KESADARAN DIGITAL MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID

Yayuk Hidayah ( Universitas Negeri Yogyakarta )
Ranto Praja Hamonangan ( Universitas Kristen Duta Wacana )

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran media interaktif berbasis android dalam meningkatkan kesadaran digital mahasiswa. Proses penelitian dilakukan selama lima bulan, pada Agustus-Desember 2023. Sampel penelitian adalah mahasiswa di Jurusan Administrasi Publik, Teknik Mekatronika dan Pendidikan Teknik Otomotif dalam lingkup populasi mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Temuan penelitian mengungkap bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android yang telah dikembangkan mendapatkan validitas tinggi dalam segi materi, desain, dan interaktivitas.  Hasil respon siswa terhadap produk dari media interaktif berbasis android pada materi hak dan kewajiban dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mencapai angka 122 atau 81.33%. Jika dimasukan dalam interval 81-100% dengan kategori sangat baik maka media ini masuk dalam kategori sangat baik dari aspek kemenarikan. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah pengembangan media interaktif berbasis android pada mata kuliah wajib umum Pendidikan Kewarganegaraan khususnya di Perguruan Tinggi sesuai dengan perkembangan teknologi kedepannya di masa kini dan kemudian. Melalui pengkajian ini, peneliti memberikan saran agar mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android pada mata kuliah wajib umum Pendidikan Kewarganegaraan khususnya di Perguruan Tinggi.

References

Atiqoh, A,dkk. (2023). Analisis penerimaan siswa terhadap penggunaan aplikasi ujian online berbasis komputer menggunakan metode technology acceptance model. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), v. 4, n. 2, p. 134-150, 5 nov. 2023.

Coburn, J. (2020). Defending the digital: Awareness of digital selectivity in historical research practice. Journal of Librarianship and Information Science, 53(3), 398–410. https://doi.org/10.1177/0961000620918647

D’Haese, P. S. C., Van Rompaey, V., De Bodt, M., & Van de Heyning, P. (2020). Can a Digital Awareness Campaign Change Knowledge and Beliefs Regarding Cochlear Implants? A Study in Older Adults in 5 European Countries. INQUIRY: The Journal of Health Care Organization, Provision, and Financing, 57, 0046958020910566. https://doi.org/10.1177/0046958020910566

Flores-Marquez, P. (2023). US Social Network Usage by Generation Gen Z and Millennials Are Focal Cohorts for Marketers. insiderintelligence.com. Diambil dari https://www.insiderintelligence.com/content/us-social-network-usage-by-generation

Gopika, J. S., & Rekha, R. V. (2023). Awareness and Use of Digital Learning Before and During COVID-19. International Journal of Educational Reform, 10567879231173388. https://doi.org/10.1177/10567879231173389

Guswita, R. (2022). Peningkatan keterampilan membaca menulis permulaan menggunakan model visual, auditory, read write, kinesthetic di kelas ii sd n 82/ii dusun panjang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(2), 60-66. https://doi.org/10.52060/pti.v3i2.907

Hakiki, M., Surjono, H. D., Wagiran, Fadli, R., Budiman, R. D. A., Ramadhani, W., …, & Hidayah, Y. (2023). Enhancing Practicality of Web-Based Mobile Learning in Operating System Course: A Developmental Study. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 17(19). https://doi.org/https://doi.org/10.3991/ijim.v17i19.42389

Hidayah, Y., & Hamonangan, R. P. (2023). Rekognisi dan Tantangan Pendidikan Kewarganegaraan Pada Konteks Pendidikan Bela Negara di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3). Diambil dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/10694

Joshi, D. R., Khanal, B., & Adhikari, K. P. (2023). Effects of Digital Pedagogical Skills of Mathematics Teachers on Academic Performance. International Journal of Educational Reform, 10567879231164616. https://doi.org/10.1177/10567879231164615

Marinelli, A., & Parisi, S. (2022). Apps, Platforms, and Everyday Practices: How People Perceive and Care (or not) About the Digital Traces They Leave Online. American Behavioral Scientist, 00027642221144852. https://doi.org/10.1177/00027642221144852

Putra, E., Losi, R., & Harahap, S. (2023). Sistem aplikasi kehadiran staf desa berbasis web dengan menggunakan php dan mysql: studi desa besilam Kecamatan Padang Tualang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(2), 201-213. https://doi.org/10.52060/pti.v4i2.1472

Ratumbuysang, K., & Ratumbuysang, Y. (2023). Interactive multimedia as instructional media for Elementary School students. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.52060/pti.v4i2.1516

Sabir, A., dkk (2022). Pelaksanaan pendidikan karakter dalam kegiatan latihan dasar kepemimpinan siswa di smp negeri 1 kayutanam. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(2), 118-126. https://doi.org/10.52060/pti.v3i2.941

Sharma, D. (2022). Developing Self-Efficacy in Public Speaking Using Video and Digital Oratory on YouTube. Business and Professional Communication Quarterly, 86(2), 146–166. https://doi.org/10.1177/23294906221133066

Soewadji, J. (20212). Pengantar Metodologi Penelitian, Jakarta: Mitra Wacana Media

Syofian,S (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Prenada Media Group

Zubaidah, I. (2022). Peningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika melalui google meet berbantuan jamboard dan pen tablet. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(2), 97-105. https://doi.org/10.52060/pti.v3i2.984


Keywords  :  
Galleys  :  
Published  :  
2024-04-01
How to Cite  :  
Hidayah, Y., & Hamonangan, R. P. (2024). KESADARAN DIGITAL MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 5(1), 12–23. https://doi.org/10.52060/pti.v5i1.1810
Issue  :