PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI FLIPBOOK MATA KULIAH SISTEM OPERASI KEPELABUHANAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI

Lia Retian Asfirah ( Politeknik Maritim Negeri Indonesia )
Retno Anggoro ( Politeknik Maritim Negeri Indonesia )
Masriah M ( Politeknik Maritim Negeri Indonesia )
Alimatussa'diyah A ( Politeknik Maritim Negeri Indonesia )
Septina Dwi Retnandari ( Politeknik Maritim Negeri Indonesia )
Dewi Shintawati Setyaningrum ( Politeknik Maritim Negeri Indonesia )

Abstract

Di era revolusi industri 4.0 dan menuju 5.0, media pembelajaran digital menjadi pilihan praktis untuk meningkatkan pendidikan mahasiswa. Penggunaan media pembelajaran flipbook digital di Politeknik Maritim Negeri Indonesia, khususnya pada prodi Transportasi Laut, menjadi strategi cerdik untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis, komunikatif, dan partisipatif. Modul mata kuliah Sistem Operasi Kepelabuhan saat ini masih dalam bentuk konvensional, tidak sesuai dengan literasi terbaru. Penelitian ini bertujuan menyediakan sumber daya pembelajaran dan modul elektronik menggunakan aplikasi Flipbook untuk memperbarui materi dan memudahkan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran. Paradigma ADDIE digunakan dalam analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Evaluasi dilakukan pada proses analisis untuk memastikan kesesuaian dengan kurikulum. Proses perancangan melibatkan perancangan modul secara sistematis dan integrasi standar bacaan terkini. E-Modul yang terhubung dengan aplikasi Canva menambahkan unsur visual dan interaktif. Implementasi dilakukan dengan menyatukan isi modul ke dalam aplikasi flipbook, memastikan mahasiswa dapat dengan mudah mengakses sumber pengajaran untuk mata kuliah Sistem Operasi Kepelabuhan.

References

Amarulloh, A., Surahman, E., & Meylani, V. (2020). Digitalisasi Dalam Proses Pembelajaran Dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. BIOEDUKASI: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 1–9.

Asman, V., Menrisal, M., & Arsyah, R. H. (2020). Perancangan Modul Interaktif pada Mata PelajaranSimulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK Kelas X. Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia “Yptk” Padang, 7(2), 10–17. https://doi.org/10.35134/jpti.v7i2.29

Dr. Abdul Rozak, M. S. (2020). PENDIDIKAN TINGGI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Fathul Aripin (ed.)). CV Phika Media d.a. Perumahan Green Jati Kartika 2 Jl. H. Jaiman Blok B No, 2 Kota Bekasi.

Dr. Rahmat Hidayat, M., & Dr. Abdillah, S.Ag, M. P. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya” (M. P. Dr. Candra Wijaya & M. P. Amiruddin (eds.)). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Dr.E.Kosasih, M. P. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara, 2021.

Indah, M., Budiarti, E., Faozun, I., & Yulianingsih, L. (2021). Jurnal patria bahari. 1(2).

Indonesia, P., & Ar-raniry, U. I. N. (2023). Pendidikan Indonesia dalam menghadapi era 4.0. 10(1), 43–49.

Jafnihirda, L., Irfan, D., Simatupang, W., Muskhir, M., & Fadhilah. (2023). Perancangan Modul Interaktif Project Based Learning (PjBL) berbasis Flipbook. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 4(2), 76–81. https://doi.org/10.35134/judikatif.v4i2.61

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Okra, R., & Novera, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital IPA Di SMP N 3 Kecamatan Pangkalan. Journal Educative : Journal of Educational Studies, 4(2), 121. https://doi.org/10.30983/educative.v4i2.2340

Putriani, J. D., & Hudaidah, H. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 830–838. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/407

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA. 2(3), 145–152.

Sugihartini, N., Jayanta, N. L., Pendidikan, J., Informatika, T., Pendidikan, J., Sekolah, G., Pendidikan, F. I., Ganesha, U. P., & Bali, S. (2017). PENGEMBANGAN E-MODUL MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN. 14(2), 221–230.

Syuhada, F., Fajar Rizky, N., Tasima Putra, A. D., & Febriansyah, A. (2023). LAMLOP (Learning About Maritim In The Port) Media Pembelajaran Berbasis Podcast. Jurnal Pti (Pendidikan Dan Teknologi Informasi) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universita Putra Indonesia “Yptk” Padang, 10(1), 32–37. https://doi.org/10.35134/jpti.v10i1.153

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145

Sistem Pendidikan Nasional, (2003). tentang Sistem Pendidikan Nasional, Nomor 20 (2003).

Widiana, F. H., & Rosy, B. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–3739. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265


Keywords  :  
Keywords: Pengembangan Aplikasi, E-Modul, Aplikasi Flipbook, Sistem Operasi Kepelabuhanan Pendidikan, Revolusi Industri, Pengembangan, Bahan Ajar, E-Modul.
Galleys  :  
Published  :  
2024-04-08
How to Cite  :  
Retian Asfirah, L., Anggoro, R., M, M., A, A., Dwi Retnandari, S., & Shintawati Setyaningrum, D. (2024). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI FLIPBOOK MATA KULIAH SISTEM OPERASI KEPELABUHANAN UNTUK MENINGKATKAN LITERASI. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 92–104. https://doi.org/10.52060/pti.v5i1.1824
Issue  :