WORDWALL OPEN THE BOX: CARA INOVATIF MENGAJAR ANAK USIA DINI

Surya Surya ( Universitas Negeri Makassar )
Usman Usman ( Universitas Negeri Makassar )
Sitti Nurhidayah Ilyas ( Universitas Negeri Makassar )
Rahayu Rahayu ( Universitas Sawerigading Makassar )
Nuralia Safitri ( Universitas Negeri Makassar )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dan manfaat metode Open the Box di Wordwall dalam pendidikan anak usia dini. Kontribusi utama dari penelitian ini adalah membuktikan bagaimana metode inovatif ini dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa, merangsang pengembangan keterampilan kognitif dan motorik, serta memanfaatkan teknologi dalam pendidikan yang efektif dan personalisasi belajar. Metode Open the Box adalah sebuah konsep pembelajaran interaktif yang memanfaatkan teknologi digital dalam proses belajar mengajar. Dalam penelitian ini, kami menggunakan desain penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dengan guru yang telah menerapkan metode ini dalam pengajaran mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Open the Box dapat meningkatkan partisipasi dan antusiasme anak dalam belajar, membantu mereka memahami konsep dengan lebih baik, merangsang pengembangan keterampilan kognitif dan motorik, serta menunjukkan bagaimana teknologi dapat digunakan secara efektif dalam pendidikan anak usia dini. Selain itu, Wordwall memungkinkan personalisasi belajar sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keterampilan setiap anak. Namun, penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, seperti jumlah responden yang terbatas dan hanya berfokus pada satu metode pengajaran. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memverifikasi dan memperluas temuan penelitian ini, serta mengeksplorasi potensi metode dan teknologi lain dalam pendidikan anak usia dini.

References

Adatul, R., Puspita, A., Abelia, N., Apriliani, R., Agama, I., & Al-qur, I. (2023). Perkembangan Kognitif dan Motorik Anak Usia Dini melalui Pendekatan Pembelajaran. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4).

Bloom, B. S. (1984). The 2 Sigma Problem: The Search for Methods of Group Instruction as Effective as One-to-One Tutoring. Educational Researcher, 13(6).

Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & CS, A. (2023). Peran Pendidikan Jasmani dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2538–2546. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4506

Hakiki, M., Fadli, R., Samala, A. D., Fricticarani, A., Dayurni, P., Rahmadani, K., Astiti, A. D., & Sabir, A. (2023). Exploring the impact of using Chat-GPT on student learning outcomes in technology learning: The comprehensive experiment. Advances in Mobile Learning Educational Research, 3(2), 859-872. https://doi.org/10.25082/AMLER.2023.02.013

Hakiki, M., Budiman, R. D. A., Firdaus, M., & Astiti, A. D. (2023). THE INFLUENCE OF INTERNSHIP EXPERIENCE AND CAREER GUIDANCE ON STUDENT WORK READINESS: A QUANTITATIVE DESCRIPTIVE RESEARCH STUDY. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(2), 123–133. https://doi.org/10.52060/pti.v4i2.1398

Journal, C. D., Harefa, A. T., Pebriani, E., Rukiyanto, B. A., Sabur, F., Interaktif, P., Pendidikan, K., Teknologi, A., & Pendidikan, P. (2023). PEMANFAATAN TEKNOLOGI DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN : PELATIHAN INTERAKTIF DALAM. 4(6), 13121–13129.

Kurniawati, E., Nurhidayah Ilyas, S., Alriani, I., Selatan, S., & Islam Maricaya Makassar Sulawesi Selatan, T. (2021). Penggunaan Media Kartu Angka Untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahundi TK Fath Kab. Majalengka Jawa Barat. 3(4), 50–55.

Mahrani, Siti Meutia Sari, S. (2022). Students’ Difficulties at Elementary School in Increasing Literacy Ability. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51278/aj.v4i1.336

Nasir, R., Nurjannah, S., Frensiska Amanda, N., Adria, & Nofianti. (2023). Buku Ilustrasi Digital sebagai Media untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa dalam Bahasa Inggris. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(2), 394–404. https://doi.org/10.29303/griya.v3i2.336

Nasution, F., Wulandari, R., Anum, L., & Ridwan, A. (2023). Variasi Individual.

Piaget, J. (1962). Play, Dreams and Imitation in Childhood. (NY: W. W.).

Rahayu, sukardi weda, A.muliati, rukiana novianti putri. (2023). Merdeka Belajar dan Teori Determinasi Diri (N. D. anas Vega (ed.)).

Rahayu, Sukardi Weda, Muliati, R. N. (2023). Merdeka Belajar dan Teori Determinasi Diri. Dewa Publishing. https://dewapublishing.com/book/merdeka-belajar-dan-teori-determinasi-diri/

Rahayu, R., Nur, S., Mardiani, M., & Nur, M. S. (2022). Self-determination theory in teaching practice for higher education level. EnJourMe (English Journal of Merdeka) : Culture, Language, and Teaching of English, 7(1), 102–110. https://doi.org/10.26905/enjourme.v7i1.7978

Rahim, A., Rusmayadi, & Marhamah, A. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membuat Bentuk Baju dengan Tekhnik Menjahit pada Kelompok B di TK Kartini Bukit Baruga Makassar Sulawesi Selatan. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 216–225.

Ruchiyat, M. G., Mirdan Kurniawan, Triyaningsih Triyaningsih, Marwan Marwan, & Agung Prihatmojo. (2024). Strategi meningkatkan karakter anak melalui teknologi digital: studi deskriptif kualitatif. 5(1), 95–105. https://doi.org/https://doi.org/10.52060/pti.v5i1.1844

Suci Anugrah, Muhammad Yusri Bachtiar, M. A. M., & , Rika Kurnia R, S. H. (2023). PENGARUH KEGIATAN MOZAIK TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN. Anakta : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1).

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes.

Yasin, M., Kelrey, F., Ghony, M. A., Syaiful, M., Karuru, P., Pertiwi, A., Abadi, A., Ardiansyah, W., Kabanga’, T., & Aryanti, N. (2023). Menerapkan Media Pembelajaran Kreatif untuk Menyongsong Pendidikan di Era Society 5.0. PT. (MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF (ed.)). Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=UWHlEAAAQBAJ.

Yayuk Hidayah, R. P. H. (2024). KESADARAN DIGITAL MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID. JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI, 5(Q). https://doi.org/https://doi.org/10.52060/pti.v5i1.1810

Yulinawati, C., Ismail, D., Haksari, E. L., Rokhanawaty, D., Kesehatan, F. I., Yogyakarta, U. A., Nogotirto, M., Sleman, K., Yogyakarta, D. I., Kedokteran, F., Mada, U. G., Utara, S., Sleman, K., & Yogyakarta, D. I. (2020). Method Method of Application Play As Stimulation To Improve Children ’ S Development. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(2), 147–152.


Keywords  :  
Keywords: Wordwall Open The Box, Cara Inovatif, Mengajar, Anak Usia Dini Wordwall Open the Box, Inovatif Mengajar Anak Usia Dini, Penelitian Kualitatif
Galleys  :  
Published  :  
2024-04-08
How to Cite  :  
Surya, S., Usman, U., Nurhidayah Ilyas, S., Rahayu, R., & Safitri, N. (2024). WORDWALL OPEN THE BOX: CARA INOVATIF MENGAJAR ANAK USIA DINI. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 114–125. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1876
Issue  :