UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI INTERAKSI ANTAR NEGARA ASIA DAN NEGARA LAINNYA MELALUI MODEL MAKE A MATCH: STUDI PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Siti Mungawanah ( SMP Negeri 1 Tempuran )

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi interaksi antarnegara asia dan negara lainnya kelas 9E SMP Negeri 1 Tempuran tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari tiga tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 9E SMP Negeri 1 Tempuran Kabupaten Magelang dengan jumlah 31 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar IPS materi interaksi antarnegara asia dan negara lainnya pada siswa kelas 9E SMP Negeri 1 Tempuran setelah pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Make a Match pada siklus I secara rata-rata adalah 78,065 setelah dilakukan siklus II secara rata-rata adalah 85,16. Perubahan perilaku yang terjadi pada siswa kelas 9E SMP Negeri 1 Tempuran dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran make a match untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi interaksi antarnegara asia dan negara lainnya antara lain (a) siswa lebih mampu bekerja sama; (b) semua siswa lebih aktif dan antusias dalam pembelajaran; (c) siswa merasa gembira dan tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran; (d) dalam kegiatan pembelajaran siswa lebih jujur; (e) siswa lebih disiplin dan bertanggungjawab.

Referensi

Agus, Suprijono. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Aris, Shoimin. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Asep, Jihad. Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Mullti Pressindo

Asis, Saefuddin. 2015. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

A, A., Putra, R., Hakiki, M., & Utama, R. (2023). KARAKTER PESERTA DIDIK ERA REVOLUSI 5.0 DI INDONESIA. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 40-47. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1162

Arisman, S., & Hakiki, M. (2020). UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PKN DI SMA NEGERI 1 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(2), 62-69. https://doi.org/10.52060/pti.v1i2.360

Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: CV Yrama Widya.

Dimyati., Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hakiki, M., Budiman, R. D., Firdaus, M., & Astiti, A. (2023). THE INFLUENCE OF INTERNSHIP EXPERIENCE AND CAREER GUIDANCE ON STUDENT WORK READINESS: A QUANTITATIVE DESCRIPTIVE RESEARCH STUDY. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(2), 123-133. https://doi.org/10.52060/pti.v4i2.1398

Herlina, S. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KONFLIK DAN INTEGRASI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOROBUDUR. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 9-21. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1165

H, H. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PENGUATAN EKONOMI MARITIM DAN AGRIKULTUR DI INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD SISWA KELAS VIII SMP N 1 BOROBUDUR. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 22-32. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1166

Hakiki, M., & Fadli, R. (2020). PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MODEL TREEFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR PERAKITAN KOMPUTER PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK N 1 RAO SELATAN. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(1), 1-8. https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.303

Hakiki, M., & Cinta, D. (2021). UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DI KELAS V SD NEGERI 60/II MUARA BUNGO KECAMATAN RIMBO TENGAH KABUPATEN BUNGO. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 2(1), 18-24. https://doi.org/10.52060/pti.v1i2.632

Siregar Eveline., Hartini Nara. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran.Bogor: Ghalia Indonesia.

Sumiati., Asra. 2016. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Suharsimi, Arikunto. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Konstekstual. Jakarta: PrenadaMedia Group.

Wina, Sanjaya. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenanda.

Wulandari, T., Putra, R., Hakiki, M., apdoludin, apdoludin, & R, H. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 188/VIII WIROTO AGUNG KABUPATEN TEBO. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 2(2), 84-92. https://doi.org/10.52060/pti.v2i02.625

Zainal Aqib dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.


Keywords  :  
Kata Kunci: IPS, Interaksi Antarnegara Asia dan Negara Lainnya, Make a Match
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-11-15
Cara Mengutip  :  
Terbitan  :