PENGARUH MEDIA STICKY NOTES TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 3 MUARA BUNGO TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Gadis Tauvif ( SMP Negeri 3 Muara Bungo )

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan siswa dalam menulis pantun karena tidak adanya media pantun dalam pembelajaran yang ditandai dengan rendahnya hasil tes menulis yang tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sticky notes terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Muara Bungo tahun pembelajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Muara Bungo yang berjumlah 229 siswa dan tersebar dalam 10 kelas. Dalam penentuan sampel, peneliti menggunakan teknik random kelas dan terpilih kelas VII-C yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-F berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dan instrumen penelitian yang digunakan berupa tes esai yaitu menulis pantun. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan menulis pantun setelah perlakuan menggunakan media sticky notes memperoleh nilai rata-rata 81,66 termasuk dalam kategori baik sekali, sementara kelompok siswa yang tidak menggunakan media sticky notes memperoleh nilai rata-rata 45,33 termasuk dalam kategori kurang. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa hipotesis terbukti, melalui uji hipotesis uji t diperoleh thitung> ttabel yaitu 12,27 > 2,00. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media sticky notes terhadap kemampuan menulis pantun siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Muara Bungo tahun pembelajaran 2019/2020

References

Andrian, Restu. (2017). “Pembelajaran Bermakna Berbasis Post It”. Jurnal Mudarrisuna, Volume 7, Nomor 1, Hal. 110, P-ISSN 2089-5127 E-ISSN 2460-0733

Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arini Dessy Rizqi dan Agus Nuryatin. (2018). “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Teknik Kata Mengalir Dengan Media Sticky Notes Pada Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Magelang”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Hal. 16, P-ISSN 2252-6722 E-ISSN 2503- 3476

Arsyad, Azhar. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada 2013. Media Pembelajaran: Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers

Dewi, Annisa. (2015). Edisi Terlengkap EYD & Sastra Indonesia untuk Dunia Penulisan. Minion Production

Fauzi, Miftah. (2014). Kamus Lengkap Pantun Indonesia. Jakarta: Publishing Langit.

Hakiki, M. (2020). HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU PLK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 633-642.

Hakiki, M., Fadli, R., Putra, Y., & Pertiwi, I. (2021). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SMA NEGERI 1 MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 6(1), 50-57

Harsiati, Titik, dkk. (2017). Bahasa Indonesia: Buku Guru/Kemdikbud Edisi Revisi. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Saddhono, K., & Slamet, Y. (2014). Pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia: Teori dan aplikasi. Graha Ilmu.

Suharsimi, Arikunto (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, A. (2010). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiarto, E. (2015). Terampil Menulis (Tips dan Trik Menulis Laporan, Opini, Cerpen, Puisi, Pantun). Yogyakarta: morfalingua.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

________ (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Wardoyo, Sigit Mangun. (2013). Penelitian Tindakan Kelas; Teori, Metode, Model & Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Keywords  :  
Galleys  :  
Published  :  
2021-11-07
How to Cite  :  
Tauvif, G. (2021). PENGARUH MEDIA STICKY NOTES TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 3 MUARA BUNGO TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 2(2), 68–77. https://doi.org/10.52060/pti.v2i02.607
Issue  :