EFEKTIVITAS MODUL BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK OUTBOND UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA
Abstrak
Salah satu perilaku krisis yang dialami siswa sekolah menengah adalah rendahnya rasa percaya diri. Rendahnya kepercayaan diri akan menyebabkan siswa kesulitan dalam menemukan kesuksesan hidup karena percaya diri merupakan salah satu bagian dari harga diri. Oleh karena itu diperlukan langkah strategis dalam membantu menyelesaikan problematika tersebut salah satunya dengan pemberian intervensi bimbingan kelompok teknik outbound. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas modul bimbingan kelompok teknik outbond sebagai upaya untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen one group pretest posttest design. Subyek penelitian ini yaitu 96 siswa MAN 1 Kulonprogo yang dipilih berdasarkan teknik simple random sampling. Penelitian akan mengukur tingkat kepercayaan diri siswa dengan menggunakan instrumen skala kepercayaan diri yang kemudian akan diuji secara statistik oleh Uji T. Hasil penelitian menunjukan perubahan skor secara positif kepercayaan diri pada pretest (M= 118.4) dan postest (M=137.80). Perbedaan skor tersebut menunjukan kenaikan skor secara signifikan yang dibuktikan oleh hasil Uji T yaitu nilai signifikansi 0.000 < 0.05 artinya intervensi yang dilakukan terbukti efektif dalam menaikan kepercayaan diri siswa. Penggunaan bimbingan kelompok teknik outbound terbukti secara empiris dapat meningkatkan kepercayaan diri pada siswa. Melalui kegiatan outbound siswa mengalami proses belajar secara kognitif, afektif, dan psikomotor sehingga, mereka dapat lebih mudah dalam mengembangkan aspek-aspek kepercayaan diri seperti kemampuan pribadi, interaksi sosial, dan konsep diri.
Referensi
Akbari, O., & Sahibzada, J. (2020). Students’ self-confidence and its impacts on their learning process. American International Journal of Social Science Research, 5(1), 1-15. https://doi.org/10.46281/aijssr.v5i1.462
Andhira, D. A. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Model Pembelajaran Outbound Siswa Kelas VII MtS YMPI Rappang. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(1), 27-42. https://doi.org/10.53769/deiktis.v3i1.392
Arachchige, U. S. P. R., & Sathsara, K. T. (2020). The impact of outbound training (OBT). International Journal of Scientific and Technology Research, 9(4), 377-380.
Asri, D. N., & Dewi, N. K. (2024). The effectiveness of outbound management training with game technique to improve students’self-adjustment. Counsenesia Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 5(1), 56-63. https://doi.org/10.36728/cijgc.v5i1.3682
Barida, M. (2018). Model experiential learning dalam pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan bertanya mahasiswa. Jurnal Fokus Konseling, 4(2), 153-161. https://doi.org/10.52657/jfk.v4i2.409
Chiang, C., Wells, P. K., & Xu, G. (2021). How does experiential learning encourage active learning in auditing education?. Journal of Accounting Education, 54, 100713. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2020.100713
Chotimah, C., & Hardiansyah, E. (2023). Hubungan Antara Aktualisasi Diri Dengan Kepercayaan Diri Pada Komunitas Teater. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(3), 199-208. http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v9i3.12141
Fakhiroh, A., & Hidayatullah, S. (2018). Pengaruh Percaya Diri Terhadap Ketrampilan Berbicara. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(1), 34-46. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v7i1.3065
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1-5. https://doi.org/10.29210/02017182
Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun karakter dalam perspektif filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75-81. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285
Nuzliah, N., & Siswanto, I. (2019). Standarisasi kode etik profesi bimbingan dan konseling. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 64-75. http://dx.doi.org/10.22373/je.v5i1.8172
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan diri (self confidence) dan perkembangannya pada remaja. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 12(1), 40-47. http://dx.doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
Rudiansyah, E., & Permatasari, R. (2020). Aktivitas Outbond Terhadap Penurunan Tingkat Kenakalaan Siswa Sma Dan Smk Di Kecamatan Ella Hilir. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 7(2), 64-75. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v7i2.284
Sari, N., & Nurhayati, S. R. (2019). Parent and child relations in the perspective of adolescents with Juvenile delinquency. Psychological Research and Intervention, 2(1), 36-42. https://doi.org/10.21831/pri.v2i1.28058
Setiawati, N. A. (2021). Penerapan Metode Outbond Pada Sekolah Alam Untuk Menciptakan Pembentukan Leadership. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 3(2), 21-34. https://doi.org/10.51178/jetl.v3i2.207
Wasono, C. W. (2019). Pengaruh Resiliensi terhadap Harga Diri Remaja di Panti Asuhan Yatim dan Tunanetra Muhammadiyah Purworejo. Acta Psychologia, 1(1), 1-14. https://doi.org/10.21831/ap.v1i1.43466
Uglanova, E. (2024). Self-confidence. In Encyclopedia of Quality of Life and Well-Being Research (pp. 6226-6229). Cham: Springer International Publishing.
Yuliastini, N. K. S., Dharma, I. D. A. E. P., Giri, P. A. S. P., & Dartiningsih, M. W. (2020). Penerapan media bimbingan konseling untuk meningkatkan keterampilan guru BK dalam memberikan layanan pendidikan seks terhadap peserta didik. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 117-124. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.25055
Zahara, F. (2019). Hubungan antara kepercayaan diri dengan interaksi sosial pada mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(2), 77-87.
Zahro, I. F., & Rahayu, W. (2023). Pengaruh Bimbingan Kelompok Melalui Permainan Outbound untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VI. Al-Musyrif: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 6(2), 122-132. https://doi.org/10.38073/almusyrif.v6i2.1141
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-04-01
|
Cara Mengutip | : |
Setiawan, A. I. B. (2025). EFEKTIVITAS MODUL BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK OUTBOND UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 6(1), 12–24. https://doi.org/10.52060/jipti.v6i1.2215
|
Terbitan | : |
Hak Cipta (c) 2025 Antonius Ian Bayu Setiawan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.