UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING: STUDI PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Hari Sutiyarni ( SD Negeri Sawitan )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem peredaran darah manusia dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Sawitan Kabupaten Magelang Tahun 2022/2023 setelah pelaksanaan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Setiap siklus terdiri dari tiga tahap kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Sawitan Kabupaten Magelang dengan jumlah 23 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta tes tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan Tingkat hasil belajar IPA materi Sistem Perdaran Darah Manusia pada siswa kelas V SDN Sawitan setelah pelaksanaan pembelajaran dengan model Discovery Learning pada siklus I secara rata-rata adalah 69,56 setelah dilakukan siklus II secara rata-rata adalah 79,57. Perubahan perilaku yang terjadi pada siswa kelas V SDN Sawitan dalam pelaksanaan pembelajaran dengan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Sistem Peredaran Darah Manusia antara lain sebagai berikut (a) siswa lebih aktif; (b)siswa lebih mandiri; (c)siswa lebih mampu Kerjasama; (d)siswa lebih mampu berkomunikasi dan (e) siswa lebih disiplin.

References

A, A., Putra, R., Hakiki, M., & Utama, R. (2023). KARAKTER PESERTA DIDIK ERA REVOLUSI 5.0 DI INDONESIA. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 40-47. https://doi.org/10.52060/pti.v4i1.1162.

Budiman, R., Hakiki, M., Firdaus, M., & Astiti, A. (2023). THE INFLUENCE OF INTERNSHIP EXPERIENCE AND CAREER GUIDANCE ON STUDENT WORK READINESS: A QUANTITATIVE DESCRIPTIVE RESEARCH STUDY. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(2), 130-140. https://doi.org/10.52060/pti.v4i2.1398.

Hakiki, M., & Fadli, R. (2020). PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MODEL TREEFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR PERAKITAN KOMPUTER PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK N 1 RAO SELATAN. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(1), 1-8. https://doi.org/10.52060/pti.v1i1.303.

Hakiki, M., & Cinta, D. (2021). UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH DI KELAS V SD NEGERI 60/II MUARA BUNGO KECAMATAN RIMBO TENGAH KABUPATEN BUNGO. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 2(1), 18-24. https://doi.org/10.52060/pti.v1i2.632.

Sadarsih, I. (2022). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PADA MATERI INTERAKSI MAHKLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(2), 78-88. https://doi.org/10.52060/pti.v3i2.983.

Wulandari, T., Putra, R., Hakiki, M., apdoludin, apdoludin, & R, H. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN 188/VIII WIROTO AGUNG KABUPATEN TEBO. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 2(2), 84-92. https://doi.org/10.52060/pti.v2i02.625.

Sabir, A., & Hakiki, M. (2020). UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PKN DI SMA NEGERI 1 ENAM LINGKUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 1(2), 62-69. https://doi.org/10.52060/pti.v1i2.360.

Wati, M. (2021). PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 2(2), 100-108. https://doi.org/10.52060/pti.v2i02.630.

zi, fauziah, Irawan, I., Yanti, Y., & Guswita, R. (2022). ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI SD N 37/II PASAR LUBUK LANDAI KECEMATAN TANAH SEPENGGAL KABUPATEN BUNGO. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 47-51. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.740.


Keywords  :  
Galleys  :  
Published  :  
2023-11-13
How to Cite  :  
Sutiyarni, H. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING: STUDI PENELITIAN TINDAKAN KELAS. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(2), 214–224. https://doi.org/10.52060/pti.v4i2.1462
Issue  :