliki oleh setiap individu dan menemukan kecenderungan gaya belajar pada siswa. Metode yang digunakan meliputi: edukasi dalam bentuk penyuluhan dan pengukuran gaya belajar kepada siswa peserta kegiatan yang diperoleh dari alat ukur Visual Auditory Kinesthetic Scale (VAK). Hasil kegiatan yang telah dilaksanakan menunjukkan peningkatan pengetahuan, pemahaman anak terhadap gaya belajar yang dimiliki. Berikutnya hasil pengukuran gaya belajar pada siswa diperoleh gaya belajar visual sejumlah 41 siswa, tipe gaya belajar kinestetik sejumlah 28 siswa dan gaya belajar auditori 17 siswa. Berdasarkan hasil pengukuran disimpulkan gaya belajar visual lebih dominan di miliki siswa hal tersebut mengindikasikan siswa lebih cenderung menyukai dengan cara mengobservasi langsung terhadap objek belajar. Lebih dari pada itu hasil kegiatan ini dapat memberikan rujukan dalam menentukan kelas binaan sesuai dengan ketertarikan siswa sesuai dengan bidang yang diminati.
References
Azis, R. N. A., Oktaviyanti, I., & ... (2022). Gaya Belajar Visual Anak Selama Pandemi Di Kelurahan Purwodadi. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah …, 1(4).
Elya, M. H., Nadiroh, N., & Nurani, Y. (2019). Pengaruh Metode Bercerita dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.326
Fitria, Y. (2020). Deteksi Kesiapan Sekolah : Upaya Menakar Kemampuan Adaptasi Psikososial dengan Kemunculan Stres Akademik Pada Anak di Era Kenormalan Baru. IIatan Psikologis Indonesia, 1(Temilnas Xii).
Nafi’ah, Q. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Untuk Anak Usia Dini Era Pandemi. Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19, September.
Putri, W. (2018). Pendidikan Berbasis Multiple Intelligences. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v5i2.555
Sanjiwani, P. A., Shinta, D., & Fahmida, U. (2020). ASUPAN ZINK DAN TINGKAT KECERDASAN ANAK SEKOLAH DASAR DI KOTA KUPANG, NUSA TENGGARA TIMUR. Media Gizi Mikro Indonesia, 12(1). https://doi.org/10.22435/mgmi.v12i1.1998
Wardhani, D., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2016). Origami Terhadap Kecerdasan Spasial Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5).
Zagoto, M. M., Yarni, N., & Dakhi, O. (2019). PERBEDAAN INDIVIDU DARI GAYA BELAJARNYA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2). https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481