STRATEGI MENINGKATKAN KARAKTER ANAK MELALUI TEKNOLOGI DIGITAL: STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF
Abstract
Pengembangan karakter menjadi suatu aspek yang krusial untuk ditanamkan pada anak-anak di tengah pesatnya kemajuan teknologi. Pentingnya membentuk karakter dengan teknologi digital menjadi langkah preventif yang signifikan untuk menjauhkan anak-anak dari kemungkinan krisis nilai karakter yang dapat timbul akibat pengaruh teknologi yang terus berkembang. Penggunaan teknologi digital dapat diarahkan secara positif untuk mendukung pembentukan karakter anak-anak. Artikel ini memiliki tujuan yaitu untuk mengidentifikasi dan mengeksplorasi strategi yang dapat diimplementasikan guna membangun karakter anak melalui pemanfaatan teknologi digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka. Sumber literatur yang diambil melibatkan buku-buku, jurnal, dan artikel ilmiah sebagai fokus utama penelitian. Pendekatan ini memberikan landasan teoretis yang kuat untuk merumuskan strategi yang efektif dalam konteks pendidikan karakter dan teknologi digital. Hasil analisis dari penelitian ini menemukan strategi pendidikan karakter berbasis teknologi digital yang digunakan oleh guru, sekolah dan orang tua. Temuan pada artikel ini memberikan strategi komprehensif tentang implementasi pendidikan karakter melalui teknologi digital yang melibatkan peran penting guru, sekolah, dan orang tua.
References
Agustina, M., Aini, I., Zaina, L., & Anwar, S. (2019). Ibu Cerdas Untuk Generasi Emas: Strategi Jitu Di Era Digital Untuk Membentuk Anak Yang Handal. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 66–72. https://doi.org/10.18860/jpai.v5i2.6074
Akhwani, T. D., & Wulansari. (2021). Pendekatan Pendidikan Karakter Berbasis Digital. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(2), 191–200.
Alieto, E., Abequibel-Encarnacion, B., Estigoy, E., Balasa, K., Eijansantos, A., & Torres-Toukoumidis, A. (2024). Teaching inside a digital classroom: A quantitative analysis of attitude, technological competence and access among teachers across subject disciplines. Heliyon, 10(2), e24282. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e24282
Barriage, S., & Hicks, A. (2020). Mobile apps for visual research: Affordances and challenges for participant-generated photography. Library & Information Science Research, 42(3), 101033. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2020.101033
Budiyono, A. E. (2023). PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI ERA DIGITAL. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 755–765. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1448
Chomsum, A. (2020). Transformasi Pendidikan di Era Digital. Jurnal Inovasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1. https://kumparan.com/aan-herdian89/transformasi-pendidikan-di-era-digital-1zG74Ilpzc4/4
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609
Fitriarti, E. A. (2019). URGENSI LITERASI DIGITAL DALAM MENANGKAL HOAX INFORMASI KESEHATAN DI ERA DIGITAL. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 4(2), 219. https://doi.org/10.20527/mc.v4i2.6929
Fricticarani, A., Hayati, A., R, R., Hoirunisa, I., & Rosdalina, G. M. (2023). STRATEGI PENDIDIKAN UNTUK SUKSES DI ERA TEKNOLOGI 5.0. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 56–68. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1173
Gestiardi, R., & Suyitno, S. (2021). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SEKOLAH DASAR DI ERA PANDEMI. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 1–11. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.39317
Ha, S., & Kim, S. (2023). Developing a conceptual framework for digital platform literacy. Telecommunications Policy, 102682. https://doi.org/10.1016/j.telpol.2023.102682
Hikmah, N. (2021). Strategi Pendidikan Karakter Pada Anak Dalam Setting Keluarga di Era Disrupsi. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(1), 12–24. https://doi.org/10.47766/ga.v2i1.1351
Hikmat, H. (2022). The Readiness of Education in Indonesia in Facing The Society Era 5.0. Jurnal Basicedu, 6(2), 2953–2961. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2526
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Johnston, N. (2020). The Shift towards Digital Literacy in Australian University Libraries: Developing a Digital Literacy Framework. Journal of the Australian Library and Information Association, 69(1), 93–101. https://doi.org/10.1080/24750158.2020.1712638
Kuzma, E. K., Ammerman, B. A., Lee, V., & Baird, J. (2023). Re-envisioning Youth Sexual Health Care: Supporting Sex Positivity in a Digital World. Journal of Pediatric Health Care. https://doi.org/10.1016/j.pedhc.2023.11.009
Listiyoningsih, S., Hidayati, D., & Winarti, Y. (2022). Strategi Guru Menghadapi Transformasi Digital. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 655–662. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2b.389
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN
Marwan, Firdaus, F. M., & Handayani, I. W. (2023). Increase reading comprehension and critical thinking through reading stories. 7(1), 1–14.
