PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING: STUDI PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Reni Guswita ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstract

Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia secara baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V di SDN 104/II Muara Bungo dengan julah siswa sebanyak 20 siswa. Hasil penelitian ini telihat proses pembelajaran pendidik selama proses pembelajaran dengan   menggunakan model Collaborative Learning siklus  I yaitu sudah mencapai 62,5%. Selanjutnya pada siklus II telah terlaksana dengan baik sekali yaitu dengan nilai persentase 86,1%. Peserta didik selama proses pembelajaran menggunakan model Collaborative Learning pada siklus I mencapai 66,53%. Selanjutnya pada siklus II cmencapai 78,03%. Penilaian keterampilan berbicara siswa menggunakan model Collaborative Learning pada siklus I mencapai 66,15%. Sedangkan pada siklus II keterampilan berbicara siswa mencapai 79,95%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Collaborative Learning dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik di kelas V.

References

Aka, K. A. (2016). Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(1), 35-46. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.87

Al-Fitrie, A. L., Solihatin, E., & Kustandi, C. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Digital dengan Pendekatan Collaborative Learning Menggunakan Padlet untuk Meningkatkan Writing Skills Siswa. Jurnal Paedagogy, 10(4), 1045-1054. https://doi.org/10.33394/jp.v10i4.9060

Alwi, N. A., Agasi, D., Kharisna, F., & Perdana, A. S. (2021). Peningkatan Keterampilan Berbicara Berbicara Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Artikulasi di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6055–6061. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1843

Azis, F. R. N., Pamujo, P., & Yuwono, P. H. (2020). Analisis Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Siswa Berprestasi Di SD Negeri Ajibarang Wetan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 6(1), 26-31. http://dx.doi.org/10.31602/jmbkan.v6i1.2658

Farhurohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34. Retrieved from https://ftk.uinbanten.ac.id/journals/index.php/primary/article/view/412

Guswita, R., & Subhanadri, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas V SD Negeri 13 Koto Baru Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 665-673. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.374

Inah, E. N., & Pertiwi, U. A. (2017). Penerapan Collaborative Learning melalui permainan mencari gambar untuk meningkatkan hasil belajar ipa kelas V di SDN Tabanggele Kecamatan Anggalomoare Kabupaten Konawe. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(1), 19-36. http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v10i1.550

Jhonson, D. W., Jhonshon, R. T., & Holubec, E. J. (2017). Colaborative learning: strategi pembelajaran untuk sukses bersama. Nusa Media.

MASKURIN, M. L. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE THREE STEP INTERVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH PEMINATAN POKOK BAHASAN KEHIDUPAN AWAL MANUSIA INDONESIA DI KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 5 TASIKMALAYA TAHUN AJARAN 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Nurdiansyah, N. M., Arief, A., Hudriyah, H., & Hadawiyah, R. A. (2021). Model Collaborative Learning Inklusif Gender. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 20(2), 110-118. http://dx.doi.org/10.24014/marwah.v20i2.10685

Nurhidayah, A. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Himpunan Dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Journal on Education, 2(1), 143-154. https://doi.org/10.31004/joe.v2i1.284

Nurjanah, S. A. (2019). Analisis kompetensi abad-21 dalam bidang komunikasi pendidikan. Gunahumas, 2(2), 387-402. https://doi.org/10.17509/ghm.v2i2.23027

Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi meningkatkan kompetensi 4C (critical thinking, creativity, communication, & collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41-52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810

Rayhan, N., Ananda, R., Rizal, M., & Sutiyan, O. (2023, February 6). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 42-56. https://doi.org/https://doi.org/10.36379/autentik.v7i1.274

Saugadi, S., Malik, A. R., & Burhan, B. (2021). Analisis upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca siswa. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran (KIBASP), 4(2), 118-126. https://doi.org/10.31539/kibasp.v4i2.1659

Suhendri, H., & Werdiningsih, C. E. (2019). Peranan metode pembelajaran collaborative learning terhadap pemecahan masalah matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 155-162. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.3875

Tibahary, A. R., & Muliana, M. (2018). Model-model pembelajaran inovatif. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 54-64. https://doi.org/10.56488/scolae.v1i1.12


Keywords  :  
Keywords: Keterampilan berbicara, Model Collaborative Learning, Penelitian Tindakan Kelas Keterampilan Berbicara, Model Collaborative Learning, Penelitian Tindakan Kelas
Galleys  :  
Published  :  
2024-04-04
How to Cite  :  
Guswita, R. (2024). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING: STUDI PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 58–67. https://doi.org/10.52060/pti.v5i1.1817
Issue  :