TEACHING FACTORY LEARNING MANAGEMENT IN DEVELOPING ENTREPRENEURIAL SPIRIT IN STUDENTS: THE STUDY OF SMK MUHAMMADIYAH GAMPING YOGYAKARTA

Rian Antony ( Universitas Negeri Yogyakarta )
Adrianus Junaidi Subari ( Universitas Negeri Yogyakarta )
Carolus Borromeus Mulyatno ( Universitas Sanata Dharma )

Abstrak

Pembelajaran teaching factory berperan penting untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan yang merupakan proses pengembangan dan penerapan kreativitas serta inovasi baru guna meningkatkan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran teaching factory dalam mengembangkan jiwa kewirausahaan siswa di SMK Muhammadiyah Gamping. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran teaching factory sudah berjalan dengan baik yang terlihat dari berjalan optimalnya setiap fungsi manajemen. Di sisi lain, diperlukan pengembangan pembelajaran teaching factory yang lebih spesifik agar mampu memberikan gambaran yang lebih nyata bagi setiap peserta didik, terutama dalam mengembangkan jiwa wirausaha. Dengan adanya penelitian ini, gambaran mengenai praktik pelaksanaan pembelajaran teaching factory yang tepat, benar, dan efektif dapat diketahui lebih dalam.

Referensi

Antony, R. (2023). Filsafat pragmatisme dan pengembangan kurikulum. Suara Merdeka Jogja. Retrieved from https://smjogja.com/filsafat-pragmatisme-dan-pengembangan-kurikulum/

Apdoludin., Putra, R.E., Hakiki, M., dan Utama, R.S. (2023). Karakter peserta didik era revolusi 5.0 di Indonesia. JIPTI: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (4) 1: 40-47. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1

Budi C. (2018). Manajemen Pembelajaran. Semarang: Unnes Press.

Christianingrum dan Rosalina E. (2017). Pengaruh pembeelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Integrated Journal of Business and Economic (1)1, 45-54. https://zenodo.org/record/571256#.X8xbPU8xcwA.

Commonwealth Secretariat. (2017). Technical and Vocational Education and Training (TVET) Self-Assessment Workshop. The Commonweath Secretariat.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.

Datanesia. (2022). Kesenjangan Dunia Kerja dengan Pendidikan. Datanesia.Com. Retrieved from https://datanesia.id/kesenjangan-dunia-kerja-dengan-pendidikan/

Direktorat Dirjen Vokasi. (2022). Percepatan proses revitalisai, ditjen pendidikan vokasi ajak semua pihak berkolaborasi. Retrieved from www.vokasi.kemdikbud.go.id/read/b/percepat-xproses-revitalisasi-ditjen-pendidikan-vokasi-ajak-semua-pihak-berkolaborasi

Fattah, F.A., Martono., dan Sawiji, H. (2020). Pembelajaran teaching factory untuk menghasilkan lulusan SMK yang sesuai dengan dunia usaha dan dunia industry. Prosiding SENA 2020 (1) 1: 67-73. 10.47387/sena. v1i1.39

Fricricarani, A., Hayati, A., Ramdani., Hoirunisa, I. dan Rosadalina, G.M. (2023). Strategi pendidikan untuk sukses di era tekonologi 5.0. JIPTI: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (4) 1: 56-68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1

Gronmo, S. (2020). Research Methods: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Hasanah, M. dan N. M. (2018). Teaching factory based for entrepreneurship learning model in vocational higt schools. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 201: 209-2013. 10.2991/aptekindo-18.2018.46

Hasibuan E, & Handayani D. (2021). Pengaruh qualification mismatch terhzdap upah tenaga kerja di Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Pembangunan, 29(1): 1-16 https://doi.org/https://doi.org/10.14203/JEP.29.1.2021

Irwanto. (2021). Link and Macth Pendidikan Kejuruan dengan Dunia Usaha dan Industri di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan, (2)2, 549-562. https://doi.org/10.47492/jip.v2i2.714

