PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MENGGUNAKAN MODEL SCAFFOLDED WRITING PADA SISWA KELAS V SDN 118/II CANDI

Ratih Juwita Novalia ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Reni Guswita ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Yelvia Prahagia ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Permasalah penelitian ini adalah siswa mengalami kesulitan menulis, siswa mengalami kesulitan di dalam menyusun kata-kata dengan bahasanya sendiri dan siswa kurang berkembang dalam menulis karena terbatasnya ide, pendapat dan pengetahuan menulis siswa. Ketika siswa diminta untuk menulis cerita, siswa justru menceritakan idenya kepada temannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik analisis data penelitian ini adalah data kualitatif diperoleh dari hasil lembar observasi guru dan observasi siswa sedangkan data kuantitatif yaitu hasil belajar yang diperoleh dari tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dilihat dari peningkatan proses pembelajaran dengan presentase proses Pendidik mengajar yaitu siklus I pertemuan 1 66,66%, siklus I pertemuan 2 76,19% dan siklus II pertemuan ke 1 85,7%, siklus II pertemuan 2 92,30% dan peningkatan proses belajar peserta didik siklus I pertemuan 1 53,84%, siklus I pertemuan 2 62,17% dan siklus II pertemuan 1 73,07%, siklus II pertemuan 2 95,2% serta presentase ketuntasan jumlah siswa yang mencapai KKM pada kondisi awal 36,3% atau 8 siswa dari 22 siswa yang mencapai KKM , pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebesar (54,5%) atau (12) orang dari 22, dan pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebesar (81,81%) atau 18 orang dari 22 siswa. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Scaffolded writing dapat meningkatkan proses keterampilan menulis peserta didik kelas V SD Negeri 118/II Candi.

Referensi

Axford. 2019. Scaffolding Literacy: An integrated and sequential approach to teaching, reading, spelling and writing. Australia Acer Press.
Dalman. (2018). Menulis Karya Ilmiah. Depok.: Rajagrafindo Persada.
Kurniawan, Heru. (2014). Pembelajaran Menulis Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sari, Aulia Trisna,. Soegeng,. & Ikhya Listyarini. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN Agungmulyo Juwana. Seminar Nasional PGSD 2017.Universitas PGRI Semarang.
Sefriani, R., Sepriana, R., Radyuli, P., & Hakiki, M. (2022). Android-Based Blended Learning Media for Computer Maintenance Lectures. Journal of Education Technology, 6(1).
Slamet. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Press.
Slamet. 2008. Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.

Keywords  :  
Kata Kunci: Ability, write, Scaffolded Writing Kemampuan, Menulis, Scaffolded Writing
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-02-21
Cara Mengutip  :  
Novalia, R. J., Guswita, R., & Prahagia, Y. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MENGGUNAKAN MODEL SCAFFOLDED WRITING PADA SISWA KELAS V SDN 118/II CANDI. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 52–59. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.754
Terbitan  :