ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU NORMATIF SMK NEGERI 11 PANDEGLANG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) guru normatif SMK Negeri 11 Pandeglang. Guru normatif perlu menggabungkan teknologi dalam pembelajaran agar lebih efektif. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sensus sebagai teknik pengambilan sampel. Partisipan adalah guru-guru normatif SMK Negeri 11 Pandeglang. Data dikumpulkan melalui angket dan wawancara yang diolah dengan SPSS 26. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan TPACK guru-guru normatif tergolong baik. Skor rata-rata TPACK adalah 142,00 dengan deviasi standar 15,06, dan sebagian besar guru berada dalam kategori sedang. Analisis komponen TPACK menunjukkan guru memiliki pengetahuan teknologi (TK) dan pedagogi (PK) yang baik, serta pengetahuan konten (CK) yang mencukupi. Kemampuan mereka mengintegrasikan pengetahuan teknologi konten (TCK), pengetahuan konten pedagogi (PCK), dan pengetahuan teknologi pedagogi (TPK) juga baik. Tidak ada perbedaan signifikan dalam TPACK antara guru normatif laki-laki dan guru normatif perempuan, dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,526 > 0,05. Ini menunjukkan kontribusi yang kuat dari pengetahuan guru dalam teknologi, pendidikan, dan konten terhadap kemampuan TPACK guru. Dalam era perkembangan teknologi, temuan ini menekankan pentingnya guru memiliki keterampilan ini untuk memberikan pembelajaran yang efektif.
Referensi
Agung, D. A. G. (2021). Pembelajaran Sejarah Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 4(1), 1. https://doi.org/10.17977/um0330v4i1p1-8
Akturk, A. O., & Ozturk, H. S. (2019). Teachers’ TPACK levels and students’ self-efficacy as predictors of students’ academic achievement. International Journal of Research in Education and Science, 5(1), 283–294.
Anggara, R. F. (2018). Analisis Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpck) Guru Biologi Sman Di Bandar Lampung. Skripsi . Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Armiyati, L., & Habib, F. M. (2022). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Calon Guru di Tasikmalaya. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia), 09(02), 164–176.
Fatoni, A. U., & Surani, D. (2022). UTAUT : 658(SoRes 2021), 595–600.
Harris, J., Mishra, P., & Koehler, M. (2009). Teachers’ technological pedagogical content knowledge and learning activity types: Curriculum-based technology integration refrained. Journal of Research on Technology in Education, 41(4), 393–416. https://doi.org/10.1080/15391523.2009.10782536
Hidayati, N., Setyosari, P., & Soepriyanto, Y. (2018). Kompetensi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru Kimia. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(4), 291–298. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/6720
Khoerunisa, R. (2022). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Kimia. In Jurnal IPA & Pembelajaran IPA (Vol. 6, Issue 3). https://doi.org/10.24815/jipi.v6i3.26572
Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303.
Kurniasih. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Penurunan Kesejahteraan Masyarakat Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi.
Maharani, D. P., Hermawan, H., Wulandari, D. T., Ismawarti, N. Y., Kancanadana, G., & Sayekti, I. C. (2021). Analis TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di Surakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), 5195–5203. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1501
Mishra, P., & Koehler, M. J. (2020). Michigan State University Punya Mishra Erickson Hall , College of Education Michigan State University Paper presented at the Annual Meeting of the American Educational Research Association New York City , March 24 – 28 , 2008. 3(January 2008), 576–583.
Muntaha. (2018). Pengetahuan Mahasiswa Mengenai Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Social Media for Langiage Learning Study Journa, 6-7.
Putri, N. M. F. E. (2021). Peran Guru Dalam Teknologi Dan Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Era Digital. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 1–7.
Sa’adah, S., & Kariadinata, R. (2018). Profil Tecnological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2), 17–28. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3186
Siregar, Z., & Marpaung, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(1), 61–69. https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2437
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.
Surani, D. (2019). Studi literatur: Peran teknolog pendidikan dalam pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.
Suyamto, J., Masyukuri, M., & Sarwanto. (2020). Analisis TPACK (Technological, Pedagogical, and Content Knowledge) Guru Biologi SMA dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46-57.
Tyagita, B. P. A., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 165–176. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p165-176
Uningal, R. (2020). Analisis Faktor Penghambat TPACK Subdomain CK dan TPK pada Calon Guru Biologi UNNES. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2). https://doi.org/10.21580/phen.2020.10.2.4176.
Valtonen, T., Sointu, E., Kukkonen, J., Kontkanen, S., Lambert, M. C., & Mäkitalo-Siegl, K. (2017). TPACK updated to measure pre-service teachers’ twenty-first century skills. Australasian Journal of Educational Technology, 33(3), 15–31. https://doi.org/10.14742/ajet.3518
Wiwit Puji Purwaningsih. (2016). ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN KERANGKA TPACK ( Study Kasus SMA Negeri 1 Tengaran ).
| Keywords | : |
Kata Kunci:
Education, Technology, TPACK, Normative Teachers Pendidikan, Teknologi, TPACK, Guru Normatif
|
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2023-11-09
|
| Cara Mengutip | : | |
| Terbitan | : |












_SCCC.png)