Isrososiawan. (2023). Peran kewirausahaan dalam pendidikan. Society. Retrieved from https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/society/article/view/329/798

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Model Pembelajaran Teaching Factory di SMK Meningkat Sebesar Tujuh Persen. Kemdikbud.go.id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/01/model-pembelajaran-teaching-factory-di-smk-meningkat-sebesar-tujuh-persen

Miladiah, S.S., Syaodih, C., dan Permadi, D. (2021). Manajemen pembelajaran teaching factory dalam meningkatkan kompetensi lulusan SMK Negeri 3 dan SMK Negeri 15 di Kota Bandung. PETEKA: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran (4) 3: 441-454. 10.31604/ptk. v4i3.441-454

Miles M.B., Huberman M.A, & Saldana J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. USA: SAGE.

Muhitasari R, & Purnami. A.S. (2018). Manajemen Pembelajaran Teacing Factory dalam mewujudkan jiwa kewirausahaan pada siswa. Media Manajemen Pendidikan, 4(2): 194-202. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i2.8206

Mukhlisin M, Kardoyo, & Yulianto A. (2017). Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dengan Teaching Factory. Journal of Economic Education, 6(1): 36-42

Nahumury, A.P dan Antony, R. (2020). Semi-Online Learning as a Solution to the Digital Divide in Education in Frontier, Outermost, and Disadvantaged Regions (3T). Jurnal Kependidikan (8) 2: 331-340. https://doi.org/10.33394/jk.v8i2.4960

Napitupulu, E. L. (2022). Keberhasilan Pendidikan Vokasi Dibutuhkan Dunia Kerja. Kompas.id. Diakses dari https://www.kompas.id/baca/humaniora/2022/08/12/keberhasilan-pendidikan-vokasi-dibutuhkan-dunia-kerja

Okta. (2021). Alumni SMK Muhammadiyah Gamping Sleman banyak diminati perusahaan. Cakrawala.Co. https://www.cakrawala.co/jogja/pr-7755113804/alumni-smk-muhammadiyah-gamping-sleman-banyak-diminati-perusahaan

Robbin S.P, & Coulter M. (2018). Management. Pearson.

Rojaki, M. (2023). Peran IDUKA pada Pendidikan Kejuruan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Tabusani (7) 1:1590–1598. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5463

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Shkedi, A. (2019). Introduction to Data Analysis in Qualitative Research: Practical and Theoritical Methodologies with Optional Use of a Software Tool.

Sudira P. (2014). TVET Abad XXI: Filosofi, Teori, Konsep dan Strategi Pembelajaran Vokasional. UNY Press.

Sudira P. (2016). Praksis Pendidikan Vokasional di Indonesia Unggul dan Bermartabat. Seminar Nasional Pendidikan Vokasi.

Sudira P. (2017). TVET Abad XXI: Filosofi, Teori, Konsep, dan Strategi Pembelajaran Vokasional. UNY Press.

Suwithi, Ni Wayan. (2019). Modul Pelatihanpenguatan Kepala Sekolah Pengembangan Kewirausahaan (MPPKS - KWU). Jakarta: Dirjen GTK Kemendikbud.

Terry, G. R. & R. L. W. (2019). Dasar-dasar manajemen (Edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Widyasari, Rasmitadila dan Prasetyo, T. (2018). Perencanaan Pembelajaran. Wade Group.

Winarsih, T. dan W. Y. D. (2021). Melatih karakter kewirausahaan siswa SMK melalui pemasaran online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Kewirausahaan, 1(1): 14-23. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v1i1.16287

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Application: Design and Methods. Los Angeles: SAGE Publications.


Keywords  :  
Kata Kunci: entrepreneurship, learning management, student develpment, teaching factory manajemen pembelajaran, pengembangan siswa, teaching factory, wirausaha
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-11-07
Cara Mengutip  :  
Terbitan  :