PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI SMART APP CREATOR

Jihan Ali ( Universitas Bina Bangsa )
Annisa Annisa ( Universitas Bina Bangsa )
Ahmad Wasid ( Universitas Bina Bangsa )
Kurniati Rahmadani ( Universitas Bina Bangsa )
Ade Fricticarani ( Universitas Bina Bangsa )
Popi Dayurni ( Universitas Bina Bangsa )

Abstract

Penggunaan media pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari metode pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Smart App Creator 3 pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode RnD dengan teknik pengumpulan data melalui angket yang diberikan kepada 17 siswa kelas X SMK Pasundan 1 Kota Serang. Hasil penelitian adalah media pebeljaran valid dengan nilai 0,875. Uji praktikalitas media pembelajaran yang diberikan kepada 1 orang guru dan 1 orang dosen dengan persentase rata-rata 83.6%. Sedangkan hasil yang diperoleh dari analisis praktikalitas oleh siswa persentase rata-rata 82,35%.  Sehingga dapat disimpilakan media pembelajaran Smart App Creator 3 layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi serta dapat bermanfaat bagi guru, siswa dan peneliti tingkat lanjut.

References

Darwyn Syah, dkk. (2007). Perencanaan Darwyn Syah, dkk. (2007). Perencanaan Sistem Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Gaung Persada Press. https:lib.unj.ac.id > buku.

Ekayani, N. L. (2017). PENTINGNYA PENGGUNAAN MEDIA. Ekayani, Putu. "Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa" Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja , 1-10. https://www.researchgate.net/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA

Fadli, R.dkk. (2020). Validitas Media Pembelajaran Interaktif Berbasisandroidpada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringandasar Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi,9-15. https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.302

Fanny, Arif Mahya, Siti Partini Suardiman. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, Vol: 1 No. 1. https://doi.org/10.21831/jpe.v1i1.231

Hakiki, M., Budiman, R. D. A., Firdaus, M., & Astiti, A. D. (2023). THE INFLUENCE OF INTERNSHIP EXPERIENCE AND CAREER GUIDANCE ON STUDENT WORK READINESS: A QUANTITATIVE DESCRIPTIVE RESEARCH STUDY. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(2), 123–133. https://doi.org/10.52060/pti.v4i2.1398

Hasan, D. M., & dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group. http://eprints.unm.ac.id/20720/

Kuswanto, J. & Radiansah, F (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Media Infotama, 16 (2). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK. jurnal ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 2-17. https://moraref.kemenag.go.id/documents/article/97874782242006512

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 333-352. http://dx.doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Putra, Y. I., Ridoh, A., Fadli, R., & Fauziah. (2020). Pengembangan Media Interaktif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasardi Smkn 5 Batanghari. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi, 26-31. https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/JIPTI/article/view/309/190

Resiani, Ni Kadek, Anak Agung Gede Agung, I Nyoman Jampel. (2015). Pengembangan Game Edukasi Interaktif Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Semester Genap di SMP N 7 Singaraja Tahun Ajaran 2014/2015. e-Jurnal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, Vol: 3 No: 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v3i1.5929

Sarmila & dkk (2023). Development Of Learning Media With Smart Applications Apps Creator In Computer System Subjects In Vocational High Schools Miftahasa'adah Cikande. Cakrawala Pedagogik Vol 7 No. 2. https://doi.org/10.51499/cp.v7i2.444

Satyaputra, Alfa & Maulina Eva Aritonang. (2016). Let's Build Your Android Apps With Android Studio. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. https://books.google.com/books/about/Let_s_Build_Your_Android_Apps_with_Andro.html?id=bC1IDwAAQBAJ

syahputra, D. A., Putra, Y. I., & Fauziah. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animatemata Pelajaran Animasi 2 Dimensi: Studi Kasus Smk Negeri 1 Bungo. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi informasi, 189-200. https://doi.org/10.52060/pti.v4i2.1428

Sari, S. D. (2016). Manfaat Media Pembelajaran Berbasis Ict (Information And Communication) Technology) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. FKIP UNS Journal Systems, 115-123. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/view/9055

Umar. (2013). Media Pendidikan. Jurnal Tarbiyah, Vol: 10 No. 2-8.https://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/issue/view/39


Keywords  :  
Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Android, Aplikasi Smart App Creator
Galleys  :  
Published  :  
2024-04-10
How to Cite  :  
Ali, J., Annisa, A., Wasid, A., Rahmadani, K., Fricticarani, A., & Dayurni, P. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN APLIKASI SMART APP CREATOR. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 144–150. https://doi.org/10.52060/jipti.v5i1.1843
Issue  :