PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL
Abstract
Berdasarkan observasi lapangan, pembelajaran di kelas dilakukan dengan menggunakan papan tulis dan PowerPoint sederhana. Dari situ, peneliti mencetuskan ide untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash 8 guna mengatasi kejenuhan dan kebosanan siswa dalam belajar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, terdiri dari tahapan: (1) Analysis (analisis), (2) Design (desain), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Namun, penelitian ini hanya sampai tahap implementasi, sehingga evaluasi dilakukan sebagai bagian dari kegiatan implementasi. Penelitian pengembangan ini telah melewati beberapa uji, yaitu: (1) Uji validitas, dengan hasil sebesar 0,86 (aspek rekayasa perangkat lunak), 0,79 (aspek komunikasi visual), dan 0,88 (aspek pembelajaran) dengan kategori valid. (2) Uji praktikalitas, didasarkan pada respons guru dan siswa dengan nilai presentase berturut-turut sebesar 92,59% dan 96,02%, dengan kategori praktis. (3) Uji efektivitas, hasil tes secara klasikal mencapai 85% di atas KKM, dan analisis data uji t berpasangan menunjukkan peningkatan antara pretest dan posttest sebesar 2,299. Berdasarkan hasil uji, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Macromedia Flash 8 valid, praktis, dan efektif, serta dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Andi Setiawan, M. P. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.Baso, F., Alfiani, A., Ramadani, A. N., & Mukhtar, N. A. (2023). Pengaruh Metode Blended Learning Terhadap Keefektivitasan Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Negeri Makassar. Jurnal MediaTIK, 1-5.
Arisanti, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Software Macromedia Flash 8 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2122-2132. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.930
Arsyad, Azhar. (2013). Media pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Dayurni, P., & Umalihayati, U. (2023). Kontribusi Computer Anxiety dan Motivasi Terhadap Literasi Teknologi Siswa SMA Negeri 8 Kota Serang. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Vokasional, 5(1), 83-90.
Febriani, S. M., Haryani, S., Prasetya, A. T., Widiarti, N., & Ningrum, P. (2022). Kelayakan dan Keefektifan Bahan Ajar Pengayaan Berbasis Literasi Sains Materi Hidrolisis Garam. Chemistry in Education, 11(2), 133-142.
Hakiki, M., & Fadli, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Matakuliah Profesi Kependidikan Stkip Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 182-189. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.571
Hakiki, M., Sabir, A., & Maryana, A. (2022). Efektivitas Modul Digital Berbasis E-Learning Pada Matakuliah Pendidikan Karakter Di STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 269-278. https://doi.org/10.52060/mp.v7i2.901
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Tuti Khairani Harahap, Tasdin Tahrim, Ahmad Mufit Anwari, Azwar Rahmat, Masdiana, & I Made Indra. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20720
Hidayat, M. T., Junaidi, T., & Yakob, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Tradisi Lisan Aceh. Mimbar Ilmu, 25(3), 401-410. https://doi.org/10.23887/mi.v25i3.28913
Ihza, F., Surani, D., & Aminah, S. (2023). Network Computer Engineering Students'perceptions Of Learning Management System (Lms) Based Learning In Increasing Learning Motivation At Smk Negeri 1 Kota Serang. Cakrawala pedagogik, 7(1), 1-13.
https://doi.org/10.51499/cp.v7i1.385
Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk SMP kelas ix. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95-102. http://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.422
Mustaqim, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Nurhasanah, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Perkembangan Islam Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 148-153. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.69
Putra, Nusa. (2015). Research & Development, Penelitian dan pengembangan : suatu pengantar. Jakarta : Rajawali Pers
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran teori dan aplikasi. Yogyakarta : Arruzz Media
Triwibowo. (2015). Deskripsi Efektivitas Discovery Learning Pada Pembelajaran Matematika Di SMP Muhammadiyah 5 Purbalingga Dan SMP Negeri 2 Rembang. 10.47709/elektriese.v12i01.1552
Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan multimedia interaktif menggunakan software macromedia flash 8 sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785-793. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.439
Yana, D., & Adam, A. (2019). Efektivitas penggunaan platform lms sebagai media pembelajaran berbasis blended learning terhadap hasil belajar mahasiswa. Jurnal dimensi, 8(1), 1-12. https://doi.org/10.33373/dms.v8i1.1816
Keywords | : |
Keywords:
Pengembangan, Media pembelajaran ICT, Macromedia flash 8
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-04-12
|
How to Cite | : |
Yanti, F., Fauziah, F., Ridoh, A., & Tris Susanti, D. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATA PELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 173–183. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1874
|
Issue | : |