PENERAPAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SDN 60/II MUARA BUNGO

fauziah zi ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Ikhsan Maulana ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )
Annisa Isnaini ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstract

The design of this study was classroom action research through the Cooperative model type. The application of monopoly media to improve the science learning process and outcomes with the cooperative model team games toornament (TGT) type in class IV SDN 60 / II Muara Bungo, Rimbo sub-district, Bungo district, used two cycles, each cycle consists of four stages, namely planning, implementation, observation and reflection. The research subjects were the teacher (researcher) and class students in class IV SDN 60 / II Muara Bungo Data collection techniques using observation and tests. The results showed that: (1) teacher performance assessment in the first cycle of meeting I obtained a score of 68,75% with good criteria, meeting II with a score of 75% with good criteria. In the second cycle meeting I obtained a score of 81,25% with good criteria, and meeting II with a score of 87,5% criteria was very good. (2) The classical completeness of the learning outcomes of the students in the first cycle of the first meeting was 70% and the second cycle in the second meeting was 75%. In cycle II meeting I was 85% and meeting II was 90%.

References

Arikunto, Suharmisi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi

Aksara, Arikunto. Suharmisi.2008. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara .

Ani, 2012. Tentang Hasil Belajar, jakarta : bumi kasara.

Hakiki, M., & Fadli, R. (2020). Pengaruh Metode Creative Problem Solving (Cps) Model Treefinger Terhadap Hasil Belajar Perakitan Komputer Pada Siswa Kelas X Teknik Komputer Jaringan Smk N 1 Rao Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(1), 1-8.

BSNP. 2011. Pemendiknas RI No.22 Tahun 2011 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta.

BSNP. 2006. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menegah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas, 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati, 2013. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Depdikbud

Djamrah. 2010, Media Monopoli. Jakarta: Bumi Kasara.

Gagna, 2012. Unsur Belajar, Jakarta : Bumi Kasara.

Hakiki, M. (2020). HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURUPLK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 633-642.

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani, 2010. Startegi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Purwanto, 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosalia, Tara. 2005. “Aktifitas Belajar”. http://id. Shvoong.com/social science/1961162-aktifitas-belajar. diakses tanggal 15 September 2019 pukul 20.30 WIB.

Rustaman, 2010. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan, Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama.

Rusman, 2011. Model-Model Pembelajaran, Bandung: PT Raja grafindo Persada

Rusman, 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Rossy, 2011. Media Monopili, jakarta, tiga serangkai

Sardiman, 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, E Robert. 2009. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Med Aneka Ilmu.

Slavin, RE. 2009. Coopetative Learning Teori Riset dan Praktik, Bandung: Nusa Media.

Slavin, RE. 2010. Coopetative Learning Teori Riset dan Praktik, Bandung: Nusa Media.

Sudjana. Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutrisno, 2007. pembelajaran terpadu, Tiga serangkai , jakarta

Setiawan, 2004. Pengertian penerapan. Tiga serangkai , jakarta

Tahirin, 2006. mempengaruhi proses belajar, Jakarta. Bumi aksara

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta Bumi Aksara.

Taniredja, T. 2012. Model-Model Pembelajaran Innovatif, Bandung: Alfabeta.

Trianto, 2014. Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara.

Uno. 2006. Kentrampilan dalam mengajar. Jakarta. Bumi aksara.

UndangRI, ( 2003 ). Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan. Jakarta:UndangRI.

Usman, 2020. Penerapan dan implementasi, bandung bumi kasara.


Keywords  :  
Galleys  :  
Published  :  
2021-02-15
How to Cite  :  
zi, fauziah, Maulana, I., & Isnaini, A. (2021). PENERAPAN MEDIA MONOPOLI UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI KELAS IV SDN 60/II MUARA BUNGO. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 2(1), 34–39. https://doi.org/10.52060/pti.v2i01.472
Issue  :