PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MODEL TREEFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR PERAKITAN KOMPUTER PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK N 1 RAO SELATAN

Muhammad Hakiki ( STKIP Muhammadiyah Muara Bungo  --  https://orcid.org/0000-0001-7459-7952 )
Radinal Fadli ( STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )

Abstract

This research was quantitative research that used a true experiment research approach and a posttest-only control as the research design. This research conducted in SMK 1 Rao Selatan. The population in this research was the grade X students of computer engineering and network major in SMK 1 Rao Selatan. The technique sampling in this research was a total sampling or also called as a population research. In determining the experiment class and control class, the researcher used rolls of paper. Grade X of TKJ 2 elected as experiment class and grade X TKJ 1 elected as control class. The result of this research were average the students learning outcomes in experiment class was about 80,90 while in control class was about 74,84. From analysis test showed normal and homogeny data. The test result on the level significance a0,05 (the level of confidence 95%) obtained score thitung=3,498 and ttabel=2,000 so obtained Thitung>Ttabel (3,498>2,000). Therefore, Ho rejected and Ha accepted in this research. So, the conclusion was there a significant influence in Creative Problem solving (CPS) learning method with Treefingermodel toward learning outcomes of assembly computer of grade X students in program computer network engineering SMK 1 Rao Selatan.

References

Agus Suprijono. 2012. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Anas Sudijono. 1996. Pengantar Evalusi Pendidikan . Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Budiana, dkk. 2013. Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal. Semarang: Universitas Negeri Malang.

Dwi Retnowati dan Budi Murtiyasa. 2012. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Treffinger Siswa Kelas X 2 Semester 2 SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian Tindakan Kelas. Surkarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Dwi Sulistyaningsih dan Iswahyudi Joko. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Pembelajaran Jigsaw Berbantuan CD Pembelajaran Materi Ekponen Kelas X. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Eko Putro, Widiyoko. 2013. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kamsinah. 2008. Metode dalam Proses Pembelajaran. Jurnal. Makasar: UIN Makasar

Mariana. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS SDN 002 Guntung Kota Dumai. Jurnal. Riau: Universitas Riau.

Muhammad Hakiki, dkk. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (Ctl) Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Kasus Kelas XII SMA Negeri 3 Padang). RISTEKDIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Miftahul Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muhammad Thobroni. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

D Nugraha. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving dalam Upaya Menigkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Skripsi. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia

Puput Alfrianti. 2014. Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Melalui Model Treffinger Berbantuan Media Powerpoint pada Siswa Kelas IV SDN Mangunsari Kota Semarang. Jurnal. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Riduwan. 2013. Belajar Murah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwo. 2010. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal. Medan: UMN Al-Washliyah.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Udin S Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.


Keywords  :  
Keywords: Penelitian Eksperimen, Creative Problem Solving (CPS) Model Treefinger, Perakitan Komputer
Galleys  :  
Published  :  
2020-02-11
How to Cite  :  
Hakiki, M., & Fadli, R. (2020). PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MODEL TREEFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR PERAKITAN KOMPUTER PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK N 1 RAO SELATAN. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(1), 1–8. https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.303
Issue  :