PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKNIK LAYANAN JARINGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE MULTIMEDIA ADOBE FLASH CS6 DI SMK NEGERI 6 PADANG

  • Ibnu Ismail Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Heri Mulyono Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Thomson Mary Universitas PGRI Sumatera Barat

Abstract

Media pembelajaran yang kurang interaktif disertai penyampaian materi yang kurang menarik dapat membuat siswa merasa jenuh saat mengikuti pembelajaran. oleh karena itu, media pembelajaran interaktif dapat menjadi alternatif yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. salah satunya menggunakan Software Multimedia Adobe Flash CS6. penelitian ini bertujuan untuk Menghasilkan media pembelajaran intraktif teknik jaringan komputer pada mata pelajaran teknik layanan jaringan menggunakan Software Multimedia Adobe Flash CS6 yang valid.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis-Desain-Develop-implementasi-Evaluate) yang memiliki lima tahapan pengembangan antara lain analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi.validasi dilakukan untuk mengetahui kelayakan terhadap multimedia yang dikembangkan.validasi diperoleh dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media. Respon peserta didik dan pendidik diperoleh dengan metode pengumpulan data berupa angket.

Hasil validasi ahli materi diperoleh rata-rata sebesar 91,67% dengan kategori ”Sangat Layak”. Uji validitas materi secara keseluruhan adalah 88,89% dengan kategori ”Sangat Layak”.  Uji Praktikalitas media pembelajaran diuji oleh 1 orang guru dan 16 orang siswa. Praktikalitas untuk uji praktikalitas guru 87,11% dan praktikalitas oleh siswa 79,80% sehingga dapat diinterprestasikan Sangat Praktis untuk digunakan.

Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Gunakan 12 pt Times New Roman bold. Pada abstrak sekurang-kurangnya berisi tujuan, metode dan temuan. Dapat pula ditambahkan tentang batasan, implikasi praktis, implikasi sosial dan nilai originalitasnya. Panjang maksimal abstrak adalah 250 kata dan tidak melebihi halaman pertama ini.

 

Kata Kunci: Media Interaktif, Software Multimedia Adobe Flash.

References

Arrosyida, Annafi, Suprapto M.T. 2012. Media Pembelajaran Interaktif Jaringan Komputer Menggunakan Macromedia Flash 8 Di SMK Negeri 1 Saptosari. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Fadli, R., & Hakiki, M. (2021). PENGEMBANGAN APLIKASI SMARTPHONE UNTUK MOBILE LEARNING MATAKULIAH SISTEM OPERASI di STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 197-202.

Fauziah, F., Hakiki, M., & Fadli, R. (2022). PENGEMBANGAN APLIKASI SMARTPHONE UNTUK MOBILE LEARNING PADA MATAKULIAH DESAIN GRAFIS DI STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 21-29.

Harahap, Nursapia. 2020. Penelitian Kualitatif. Medan: Wal ashri Publishing.

Hakiki, M., & Fadli, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Matakuliah Profesi Kependidikan Stkip Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 182-189.

Lestari, Novia. 2020. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Klaten: Lakeisha.

Sefriani, R., Sepriana, R., Radyuli, P., & Hakiki, M. (2022). Android-Based Blended Learning Media for Computer Maintenance Lectures. Journal of Education Technology, 6(1).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Putra, Nusa. 2015. Research & Development Penelitian dan. Pengembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Published
2022-11-09
How to Cite
Ismail, I., Mulyono, H., & Mary, T. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TEKNIK LAYANAN JARINGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE MULTIMEDIA ADOBE FLASH CS6 DI SMK NEGERI 6 PADANG. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(2), 89-96. https://doi.org/10.52060/pti.v3i2.959