EVALUASI PENGGUNAAN ODOO UNTUK PEMBELAJARAN HRIS BAGI MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA

Arief Fahmie ( Universitas Islam Indonesia )
Annisaa Miranty Nurendra ( Universitas Islam Indonesia )

Abstrak

Mata kuliah Human Resources Information System di Program Studi Psikologi Universitas Islam Indonesia pada awalnya menggunakan SAP HCM, namun tim pengelola mata kuliah tersebut memutuskan mengganti perangkat pembelajaran dari SAP HCM ke ODOO karena tidak berbayar dan open source. Dengan melanjutkan penelitian sebelumnya tentang kegunaan ODOO, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi penggunaan ODOO. Penelitian evaluasi ini menggunakan model CIPP (context, input, process, product) yang memiliki fokus pada process (penilaian mahasiswa terhadap dosen) dan komponen produk (nilai akhir mahasiswa angkatan 2017, 2018, dan 2020) . Bagian Akademik telah mengumpulkan data, dan kemudian peneliti menganalisisnya menggunakan statistik deskriptif dan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja dosen dalam proses pembelajaran pada kategori tinggi, sedangkan rerata nilai akhir berada pada taraf cukup (B+). Juga tidak ada perbedaan evaluasi mahasiswa terhadap dosen dalam tiga tahun tersebut. Menurut penelitian ini, pembelajaran HRIS dengan ODOO sudah efektif tetapi perlu peningkatan.

Referensi

Samala, A. D., Fajri, B. R., & Ranuharja, F. (2019). DESAIN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE MOBILE APP. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(2), 13–19. https://doi.org/10.24036/tip.v12i2.221


Keywords  :  
Kata Kunci: Evaluasi, Aplikasi ODOO, HRIS
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2022-02-12
Cara Mengutip  :  
Fahmie, A., & Nurendra, A. M. (2022). EVALUASI PENGGUNAAN ODOO UNTUK PEMBELAJARAN HRIS BAGI MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 26–36. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.715
Terbitan  :