PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR
Abstrak
Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDI Siumolo Kabupaten Kupang dengan menerapkan model pembelajaran PBL. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV, dengan jumlah sebanyak 20 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Penelitian dilakukan secara bersiklus mulai dari siklus satu sampai selesai dengan tahapan perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Dari hasil siklus I rata-rata nilai memperoleh 67,75, dengan persentase ketuntasan 55%, hasil observasi aktifitas siswa adalah 73,33 (cukup) dan hasil observasi aktifitas guru 76,78 (cukup). Setelah siklus II diperoleh rata-rata nilai 81,75 dengan persentase ketuntasan yakni 90%, hasil observasi aktifitas siswa adalah 85,10 (Baik) dan hasil observasi aktifitas guru 96,42 (Baik). Dengan demikian, hasil belajar siswa dan hasil analisis lembar observasi pengamatan meningkat kearah yang lebih baik dengan penerapan model pembelajaran PBL dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dantes. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: PT Raja Grafindo Persada. ISBN 978-602-425-198-7.
Hakiki, M., & Fadli, R. (2021). Buku Profesi Kependidikan.
Hakiki, M. (2020). HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU PLK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 633-642.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: Rajawali Pers
Muhsam., Saputra. 2021. Penerapan Pendekatan Exploratory Discovery untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV MIS Al-Fitrah Kota Kupang. Journal on Teacher Education Vol. 3 No. 2
Muhsam., Widiastuti., & Cakranegara. 2021. Hubungan antara Respon Siswa dalam Pembelajaran atas Motivasi Belajar Kelas IV Sekolah Dasar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol. 7 No. 2
Mursalin., Muhsam. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata Vol. 2 No. 1
Nata. 2011. Perspektif islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sanjaya. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Uslan., Muhsam., Hasyda., & Aiman. 2021. Implementation of Contextual Teaching and Learning and Authentic Assessments to the Science (IPA) Learning Outcomes of 4th Grade Students of Primary Schools (SD) in Kota Kupang. Journal of Education Research and Evaluation Vol. 5 No. 3
Wulandari. 2013. Pengaruh problem based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, No 2, 2013
Samala, A. D., Fajri, B. R., & Ranuharja, F. (2019). DESAIN DAN IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE MOBILE APP. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(2), 13–19. https://doi.org/10.24036/tip.v12i2.221
| Keywords | : | |
| Galleys | : | |
| Diterbitkan | : |
2022-02-06
|
| Cara Mengutip | : | |
| Terbitan | : |












_SCCC.png)