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50–57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Nastiti, R., & Hayati, N. (2020). Pembelajaran Daring pada Pendidikan Tinggi: Tantangan Bagi Mahasiswa dan Dosen di Tengah Pandemi. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(3), 378–390. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i3.145
Nuryadi, M. H., & Widiatmaka, P. (2022). Keunggulan Youtube sebagai Media Pembelajaran untuk Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Mahasiswa. Journal of Civic Education, 5(3), 356–367. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.757
Oubalahcen, H., Tamym, L., & Driss El Ouadghiri, M. L. (2023). The Use of AI in E-Learning Recommender Systems: A Comprehensive Survey. Procedia Computer Science, 224, 437–442. https://doi.org/10.1016/j.procs.2023.09.061
Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129
Raharja, H. Y. (2019). Relevansi Pancasila Era Industry 4.0 dan Society 5.0 di Pendidikan Tinggi Vokasi. JOURNAL OF DIGITAL EDUCATION, COMMUNICATION, AND ARTS (DECA), 2(1), 11–20. https://doi.org/10.30871/deca.v2i1.1311
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Rizky Asrul Ananda, Mufidatul Inas, & Agung Setyawan. (2022). Pentingnya Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 83–88. https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836
Romero-Luis, J., Carbonell-Alcocer, A., Levratto, V., Gertrudix, M., Gertrudis Casado, M. del C., & Hernandez-Remedios, A. (2023). Design and assessment of an experimental model for evaluating the effectiveness of audiovisual products on the circular economy aimed at promoting environmental awareness. Journal of Cleaner Production, 423, 138820. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2023.138820
Salehudin, M. (2020). Literasi Digital Media Sosial Youtube Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 106–115.
Sapdi, R. M. (2023). Peran Guru dalam Membangun Pendidikan Karakter di Era Society 5.0. Jurnal Basicedu, 7(1), 993–1001. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4730
Saputra, H. N., & Salim, S. (2020). Potret Sikap Mahasiswa dalam Penggunaan Literasi Digital. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 94. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.667
Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603
Susandi, A., & Marwan, M. (2020). Implementasi Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligence) Di Sekolah Dasar. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 3(3), 260–271. https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v3i3.2979
Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2019). Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. E-Tech : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343
Tjalla, A., & Hanim, W. (2023). DEVELOPMENT OF STRENGTHENING GOOD CHARACTER EDUCATION SCALE AS A NEED ASSESSMENT INSTRUMENT FOR GUIDANCE AND COUNSELING TEACHERS. JISAE: Journal of Indonesian Student Assessment and Evaluation, 9(1), 68–78. https://doi.org/10.21009/jisae.v9i1.33239
Triyanto, T. (2020). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476
Keywords | : |
Keywords:
Teknologi Digital, Pendidikan Karakter, Strategi Pembentukan Karakter Teknologi Digital, Pendidikan Karakter, Deskriptif Kualitatif
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-04-04
|
How to Cite | : |
Ruchiyat, M. G., Kurniawan, M., Triyaningsih, T., Marwan, M., & Prihatmojo, A. (2024). STRATEGI MENINGKATKAN KARAKTER ANAK MELALUI TEKNOLOGI DIGITAL: STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 37–47. https://doi.org/10.52060/pti.v5i1.1844
|
Issue | : |